in

Fungsi Ideologi dan Pengertian Secara Jelas

fungsi ideologi
ilmudasar.com

FUNGSI IDEOLOGI -Jikalau ada yang menanyakan apa fungsi ideologi secara umumnya untuk didalam kehidupan manusia, dan jawaban-jawaban dari pertanyaan-pertanyaan tersebut akan begitu panjang sekali, dikarenakan ideologi ini ialah sebuah gambaran dari cita cita sebuah negara.

Ideologi ialah merupakan salah satu seperangkat nilai yang mempunyai sifat-sifat global atau menyuluruh serta mendalam dan dipegang juga oleh suatu perkumpulan atau sekelompok penduduk sebagai suatu penilaian hidup bagi mereka.

Masyarakat-masyarakat tersebut dengan membawa perberbekalan ideologi yang dipercayainya, maka mereka semaua akan mengetahui tetang bagaimana cara beperilaku dan bersikap yang baik dan benar.

Nah, apakah diantara teman-teman sudah ada yang mengerti fungsi ideologi? Jikalau belum maka dibawah ini akan ada pembahasan tentang fungsi dari ideologi, mudah-mudahan adanya pembahasan ini bisa membantu dan menambah sedikit wawasan untuk diri saya sendiri dan teman-teman semua. Selamat membaca.

Pengertian dan Penjelasan Ideologi

fungsi ideologi
zonasiswa.com

Pengertian dari ideologi ini ialah merupakan sebuah gabungan dari dua kata, yakni idea dan logos yang mana kata tersebut berasal dari bahasa Yunani. Arti dari kata idea ini adalah ide atau gagasan dan arti dari kata logos ini ialah ilmu.

Menurut pengertian sederhananya, ideologi ini bisa diartikan sebagai gagasan, ide-ide, atau keyakinan. Berlandaskan penjelasan tersebut, didalam rancangan ideologi ini memuat prinsip hidup, arah serta tujuan berbangsa dan bernegara.

Menurut pengertian dari seorang ahli yang bernama Seorjanto Poespowadojo, ideologi ialah merupakan sebuah kompleks pengetahuan, wawasan, dan nilai-nilai. Didalam bidang politik, ideologi ini diartikan dengan cara khas, yaitu diartikan dengan sebuah nilai yang terpadu, berbangsa dan bernegara, dan berbarengan dengan kehidupan masyarakat setempat.

Artinya, ide-ide politik yang muncul didalam hidup sosial atau bermasyarakat, bernegara dan berbangsa secara logis atau sistematis menjadi satu kesatuan yang utuh atau lengkap.

Biasanya ideologi pada sebuah bangs bersumber dengan pengalaman dan budaya sejarah pada penduduk atau masyarakatnya. Didalam sebuah bangsa dan negara arti dari ideologi ini ialah wawasan, pengamat hidup, atau kenegaraan dan falsafah-falsafah kebangsaannya.

Dengan adanya ideologi seperti ini, suatu bangsa bisa menyelesaikan macam-macam masalah atau persoalan yang memang akan dihadapinya dengan benar dan tepat. Sebuah bangsa akan mempunyai pedoman dan genggaman tentang bagaimana kita mengenal  suatu masalah didalam bidang politik, budaya, sosial, pertahanan dan kemanan yang wujud didalam kehidupan masyarakat.

Selain dari itu, sebuah bangsa juga bisa mempunyai pola dalam mengadakan program pembangunan atau pembentukannya.

Fungsi Ideologi

fungsi ideologi
ilmudasar.com
  • Struktur Kognitif ialah sumber segala ilmu atau pengetahuan yangdapat dijadikan sebagai landasan untuk bisa mencernda, memahami dan menafsirkan kejadian-kejadian yang telah terjadi di alam sekitarnya dan dunia.
  • Orientasi pasar yakni membuka sebuah wawasan atau pengetahuan sehingga bisa memberikan dan mengasihi makna yang begitu bermanfaat dan memperlihatkan tujuan didalam kehidupan manusia sehari-hari.
  • Mengasihi nilai-nilai yang dijadikan sebagai pegangan dan pedoman untuk seseorang dalam melangkah dan melakukan tindakan suatu hal
  • Bekal dan juga jalan untuk seseorang yang dapat menemukan atau menjumpai tanda pengenal atau identitasnya.
  • Energi atau kekuatan yang dapat mengasihi rasa semangat dan juga bisa mendorong manusia supaya bisa menggapai tujuan dan cita-citanya.
  • Pendidikan atau pembelajaran bagi penduduk agar dapat memahami, menghayati dan juga mempraktekan tingkah laku dan perbuatannya supaya dapat sesuai atau sama dengan nilai-nilai dan orientasi yang terkait didalamnya.

___________________________________

Nah, demikianlah artikel pada kali ini yang membahas tentang fungsi ideologi dan dilengkapi dengan pengertian secara jelas. Terimakasih telah membaca dan semoga bermanfaat.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

enzim adalah

Variabel Bebas

Hambatan Perdagangan Internasional

7+ Hambatan Perdangangan Internasional yang Paling Sering Terjadi