Fungsi Kuncup Terminal pada Tumbuhan yang Perlu Kamu Ketahui

Tanaman atau tumbuhan merupakan salah satu makhluk hidup yang ada di muka bumi ini. Salah satu fungsi tumbuhan adalah untuk tetap menjaga bumi ini agar tetap banyak kadar oksigennya.

Jadi semakin banyak tumbuhan di suatu wilayah, maka dapat dipastikan wilayah tersebut akan kaya dengan oksigennya. Sehingga para penduduk wilayah tersebut akan lebih sehat jika dibandingkan dengan penduduk yang menghuni wilayah yang minim dengan tumbuhannya.

Salah satu organ penting bagi tumbuhan adalah batang. Di batang terdapat daun yang berfungsi sebagai penghasil makanan bagi tumbuhan melalui proses fotosintesis. Selain itu, batang juga berfungsi sebagai penyalur air dan garam mineral dari akar menuju daun dan juga sebagai penyalur makanan hasil fotosintesis dari daun menuju seluruh bagian tumbuhan.

mixhdwallpapers.com
mixhdwallpapers.com

Di bagian ujung batang terdapat meristem pucuk. Sel meristem pucuk akan selalu membelah dan tumbuh serta berdiferensiasi sampai tumbuhan tumbuh besar. Kuncup pada batang merupakan titik tumbuh sang batang yang dilindungi oleh sisik. Sisik tersebut akan gugur ketika batang sudah terbentuk.

Terdapat dua jenis kuncup yang ada di batang. Yang pertama adalah kuncup terminal dan yang kedua adalah kuncup aksilar. Kuncup terminal adalah kuncup yang terdapat pada ujung batang sedangkan kuncup aksilar adalah kuncup yang terdapat pada ketiak daun dan pada ruas tertentu di batang.

Kuncup-kuncup tersebut mengalami dormansi untuk periode tertentu (selama musim gugur) atau untuk beberapa tahun (sebagian besar kuncup aksilar). Kedua kuncup tersebut mempunyai fungsi saling bahu membahu untuk menyokong pertumbuhan batang dan untuk menghasilkan daun.

Itulah fungsi kuncup terminal pada tumbuhan. Semoga bermanfaat.

 

Tinggalkan komentar