2 Manfaat Oksigen Bagi Kehidupan Manusia

Walaupun tidak memiliki warna dan bau, oksigen merupakan unsur penting dalam kehidupan. Oksigen merupakan unsur yang banyak terdapat di permukaan bumi. Oksigen berada diurutan ketiga dari gas yang paling banyak ditemukan di alam semesta selain helium dan hidrogen.

Oksigen mudah bereaksi dengan unsur lainnya. Jika kadar oksigen di udara berlebih, api sekecil apapun dapat menimbulkan kebakaran. Oksigen yang terkandung di udara hanya sekitar 20%, sisanya adalah unsur lainnya seperti carbon, karbondioksida dan nitrogen.

Tanpa oksigen maka kehidupan di bumi akan sirna. Semua makhluk hidup di bumi menghirup oksigen mulai dari manusia, burung, reptil, mamalia dan ikan.

Oksigen merupakan gas yang dibutuhkan dalam sistem pernafasan, peredaran darah dan metabolisme tubuh. Selain itu oksigen juga memiliki banyak manfaat lainnya. Berikut 2 manfaat oksigen bagi tubuh manusia.

 

Bernafas

http://www.ujikadarair.com/
http://www.ujikadarair.com/

Oksigen sangat diperlukan dalam proses pernafasan manusia, oksigen mempunyai peran untuk memenuhi metabolisme tubuh. Tanpa oksigen, manusia tidak akan bisa hidup. Tidak hanya manusia, di dalam air ikan juga bernafas dengan menggunakan insang.

Mencegah Penuaan Dini

http://assets-a1.kompasiana.com/
http://assets-a1.kompasiana.com/

Kulit merupakan bagian tubuh yang sangat sensitif. Salah memakai sabun saja dapat membuat kulit menjadi kering dan pecah-pecah. Banyak orang khususnya wanita yang menghabiskan banyak waktu dan uang demi perawatan kulit.

Namun siapa sangka kalau ternyata oksigen dapat mencegah penuaan dini. Air oksigen dapat membantu pembentukan jaringan pernafasan pada kulit sehingga metabolisme menjadi aktif untuk menghilangkan racun dan menangkal radikal bebas.

Biasakan bangun pada pagi hari lalu keluar dan mengambil nafas dalam-dalam. Hal ini dapat membuatmu lebih segar karena udara pada pagi hari jauh lebih bersih.

Tinggalkan komentar