in

42+ Film Terbaik Sepanjang Masa dari Berbagai Genre

film terbaik sepanjang masa

FILM TERBAIK & TERLARIS – Kamu suka nonton film kan? Ketebak sih. Saat melihat judul postingan ini, kamu pasti ingin membaca untuk memastikan apakah kamu sudah nonton film-film di dalam list ini atau belum. Atau, apakah salah satu film yang menurut kamu paling bagus masuk dalam daftar ini atau tidak. Iya kan? Hehe.

Iya, hari ini kita akan membuat list 43 film terlaris dan terbaik sepanjang masa yang pernah dibuat. List ini kita susun merujuk kepada imdb, sebuah situs yang merangking film.

Fight Club (1999)

gamatotv.org
gamatotv.org

Dua bintang utama di film ini adalah Brad Bitt dan Edward Norton. Film ini mengisahkan tentang seorang pekerja kantor (Edward Norton) yang menderita insomnia. Edward Norton yang tidak disebutkan namanya di film suatu hari bertemu dengan Tyler Durdan (Brad Pitt) dan membuat club bertarung.

Sejak itu dimulai lah perjalanan cerita mereka yang penuh dengan pertarungan. Ending film ini sedikit membingungkan. Tyler Durdan tiba-tiba menghilang walaupun sudah dicari ke berbagai tempat.

Sekilas mengisyaratkan bahwa Tyler Durdan sebernarnya adalah representasi dari dia (Edward Norton) sendiri. Film yang menduduki peringkat 10 sebagai film terbaik sepanjang masa ini disutradarai oleh David Fincer.

The Lord of the Rings: The Return of the King (2003)

pixshark.com
pixshark.com

Trilogi film The Lord of The Ring memang keren-keren. Namun bisa dibilang puncak kerennya ada di seri terakhir: The Return of the King. Film yang rilis di tahun 2003 ini mengisahkan perjuangan para the hobbit dan teman-temannya untuk menghancurkan cincin.

The Lord of the Rings disutradarai oleh Peter Jackson. Film ini diangkat dari novel yang ditulis oleh J.R.R Tolkien.

The Good, the Bad and the Ugly (1966)

artofthetitle.com
artofthetitle.com

Ini termasuk film yang sangat jadul ya, tahun 60-an. Film ini mengisahkan tentang dua orang yang bergabung untuk mendapatkan harta karun yang terkubur di sebuah pemakaman terpencil. Film ini disutradari oleh Sergio Leone dan dibintangi oleh beberapa aktor keren pada masanya seperti Clint Eastwood, Eli Wallach dan Leen Van Cleef.

12 Angry Men (1957)

galleryhip.com
galleryhip.com

Jangan underestimate dulu dengan film-film jadul. Imdb tidak akan sembarangan memasukkan sebuah film ke dalam film terbaik, apalagi sepanjang masa. Salah satu film jadul yang keren adalah 12 Angry Men.

Film yang tayang di tahun 1957 ini menceritakan tentang 12 orang juri yang berdebat untuk memutuskan seorang anak bersalah atau tidak dalam sebuah kasus pembunuhan. Sekilas terlihat simpel, namun film ini sangat recommended untuk ditonton karena menghadirkan banyak pelajaran hidup. Film ini disutradarai oleh Sidney Lumet.

Schindler’s List (1993)

covers.box.sk
covers.box.sk

Schindler’s tayang di awal tahun 90 an. Film ini mengambil latar di Polandia selama perang dunia ke-2. Tokoh di film ini, Oskar Schindler, merasa kasihan dan mencurahkan kepeduliannya terhadap tenaga kerja berdarah yahudi setelah mengetahui kekejaman nazi terhadap mereka. Film ini disutradarai oleh Steven Spielberg, nama yang sudah tidak asing lagi di dunia film.

Pulp Fiction (1994)

desktop.freewallpaper4.me
desktop.freewallpaper4.me

Ada yang sudah nonton Pulp Fiction? Film ini dibintangi oleh dua aktor utama dan keren hingga saat ini, John Travolta dan Samuel L. Jackson. Film ini mengisahkan tentang dua orang yang bertindak layaknya gengster.

Bagian tidak menarik dari film ini kita rasa adalah matinya Travolta dengan cara yang begitu mudah. Film yang menduduki urutan ke-5 sebagai film terbaik di dunia ini disutradarai oleh Quentin Tarantino.

