Filosofi Hewan Unta yang Luar Biasa

Onta atau Unta mampu bertahan hidup berhari-hari tanpa makan dan minum. Mamalia ini mampu melakukan perjalanan yang jauh meskipun ada ratusan kilogram beban di punggungnya selama berhari-hari. Bagaimana sebenarnya kehebatan dan ketangguhan hewan unta terhadap kerasnya kehidupan di gurun pasir? Mari kita simak bersama-sama.

 

 Tahan Lapar dan Haus

unta gurun
pixabay.com

Salah satu ciri khas unta adalah struktur tubuh yang sangat kuat dan tahan terhadap kondisi lingkungan yang paling ganas sekalipun. Unta mampu bertahan hidup berhari-hari tanpa makan dan minum. Mamalia ini dapat melakukan perjalanan jauh dengan beban ratusan kilogram di punggungnya selama berhari-hari.

Pengguna Air yang Efisien

unta meminum air
pixabay.com

Unta mampu meminum air hingga 130 liter dalam waktu sekitar 10 menit, jumlah yang kurang lebih setara dengan sepertiga berat tubuhnya. Unta juga memiliki struktur berlendir di dalam hidungnya dengan ukuran 100 kali lebih besar dari yang ada pada manusia. Hal ini memungkinkan unta mendapatkan 66% uap air yang terkandung dalam udara.

Pemanfaatan Hasil Metabolisme Dengan Sangat Baik

filosofi hewan unta
zanzha.blogspot.com

..Sebagian besar binatang akan mati keracunan ketika urea yang terakumulasi dalam ginjal mereka berdifusi ke dalam darah. Akan tetapi unta mampu memaksimalkan penggunaan air dan zat-zat makanan dengan cara mengalirkan urea berulang-ulang ke liver. Struktur darah dan sel unta sangatlah unik dan khas sehingga unta dapat bertahan hidup di padang pasir dengan waktu yang lama tanpa air.

Dinding sel pada unta memiliki struktur khusus yang bisa mencegah hilangnya air secara berlebihan. Ditambahan lagi, adanya komposisi tertentu pada darah unta mencegah terjadinya pengurangan laju sirkulasi darah pada saat kadar air dalam tubuh onta menurun hingga batas minimum. Terdapat pula enzim albumin yang membantu daya tahan unta terhadap rasa haus. Enzim ini terdapat dalam jumlah yang jauh lebih banyak dibandingkan pada makhluk hidup yang lain.

Keberadaan punuk (punggung yang menonjol vertikal ke atas) merupakan keuntungan tersendiri bagi unta. Seperlima berat tubuh unta adalah lemak yang tersimpan pada punuk tersebut. Karena tubuh mampu mengubah lemak menjadi senyawa bermanfaat lainnya termasuk air, maka penyimpanan lemak hanya pada satu tempat ini mencegah pengeluaran air dari keseluruhan tubuh unta. Hal ini memungkinkan unta menggunakan sesedikit mungkin air.

Unta berpunuk mampu menghabiskan 30-50 kg makanan dalam satu hari, dalam situasi yang sulit binatang ini mampu hidup selama satu bulan dengan hanya mengkonsumsi makanan 2 kg rumput per hari. Unta memiliki bibir yang sangat kuat dan mirip karet yang menjadikannya mampu memakan duri yang cukup tajam untuk merobek kulit yang tebal sekalipun. Unta juga memiliki perut dengan empat bilik, serta sistem pencernaan yang sangat kuat yang mampu mencerna apa saja yang dimakan unta. Ciri-ciri ini sangat sesuai bagi binatang yang hidup di iklim sangat kering.

Perlindungan yang Baik Terhadap Tornado dan Badai

fungsi bulu mata unta
pixabay.com

Mata unta memiliki bulu mata yang tersusun menjadi dua lapisan. Lapisan bulu mata ini membentuk sebuah perangkap yang mampu melindungi mata unta dari badai pasir yang ganas. Di Unta juga dapat menutup hidungnya sehingga mencegah masuknya pasir ke dalam hidung.

Perlindungan Terhadap Panas dan Dingin

bulu unta
id.wikipedia.org

Rambut tebal yang menutupi tubuh unta mampu melindungi kulit onta dari sengatan sinar matahari yang panas membakar. Sebaliknya, pada cuaca yang amat dingin rambut ini mampu menjaga tubuh unta agar tetap hangat. Unta padang pasir tidak begitu terpengaruh oleh temperatur yang mencapai 50°C. Sebaliknya, unta Bactrian yang berpunuk ganda mampu bertahan hidup pada suhu -50°C. Unta jenis ini dapat hidup di ketinggian 4000 meter di atas permukaan laut.

Telapak Kaki yang Tahan Panas

fungsi kaki unta
danau-berita-blog.blogspot.com

Telapak kaki unta memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan ukuran dan panjang kakinya. Kaki ini dirancang secara khusus dan sengaja diciptakan dengan ukuran besar untuk membantu berjalan di atas padang pasir dengan mudah tanpa terperosok. Telapak kaki ini memiliki bentuk melebar dan menggembung. Selain itu, kulit yang tebal pada telapak tersebut merupakan bentuk perlindungan terhadap pasir gurun yang sangat panas.

Tinggalkan komentar