Kecanggihan Teknologi yang Muncul di Film-Film Ini Sudah Menjadi Kenyataan

Memang film itu bukan kejadian sebenarnya. Tapi dari film juga kamu bisa belajar banyak hal. Imajinasi sutradara film kerap melintas batas sehingga menggambarkan hal-hal yang rasanya mustahil.

Tidak jarang juga kejadian-kejadian yang dulu kamu tonton di film sekarang sudah menjadi kenyataan. Banyak inspirasi yang bisa dituai dari menonton film-film yang bagus. Begitupun dengan gambaran teknologi di masa depan. Banyak film yang menggambarkan seperti apa kecanggihan teknologi di masa yang akan datang.

Berikut ini sejumlah film yang berisi penggambaran teknologi tingkat tinggi. Sebagian teknologi itu sudah ada yang terwujud, sebagian lagi belum. Mau tahu apa saja daftar filmnya?

 

Total Recall

Inilah film yang dirilis tahun 1990 dan berkisah tentang kehidupan di tahun 2084. Di masa itu diceritakan kalau mobil bisa dikendarai walau tanpa awak. Kamu bisa membayangkannya? Tidak perlu membayangkan. Karena kamu bisa lihat mobil tanpa sopir sekarang sudah dimiliki Google.

Jetsons: The Movie

Dalam film ini ada beberapa teknologi canggih yang muncul. Seperti robot pembersih dan ranjang tanning. Ya, keduanya juga sudah kita miliki dewasa ini. Tapi masih ada yang belum, yaitu pil pengenyang perut dan mobil yang bisa terbang.

Terminator

Di film Terminator yang keluar tahun 1984 ini, sejumlah kecanggihan teknologi militer muncul. Seperti pesawat pengintai yang komplit dengan persenjataan. Sekarang, banyak pasukan militer yang sudah memiliki pesawat tempur canggih seperti ini.

Blade Runner

Film ini sangat jadul karena keluar di tahun 1982. Dalam adegan film ini terdapat adegan yang memunculkan papan iklan digital. Kini teknologi semacam ini sudah bukan hal yang aneh karena banyak ditemui di sekitar kita.

2001: A Space Odyssey

Apa yang dibayangkan dalam film ini sudah banyak kita jumpai saat ini. Seperti komputer tablet dan Skype. Walau dulunya hal semacam itu rasanya sulit diwujudkan, tapi terbukti sekarang kita sudah mempunyainya.

Woman in the Moon

Ini film kuno yang keluar di tahun 1929. Di film ini sudah diramalkan kalau manusia bisa terbang ke bulan dengan memakai roket. Hal yang tampaknya muskil itu sudah menjadi kenyataan. Manusia sudah berhasil mencapai bulan di tahun 1969.

Minority Report

Film yang disutradarai Steven Spielberg ini keluar di bulan Januari 2002. Dalam film ini ditampilkan sejumlah kecanggihan teknologi seperti layar sentuh, piranti lunak pengenal bentuk wajah dan perintah menggunakan suara.

Di waktu itu, mungkin masih agak sulit untuk membayangkannya jadi kenyataan. Tapi kini, teknologi layar sentuh itu sudah menyebar luas. Kamu punya gadget yang menggunakan teknologi layar sentuh juga kan?

Big Hero 6

Inilah film animasi 3D buatan Walt Disney. Dalam film ini banyak karya cemerlang yang menunjukkan tingginya teknologi. Misalnya, ada karakter dalam film ini bernama Hiro yang mampu membuat microbot yang bisa dikendalikan dengan Neurotransmiter.

Lainnya, ada robot perawat yang diciptakan oleh Tadashi, kakak dari Hiro. Lalu juga ada sepeda yang menggunakan suspensi elektromagnet sehiingga bisa berlari kencang. Teknologi lainnya lagi ada plasma induksi laser yang dapat memotong ukuran benda dengan ukuran sangat tipis.

Selain itu juga kemampuan untuk menghancurkan benda seberat 180 kg cukup dengan menggunakan sentuhan tangan. Dalam kejadian ini menggunakan reaksi metal kimiawi.

Wah, canggih-canggih kan? Ya, sebagian teknologi yang muncul di film itu sudah ada yang terwujud. Tapi juga ada yang masih belum. Meski begitu, paling tidak kamu mengerti kalau ternyata imajinasi yang luar biasa dalam suatu film itu lambat-laun akhirnya bisa diwujudkan juga.

Tinggalkan komentar