The Dark Knight (2008)

dan-dare.org
dan-dare.org

Kita rasa semua akan setuju bahwa Christopher Nolan adalah sutradara yang jenius. Lihat saja karya-karyanya seperti Insterstellar, Inception dan The Dark Knight ini. Keren-keren banget kan? The Dark Knight ini adalah film Batman pertama yang tidak ada kata “batman” nya lho.

BACA JUGA: Film Animasi Terbaik

Dua seriedari trilogi The Dark Knight juga tidak kalah keren. Akting Cristian Bale, jalan cerita, efek film dan semua unsur di sebuah film keren terpenuhi semua di film yang yang tayang tahun 2008 ini. Sangat recommended!

The Godfather: Part II (1974)

i.ytimg.com
i.ytimg.com

Sekarang lanjut ke posisi tiga. Di peringat 3 ada seri kedua dari trilogi The Godfather yaitu The Godfather: Part II. Film besutan Francis Ford Coppola ini adalah kelanjutan dari seri pertama, The Godfather.

Film ini mengisahkan tentang Michael yang meneruskan “tahta” dunia gangster ayahnya. Padahal sebelumnya Michael adalah anak baik-baik yang sangat benci dengan pekerjaan ayahnnya.

The Godfather (1972)

aostolazafilmhistory.blogspot.com
aostolazafilmhistory.blogspot.com

Seri pertama the Goddfather ini juga besutan Francis Ford Coppola. Aktor utama film ini adalah Al Pacino, pengamat film tentu tidak asing lagi dengan nama ini.

Film ini mengisahkan tentang dinasti mafia yang mampu menguasai berbagai kegiatan bisnis ilegal, perjudian dan lainnya. Dinasti tersebut dipimpian oleh seorang Godfather bernama Don Vito Corleone.

The Shawshank Redemption (1994)

film terbaik perjalanan
playmoviez.net

Di urutan pertama ada The Shawshank Redemption. Film ini diadaptasi dari novel terkenal karya Stephen King. Ada yang udah pernah nonton? Jadi film ini menceritakan tentang seorang Andy (Tim Robbins) yang dituduh membunuh istrinya.

Pengadilan memutuskan Andy dipenjara selama 20 tahun. Selama di penjara, Andy mempunyai seorang teman dekat bernama Red (Morgan Freeman). Nilai-nilai yang terkandung dalam film ini kebanyakan berupa percakapakan dan hal-hal yang terjadi di dalam penjara.

Paling menarik adalah bagian endingnya. Kemungkinan besar kamu akan tercengang dan berkata “what?” Film ini sangat recommended!

Tapi jangan lupa baca juga 10 film action terbaik dari masa ke masa berikut ini.

Untuk urutan 11 sampai 17 adalah film Indonesia terbaik yang pernah diproduksi oleh anak bangsa.

Sebelum film-film Indonesia hadir seperti saat ini, bioskop-bioskop Indonesia banyak dimonopoli dengan berbagai film Hollywood. Tapi untungnya saat ini banyak film karya anak bangsa yang diproduksi sehingga bisa sedikit menyeimbangkan antara film lokal dan film luar.

Dari berbagai film yang dibuat oleh sutradara Indonesia ada beberapa film yang sukses menarik banyak penonton. Film-film tersebut banyak mendapat pujian dari berbagai kalangan. Bahkan salah satu film tersebut sukses menembus persaingan luar negeri. Berikut adalah film hasil karya asli Indonesia menuai banyak penghargaan.

Naga Bonar

Film Naga Bonar
bataviabarberstall.com

Naga Bonar merupakan salah satu film Indonesia yang layak disebut sebagai masterpiece sepanjang masa. Film ini merupakan film komedi situasi tahun 1987. Film Naga Bonar mengambil latar peristiwa perang kemerdekaan Indonesia ketika sedang berhadapan dengan pasukan Kerajaan Belanda pasca kemerdekaan Indonesia di daerah Sumatra Barat.

Petualangan Sherina

Film Petualangan Sherina
anggawiradiputra.blogspot.com

Petualangan Sherina adalah sebuah film musikal untuk semua umur. Film ini disutradarai oleh Riri Riza sedangkan skenario dibuat oleh Jujur Prananto kolaborasi keduanya sukses menyajikan film yang menghibur sekaligus menyentuh hati penontonnya. Selain itu musik yang ditata apik oleh Elfa Secioria mengantarkan Sherina sebagai penyanyi cilik yang paling ngetop lewat album Andai Aku Besar Nanti.

