6 Fungsi Darah Manusia Beserta Pejelasannya

Darah adalah salah satu bagian yang amat penting di dalam tubuh manusia, darah sendiri banyak sekali fungsinya untuk mejaga tubuh. Untuk itulah penting banget bagi kamu untuk tahu dan mengerti apa saja fungsi darah tersebut.

Menurut Wikipedia darah sendiri adalah sebuah cairan yang seperti air dan berfungsi untuk mengangkut oksigen melalui sel-sel darah ke seluruh tubuh. Darah juga merupakan kebutuhan makhluk hidup, jadi dengan adanya darah di dalam tubuh maka manusia akan dapat hidup.

Apabila seorang manusia kekurang darah, maka manusia tersebut akan menjadi lemas, karena cairan mengangkut sari makanan, atau oksigen ke seluruh tubuh tidak terpenuhi. Seorang manusia jika kekurang darah akan mudah terserang panyakit. Karena pada darah terdapat berbagai jenis sel yang dapat membantu fungsi darah itu sendiri.

 

Menyalurkan Sari Makanan

caramakan.com

Darah adalah cairan yang mengalir di dalam tubuh manusia melewati alat-alat pernapasan yakni nadi. Darah akan terus mengalir dan menyalurkan sari-sari makanan yang dibawanya dari oksigen maupun dari beberapa vitamin, protein, dan karbohidrat melalui makanan yang di konsumsi setiap harinya. Dengan begitu tubuh akan memperoleh sari makanan yang cukup.

Mengangkut Oksigen

trikfotografi.com

Oksigen yang didapat melalui udara bebas, kemudian disaring oleh hidung lalu dimasukkan masuk ke pembuluh darah. Nah, dari pembuluh darahlah, darah itu akan mengalir ke seluruh tubuh.

Mengedarkan Hormon

fastmina.com

Tidak hanya sekedar menyalurkan darah ke jantung dan di bawa keseluruh tubuh. Darah ternyata juga dapat membawa hormon-hormon yang masuk di kedalam tubuh loh. Hormon ini diperoleh adanya rangsangan atau stimulus dari luar maupun dari dalam tubuh manusia.

Darah akan mengakut hormon cck hormone keseluruh tubuh dan kelenjar eksorin akan mengambil hormon-hormon yang tidak bermanfaat serta membuangnya melalui seluran khusus yang ada di dalam tubuh. Sedangkan darah akan membawa hormon-hormon itu dengan saluran biasa.

Membawa Sisa Oksidasi Sel Tubuh

livescience.com
livescience.com

Darah juga berfungsi sebagai pembawa sisa-sisa zat yang tidak berguna keluar dari tubuh. Hal ini dapat kamu rasakan pada saat melakukan proses pernafasan. Disini ada proses pengangkut oksigen melalui darah hingga ke jantung. Dari jantung di proses ke seluruh tubuh, setelah itu baru deh jantung mengeluarkan karbondioksida melalui darah.

Menyerang Kuman atau Bakteri yang Masuk ke dalam Tubuh

lockerdome.com

Darah juga berfungsi sebagai pengaktif metabolisme tubuh loh. Karena di dalam tubuh terdapat beberapa sel-sel darah yang mampu menjaga metabolisme tubuh. Sel disini akan menyerang kuman  ataupun benda-benda asing yang masuk ke dalam tubuh manusia.

Jika sel darah itu berhasil melawan benda asing atau kuman tersebut kamu tidak akan terserang penyakit, namun sebaliknya jika sel tersebut tidak sanggup melawan benda asing atau kuman tersebut maka, bersiap-siaplah untuk sakit.

Menyembuhkan Luka

coronaregional.com

Bagian darah yang biasa dikenal dengan trombosit adalah darah yang sangat berperan dalam penyembuhan luka yang berada di kulit ari. Trombosit biasanya akan mengeluarkan zat yang bergabung dengan vitamin K untuk membentuk darah agar menjadi beku.

Setelah darah membeku, maka trombosit secara perlahan akan berusaha menutupi luka yang berada di kulit ari. Itulah mengapa jika kulit ari kamu luka, akan dapat seperti semula. Jika kepingin trombosit dalam darah ini berkurang, maka bisa saja luka kamu sulit untuk diobati. Karena tidak adanya zat-zat yang dapat menutup luka dan mebekukan darah tersebut.

Tinggalkan komentar