6 Fungsi Plasma Darah yang Perlu Anda Ketahui

FUNGSI PLASMA DARAH – Fungsi plasma memiliki peranan yang begitu penting dalam kesehatan tubuh seseorang, contohnya fungsi sel-sela darah lainnya. Disamping itu, plasma darah mempunyai ciri-ciri yang memiliki perbedaan dari sel darah lainnya. Jumlah kandungannya di dalam satu tubuh orang dewasa bisa dibilang cukup besar.

Berikut ini penjelasan seputar fungsi plasma darah, yaitu sebagai berikut:

Fungsi Plasma Darah

fungsi plasma darah
rumahulin.com

Berdasaran pernyataan Franklin Institute, walaupun seringkali dianggap kurang penting apabila dibandingkan sel-sel darah lainnya. Namun, plasma darah pun mempunyai fungsi pentingnya sendiri. Hal ini dikarenakan banyak fungsi yang berbeda dalam tubuh. Berikut ini fungsi plasma darah, antara lain:

  • Transportasi Nutrisi
    Salah satu fungsi plasma darah yang sangat penting yaitu sebagai pengangkut nutrisi ke seluruh bagian tubuh.
  • Transportasi Limbah
    Disamping sebagai pengangkut nutrisi, plasma darah pun mengangkut beberapa produk limbah. Misalnya asam urat, kreatin serta amonium garam, dari sel-sel tubuh ke ginjal. Ginjal menyaring limbah ini dari plasma, lalu mengeluarkannya dari tubuh sebagai urin.
  • Menjaga Volume Darah
    Kurang lebih 7 persen dari plasma darah yaitu protein. Menurut Science Encyclopedia, protein yang dijumpai dalam konsentrasi tertinggi dalam plasma darah yaitu albumin. Protein ini penting untuk pertumbuhan serta perbaikan jaringan. Selain itu, konsentrasi tinggi dari albumin penting untuk menjaga tekanan osmotik darah.
  • Keseimbangan Elektrolit
    Plasma darah pada umumnya membawa garam ke seluruh tubuh, hal ini disebut elektrolit. Garam-garam itu, termasuk klorida, magnesium, kalium, kalsium dan natrium. Kandungan ini begitu penting bagi fungsi tubuh. Tanpa garam-garam ini, otot tak akan berkontraksi serta saraf-saraf tak akan dapat mengirim sinyal dari dan ke otak.
  • Mempertahankan Tubuh
    Plasma darah membawa banyak protein lain ke seluruh tubuh. Misalnya imunoglobulin yang dikenal sebagai antiboid, yaitu protein yang melawan zat asing contohnya bakteri yang menyerang tubuh.
  • SerumĀ 
    Fungsi plasma darah yang paling utama yaitu dari bagian serum. Serum yang terkandung dalam plasma darah adalah hasil dari plasma darah yang sudah dipisahkan dari fibrinogen. Serum ini dihasilkan dengan cara melakukan proses memutar darah yang terdapat dalam sentrifuge.

Sekian pembahasan mengenai fungsi plasma darah. Semoga dapat bermanfaat.

Tinggalkan komentar