Film Petualangan Sherina juga didukung oleh sederet artis papan atas seperti Didi Petet, Mathias Muchus, Butet Kertaradjasa, Ratna Riantiarno dan masih banyak lagi yang lain. Salah satu strategi promosi yang dilakukan adalah dengan mencatut nama Sherina pada judul film. Karena pada saat itu memang Sherina adalah salah satu penyanyi cilik yang sedang naik daun lewat album Andai Aku Besar Nanti.

Ada Apa Dengan Cinta

Film Ada Apa Dengan Cinta
kakus.id

Hampir semua orang di Indonesia tahu dengan film yang fenomenal pada tahun 2001 ini. Film remaja yang dibintangi oleh Dian Sastro Wardoyo, Nicolas Saputra, dan di sutradarai oleh Rudi Soedjarwo. Film ini menjadi sebuah pelepas dahaga Indonesia akan film nasional yang bertema remaja, setelah terakhir kali film remaja dibuat tahun 1979.

Film ini mampu menyedot 2,6 juta penonton ke bioskop. Film ini bercerita tentang kehidupan anak SMA serta kisah percintaan antara Rangga dan Cinta. Selain film ternyata lagu Ada Apa Dengan Cinta karya Melly Goeslaw juga fenomenal sampai saat ini lagu tersebut masih banyak yang menyanyikannya.

Jelangkung

Film Jelangkung
dragonohalim.wordpress.com

Mungkin film inilah yang menjadi salah satu pelopor film horor di Indonesia. Film besutan 2 sutradara muda Rizal Mantovani dan Jose Poernomo ini mampu menarik 1,6 juta penonton. Film ini menceritakan tentang sekelompok anak muda yang diteror akibat bermain permainan jelangkung. Ada beberapa bagian dari film ini yang mendapatkan adegan penampakan asli. Selain itu ada beberapa kisah mistis yang mengiringi proses pembuatan film ini.

The Raid

Film The Raid
http://vivalifestyle.co.uk

The Raid merupakan film aksi bela diri dari Indonesia besutan sutradara Gareth Evans dan dibintangi oleh aktor Iko Uwais. Film ini pertama kali di publikasikan pada Festival Film International Toronto pada tahun 2011 sebagai salah satu film pembuka untuk kategori Midnight Madness.

Para pengamat film memuji film ini sebagai salah satu film terbaik sehingga memperoleh penghargaan The Cadillac People’s Choice Midnight Madness Award. Film The Raid ini merupakan film komersial pertama produksi Indonesia yang menembus tingkat dunia.

Ayat Ayat Cinta

Film Ayat Ayat Cinta
http://dapurfilm.com

Film ini diangkat dari sebuah novel yang berjudul Ayat Ayat Cinta. Film Ayat Ayat Cinta ini dibintangi oleh Rianti Cartwright, Fedi Nuril, Zaskia Adya Mecca, Melanie Putri dan Carissa Putri serta di sutradarai oleh Hanung Bramantyo. Film ini mendapat sambutan yang luar biasa dari masyarakat. Hampir semua kalangan dari kelas bawah sampai pejabat sangat antusias untuk menonton film ini. Saat masa pemutaran film ini mampu menyedot 3 juta penonton dari seluruh Indonesia. Film ini menceritakan kisah Fahri yang menjalani kehidupan di Mesir serta kisah percintaan Fahmi dengan ketiga wanita dengan latar belakang berbeda.

Laskar Pelangi

Film Laskar Pelangi
kabarmaya.com

Film fenomenal ini dirilis pada bulan September 2008. Film Laskar Pelangi merupakan film yang paling sukses dalam sejarah perfilman di Indonesia, karena film yang diangkat dari novel karya Andrea Hirata ini mampu meraih 5 juta penonton sepanjang masa pemutarannya. Film yang disutradarai oleh Riri Riza ini menceritakan tentang kehidupan dan perjuangan anak-anak dari sebuah desa kecil di Belitung. Mereka berjuang meraih mimpinya dengan menuntut ilmu di sebuah sekolah dasar yang terancam ditutup. Film ini dibintangi oleh Cut Mini dan juga para pemeran lokal yang ada di Belitung.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Motivasi Cinta yang Akan Membuatmu Merasa Dicintai

cerita motivasi

Kumpulan Cerita Motivasi Penggugah Semangat Diri