Fungsi Kurikulum bagi Pendidikan dan Peserta Didik

Di dalam sebuah bidang pendidikan, penggunaan kurikulum selalu menjadi bagian penting dalam pembentukan target dan berbagai macam tujuan di dalam perkembangan pembelajaran siswa. Oleh karena itu, kurikilum tidak boleh absen dari proses pendidikan ini.

Di bawah ini akan kami jelasakan beberapa fungsi dari kurikulum itu sendiri:

  1. Tujuan institusional (lembaga/institusi).
  2. Tujuan nasional (pendidikan nasional).
  3. Tujuan instruksional (penjabaran dari tujuan kurikuler).
  4. Tujuan kurikuler (bidang studi).

Fungsi Kurikulum bagi Peserta Didik

struktur biografi
youthmanual.com
  1. Kurikulum dapat digunakan sebagai sarana untuk mengukur kemampuan diri, dan mengejar target-target, sehingga peserta didik dapat dengan mudah dalam pemahaman materi ataupun dalam pembelajaran di setiap harinya.
  2. Kurikulum akan mempermudah peserta didik dalam memetakan apa yang harus ia kerjakan dari waktu ke waktu, dengan sesuai denga evaluasi yang dilakukan oleh guru dalam 3 atau 6 bulan sekali.

Fungsi Kurikulum bagi Pendidik

struktur biografi
sumberpengertian.com
  • Bagi pendidik, kurikulum akan sangat berguna dalam penerapan cara mengajar. Dengan cara mengajar yang sudah terdaftar dan terstruktur, maka pengajar akan lebih mudah dalam penyampaian materi dan evaluasi hasi kerja para peserta didik.
  • Sebagai pedoman kerja untuk penyusun dan pengorganisasian pengalaman belajar para peserta didik

Fungsi Kurikulum bagi Orangtua

struktur biografi
sahabatnesia.com
  1. Orang tua dapat menjadi sosok yang dapar bersinergi dengan pihak sekolah, dalam pembentukan karakter dan keterampilan sesuai kurikulum yang sudah di ketahui oleh orangtua dari peserta
  2. Orangtua dapat mengetahui gambaran dari pengalaman belajar yang didapatkan oleh peserta didik (anaknya).
  3. Diharapkan orangtua bisa turut serta dalam mensupport anaknya untuk melakukan berbagai macam hal yang sesuai dengan kurikulum yang telah ditetapkan.

Fungsi Kurikulum bagi Sekolah dan Dinas Pendidikan

deduktif adalah
©irfansyaputara.web.id
  • Bagi sekolah dan dinas pendidikan, penerapan kurikulum ini akan berguna untuk menseragamkan pengetahuan, sesuai dengan keinginan instansi tertentu dalam hal ini tentunya bagi instansi pendidikan.
  • Menyesuaikan pendidikan peserta didik sesuai dengan letak teritorial dan keadaan sosial budaya di masing-masing daerah.

Kurikulum harus selalu dievaluasi guna mencapai efektifitas dan kesesuaian target, sehingga kualitas pendidikan para peserta didik dapat ditingkatkan dari waktu ke waktu. Demikianlah penjelasan kami mengenai Fungsi Kurikulum. Semoga dapat bermanfaat dan silahkan tinggalkan komentar pada kolom di bawah.

Tinggalkan komentar