in ,

Fungsi Manajemen Keuangan serta Tujuan dan Pengertiannya

sumber:

Fungsi Manajemen Keuangan – Pengaturan manajemen keuangan termasuk di sangat penting terutama di dalam pengelolaan perusahaan. Manajemen keuangan dalam pengelolaan sebuah perusahaan berkaitan erat dengan kesehatan keuangan di dalamnya.

Seseorang yang menyusun manajemen keuangan harus sesuai dengan kaidah dan aturan yang sudah berlaku. Penyusun ini haruslah seseorang yang sudah kompeten dan sudah berpengalaman di dalam bidang manajemen keuangan.

Pengertian Manajemen Keuangan

sumber: debttolife.com

Manajemen keuangan adalah pengaturan keuangan yang diterapkan seseorang atau manager dalam suatu badan, individu, atau sebuah perusahaan. Penerapan manajemen keuangan ini bahkan bisa dikembangkan lebih luas lagi ke dalam organisasi-organisasi.

Fungsi Manajemen Keuangan

sumber: royalkorindah.hol.es

Fungsi dari Manajemen Keuangan diantaranya sebagai berikut:

  1. Planning atau bisa disebut juga dengan Perencanaan Keuangan, yang meliputi Perencanaan Arus Kas maupun Rugi Laba.
  2. Budgeting atau penganggaran, yaitu perencanaan penerimaan dan pengalokasian anggaran biaya secara efisien guna memaksimalkan dana yang telah dimiliki.
  3. Controlling atau Pengendalian Keuangan, melakukan evaluasi dan perbaikan atas keuangan dan sistem keuangan perusahaan.
  4. Auditing atau Pemeriksaan Keuangan, dilakukan audit internal atas keuangan perusahaan yang ada dengan tujuan sesuai dengan kaidah standar akuntansi sehingga kecil terjadinya penyimpangan.
  5. Reporting atau laporan Keuangan, dengan menyediakan laporan informasi mengenai kondisi keuangan perusahaan dan analisa rasio laporan keuangan.

Di bawah ini akan kami jelaskan mengenai tujuan manajemen keuangan:

Tujuan Manajemen Keuangan

sumber: pixabay.com

Tujuan utama dari adanya Manajemen Keuangan adalah untuk memaksimalkan nilai yang sudah dimiliki oleh perusahaan atau memberikan nilai tambah terhadap aset dari pemegang saham. Hal ini memerlukan perincian yang mendetail dan matang.

Pembuatan manajemen keuangan yang baik akan meningkatkan efektivitas pengalokasian dana. Penggunaan dana akan sesuai dengan sasaran, dengan perkembangan perusahaan dengan tahapan yang jelas dan berkesinambungan.

Demikianlah penjelasan kami mengenai pengertian manajemen keuangan, fungsi manajemen keuangan, dan tujuan manajemen keuangan. Semoga dapat bermanfaat dan lebih menambah khasanah keilmuan Anda, dan dapat Anda tularkan kepada orang di sekitar Anda. Silahkan tinggalkan komentar di kolom di bawah ini.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

dampak pengangguran

Penyebab, Jenis, Faktor serta Dampak Pengangguran Bagi Masyarakat

Fungsi Bronkus

Fungsi Bronkus Terhadap Pernapasan Manusia