Fungsi Mikroskop Beserta Pengertian dan Jenis-jenisnya

FUNGSI MIKROSOP РPada artikel kali ini, kami akan membahas sedikit mengenai mikrosop, dan beberapa topik lainnya yang berkenaan dengan mikrosop.

Pengertian Mikrosop

Pengertian Mikrosop
https://pixabay.com

Mikrosop yaitu suatu alat bantu yang dipakai untuk melihat serta mengamati beberapa benda yang memiliki ukuran yang sangat kecil yang tak mampu dilihat dengan mata telanjang. Kata Mikrosop berasal dari bahasa latin ialah “mikro” yang memiliki arti kecil serta kata “scopein” yang memiliki makna melihat. Benda kecil dilihat dengan cara memperbesar ukuran benda itu sampai berkali-kali lipat.

Bayangan benda bisa dibesarkan 40 kali hingga 1000 kali serta perbesaran yang bisa dijangkau semakin meningkat seiring dengan perkembangan teknologi. Ilmu yang dipelajari beberapa objek yang memiliki ukuran kecil dengan memakai mikroskop dikenal dengan Mikroskopi.

Mikroskop dijumpai oleh Anthony van Leewnhoek, penemuan ini sangat membantu peneliti serta ilmuan untuk mengamati objek mikroskopis.

Fungsi Mikroskop

Fungsi Mikroskop
volkovlaw.com

Beberapa fungsi mikroskop yaitu sebagai berikut:

  • Fungsi utamanya yaitu untuk melihat serta mengamati objek dengan ukuran yang sangat kecil yang tak dapat dilihat dengan mata telanjang.
  • Fungsi lainnya dari mikrokop sama dengan fungsi utama, namun perbedaannya terdapat dibeberapa mikroskop yang dibuat untuk fungsi yang lebih detail, contohnya ada jenis mikroskop yang dibuat hanya untuk mengamati satu jenis objek mikroskopos saja..

Inti dari fungsi mikroskop yaitu sebagai alat bantu untuk mengamati objek yang memiliki ukuran sangat kecil yang tak mampu dilihat dengan mata telanjang.

Jenis-jenis Mikroskop

Jenis-jenis Mikroskop
https://pixabay.com

Secara umum menurut sumber energi yang dimanfaatkan ada empat jenis mikroskop, yaitu sebagai berikut:

  1. Mikroskop Cahaya
    Mempunyai dua jenis lensa yaitu okuler serta obyektif, sistem kerjanya dibantu dengan cara pantulan cahaya yang menembus obyek yang diamati serta mampu memperbesar bayangan objek sampai 100 kali.
  2. Mikroskop Binokuler
    Mikroskop stereo yang bisa memperjelas rincian permukaan objek karena bayangan yang diperoleh pengamat ialah pantulan cahaya yang jatuh dipermukaan objek. Perbesaran bayangannya bisa mencapai 30x.
  3. Mikroskop Elektron
    Memiliki daya resolusi / kemampuan daya beda mata manusia sangat tinggi (0,1 nm), dapat memperbesar bayangan obyek sampai jutaan kali, bayang benda dilihat pada layar monitor.
  4. Scanning Electron Microscope
    Jenis Mikroskop ini dipakai untuk studi detail arsitektur permukaan sel atau struktur jasad renik serta obyek teramati secara 3 dimensi.

Sekian pembahasan mengenai fungsi mikroskop beserta pengertian dan jenisnya. Semoga dapat bermanfaat.

Tinggalkan komentar