Fungsi Manajemen Pemasaran Menurut Para Ahli

Fungsi Manajemen Pemasaran – Manajemen Pemasaran adalah suatu instrumen analisis, perencanaan, pelaksanaan, dan pengontrolan program yang disusun demi mendirikan, menciptakan, dan menjaga pertukaran yang menguntungkan dengan target pasar sasaran dengan tujuan untuk meraih visi misi penting perusahaan yakni mendapatkan laba.

Fungsi Manajemen Pemasaran Menurut para Ahli

fungsi manajemen pemasaran
carajadikaya.com
  • Manajemen Pemasaran ialah perencanaan, penerapan, penganalisaan dan pengawasan program-program yang bertujuan menimbulkan pertukaran dengan pasar yang dituju dengan maksud untuk mencapai tujuan perusahaan (Kotler, 1980).
  • Manajemen Pemasaran adalah salah satu aktifitas pokok yang dijalankan oleh perusahaan agar menjaga dan melanjutkan kelangsungan perusahaannya, berkembang, serta memperoleh laba. Proses pemasaran itu diawali jauh sebelum produk-produk diciptakan, serta tidak berakhir dari penjualan. Aktifitas pemasaran perusahaan wajib pula memprioritaskan kepuasan para konsumen apabila mau usahanya tersebut berlangsung terus, maupun konsumen memiliki pendapat yang terbaik dengan perusahaan. (Dharmmesta & Handoko, 1982).
  • Manajemen Pemasaran adalah ialah implementasi, pengontrolan program, perencanaan, yang mana di rancang dalam membentuk, membangun, dan menjaga pertukaran yang menguntungkan dengan pembeli yang tepat sasaran, dalam mengejar tujuan perusahaan (Kotler dan Amstrong)
  • American Marketing Association, mengartikan pemasaran : Pemasaran adalah penerapan dunia usaha yang mengalirkan arus barang-barang serta jasa-jasa dari produsen menuju konsumen atau para pelanggan. Pengertian ini sekedar menegaskan aspek distribusi daripada aktifitas pemasaran.
  • Philip Kotler daribukunya berjudul Marketing Management Analysis, Planning, and Control, mengartikan pemasaran dengan lebih luas, yakni : Pemasaran adalah sebuah proses sosial, yang mana para individu dan kelompok memperoleh hal yang mereka inginkan, dan mereka mau adalah dengan membuat dan menjaga produk dan nilai dengan individu dan kelompok yang lain.
  • Istilah Pemasaran bagi William J. Stanton adalah sebuah sistem yang menyeluruh dari segala aktifitas bisnis yang diarahkan untuk menetapkan harga, merencanakan, mengiklankan, serta mendistribusikan barang dan jasa yang dapat membuat pembeli puas karena kebutuhannya baik pembeli yang sudah ada ada pembeli yang potensial dari segi kebutuhan.

Demikianlah informasi tentang pengertian manajemen pemasaaran beserta dengan penjelasannya dari beberapa para ahli, semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar