Inilah Penampakan Asli Foto-Foto Keindahan Indonesia yang Selama Ini Cuman Kita Lihat di Uang Kertas

Nggak bisa dipungkiri, bawa Indonesia memang mempunyai keindahan serta kebudayaan yang begitu beragam. Saking banyaknya kebudayaan dan keindahan di Indonesia, rasanya mungkin butuh waktu yang lama supaya kamu bisa menjelajahi keindahan serta kebudayaaan yang di miliki negara kita ini.

Nah, ternyata berbagai macam keindahan Indonesia sebagian kecilnya digambarkan dalam mata uang kita. Mau tau seperti apa keindahan dan keragaman Indonesia dalam mata uang jika dilihat dari bentuk nyatanya? Yuk, simak dengan seksama.

Beginilah Bentuk Uang Lima Ribu Rupiah Tahun 2001 yang Menggambarkan Seorang Pengrajin Tenun.

www.facebook.com/nab.druld/

Di dalam uang lima ribu rupiah yang masih beredar sampai saat ini, digambarkan seorang wanita sedang melakukan seni menenun kain songket. Adapun tradisi yang ada di uang kertas ini berasal dari Pandai Sikek, Sumatera Barat.

Indahnya Pulau Maitara dan Tidore Tergambar di Pecahan Uang Seribu Rupiah Rahun 2000

www.facebook.com/nab.druld/

Dalam uang kertas pecahan seribu rupiah yang dikeluarkan tahun 2000, di dalamnya terdapat gambar pulau Maitara dan Tidore. Mungkin kamu baru mengenal pulau Maitara, nah pulau Maitara ini merupakan pulau kecil yang terletak di antara Ternate dan Tidore.

Di bentuk nyatanya, pulau ini memiiki keindahan yang luar biasa. Selain itu, pulau ini juga memiliki nilai sejarah tersendiri. Adapun nilai sejarahnya adalah pulau ini pernah menjadi perbatasan antara kesultanan Ternate serta Tidore.

Pesona Rumah Adat Kalimantan Timur yang Tergambar dalam Uang Kertas Lima Ratusan

www.facebook.com/nab.druld/

Di dalam uang kertas lima ratusan yang dulu sempat beredar ini, di dalamnya menggambarkan Rumah Lamin, yakni sebutan untuk rumah adat Kalimantan Timur.

Banyak yang mengenal Rumah Lamin ini adalah rumah panggung yang memiliki bentuk cukup panjang dan saling menyambung. Selain itu, rumah ini juga biasanya ditempati oleh beberapa orang karena ukurannya yang sangat besar.

Gambar Orang Utan yang Terdapat di Sisi Lain dari Uang Lima Ratus yang Bergambar Rumah Lamin

www.facebook.com/nab.druld/

Kalau di sisi satunya uang kertas pecahan lima ratus ini mengambarkan Rumah Lamin, maka di sisi yang satunya lagi menggambarkan seekor orang utan.

Orang utan merupakan binatang khas yang habitatnya berada di wilayah Sumatera serta Kalimantan. Namun sayangnya, orang utan ini mulai terancam punah akibat pembakaran hutan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

Uang kertas Lima Puluh ribu dengan Gambar Pura Ulun Danu Bratan

www.facebook.com/nab.druld/

Pura Ulun Danu Bratan merupakan pura air yang berada di tepi danau Bratan dekat bedugul. Adapun kompleks pura yang menawan ini dibangun pada tahun 1663.

Tujuan pura ini didirikan adalah untuk menghormati dewi Danu. Dewi Danu adalah dewa danau, air, dan sungai. Bentuk atap sebelas tingkat dihususkan untuk dewa Siwa beserta istrinya yang bernama Parwati. Selain itu, di dalam pura ini juga terdapat patung Budha.

Uang kertas 10 ribu dengan Gambar Danau Segara Anak Tahun 1998

www.facebook.com/nab.druld/

Danau Seegara Anak merupakan sebuah danau kawah yang berada di Gunung Rinjan, Pulau Lombok. Adapun alasan danau ini diberi nama Segara Anak adalah karena danau memiliki air yang biru yang mengingatkan pada birunya air laut.

Di dalam danau ini, terdapat banyak sekali ikan yang sengaja dirawat oleh masyarakat setempat. Hal ini dimaksudkan agar danau ini semakin terlihat indah dan menarik.

Seni Lompat batu di Nias pernah Menghiasi Uang Kertas Pecahan Seribu Rupiah Tahun 1992

www.facebook.com/nab.druld/

Atraksi lompat batu di pulau Nias merupakan salah satu kesenian yang begitu fenomenal serta selalu dinanti. Mungkin karena alasan inilah, pada tahun 1992 kesenian ini diabadikan pada lembaran uang kertas pecahan seribu rupiah.

Selain bernama atraksi lompat batu, atraksi ini juga memiliki nama lain yakni Hombo Batu atau Fahombo. Dalam atraksi ini, para pemainnya harus melompati batu setinggi 2 meter yang memiliki ketebalan 40 cm.

Memang sih harus diakui lembaran uang kertas bisa dijadikan ajang promosi keindahan dan budaya Indonesia. Semoga dengan cara ini seluruh masyarakat Indonesia jadi semakin tau bahwa Indonesia itu sungguh luar biasa. Memiliki keindahan dan kebudayaan yang begitu beragam.

Tinggalkan komentar