Fotografi Resep, Potongan Bahan Masakan Dengan Ukuran Tepat dan Minimalis

Mungkin kamu tahu bahwa memang ada salah satu aliran fotografi yang khusus menggunakan makanan sebagai objeknya. Biasanya fotografi makanan digunakan sebagai media promosi makanan tersebut.

Namun, pernahkah kamu membayangkan ada fotografi resep? Nah, ide fotografi yang satu ini barangkali bisa memberikan inspirasi buat kamu yang suka fotografi sekaligus suka masak.

Beberapa karya fotografi di bawah ini dibuat oleh Mikkel Jul Hvilshøj. Mikkel adalah seorang fotografer yang tinggal dan bekerja di Copenhagen, Denmark. Bidang keahlian Mikkel adalah advertising photographer atau fotografi untuk iklan.

Mikkel sendiri telah menekuni bidang fotografi ini selama lebih dari 10 tahun. Bahkan pada tahun ini, Mikkel berhasil terpilih untuk mendapatkan penghargaan Lürzer’s Archive 200 Best Advertising Photographers Worldwide 2016/17.

Penasaran? Berikut beberapa fotografi resep karya Mikkel dengan resep masakan khas Eropa yang istimewa.

Bouillabaisse

boredpanda.com

Tentu saja kamu langsung tahu bahwa masakan yang satu ini berasal dari Perancis. Bouillabaisse adalah olahan ikan rebusan yang berasal dari kota pelabuhan Marseille di Perancis.

Seperti yang kamu lihat sendiri pada gambar di atas, resep masakan khas Perancis yang satu ini tidak membutuhkan banyak bahan yang terlalu susah untuk didapat. Bumbu – bumbunya juga tidak terlalu banyak.

Karena resep ini adalah resep olahan rebusan ikan, tentu saja ikan adalah bahan utamanya. Selain ikan, bahan seafood lainnya adalah udang kecil dan udang besar, serta kerang. Bahan segar lainnya adalah safron, bawang dan bawang polong.

Hal yang membuat bouillabaisse berbeda dengan masakan sup ikan lainnya adalah bahwa masakan ini menggunakan ikan lokal Mediterania, cara memasukkan ikan selama memasak, cara merebus dan cara penyajian masakan ini.

 

Porridge

boredpanda.com

Kalau masakan yang satu ini adalah sejenis sup oat. Awalnya, porridge adalah makanan pokok di sebagian besar kawasan Eropa Utara dan Rusia. Namun, kepopuleran masakan ini telah mencapai Amerika Serikat bahkan Kanada.

Seperti yang kamu lihat pada gambar di atas, bahan utama porridge adalah oat dan susu. Bahan – bahan lain sebenarnya hanyalah bahan pendukung sesuai selera. Misalnya kismis, kurma, stroberi, blueberry, keju dan irisan apel.

Porridge umumnya dimakan sebagai menu sarapan di Amerika Serikat dan Kanada. Selain bahan – bahan diatas, kadang ditambahkan pula garam, gula, krim dan mentega. Namun, di Inggris porridge lebih lazim sebagai makanan penghuni penjara.

Biji – bijian atau oat yang digunakan untuk memasak porridge biasanya berupa semolina, beras, gandum, barley dan jagung. Jadi, jika pun kamu tidak memiliki biji – bijian seperti di Eropa, kamu bisa memasaknya sendiri menggunakan jagung atau nasi.

 

Ratatouille

boredpanda.com

Nah, kalau menu yang satu ini bahkan menjadi judul sebuah film animasi bergenre komedi. Tentu saja masakan yang satu ini berasal dari Perancis, berisi rebusan sayur mayur yang ditumis hingga matang.

Bahan – bahan masakan ini seperti yang terlihat pada gambar di atas adalah sayuran menyerupai mentimun (di Eropa lebih dikenal dengan istilah zucchini), paprika merah, tomat, minyak, tepung dan bawang.

Ratatouille ini adalah masakan asli Perancis yang berasal dari kota Nice. Masakan yang satu ini biasanya disajikan sebagai masakan pendamping, namun sering juga dijadikan sebagai menu utama.

Salah satu hal yang unik dari pembuatan ratatouille adalah masakan ini ditumis secara terpisah. Maksudnya adalah setiap bahan sayur mayur ditumis secara terpisah, baru kemudian digabungkan menjadi satu ketika akan disajikan.

Jadi, bagaimana? Kamu mulai tertarik dengan fotografi resep? Jangan hanya berbagi foto masakan yang sudah jadi, sesekali berbagilah fotografi resep yang kamu masak sendiri.

Tinggalkan komentar