6 Macam Fungsi Software

Software memiliki fungsi utama sebagai jembatan antara manusia dan komputer. Pada mulanya software membantu manusia untuk menyelesaikan masalah masalah sederhana seperti perhitungan matematika. Namun semakin berkembangnya waktu semakin manusia membutuhkan bantuan dari berbagai masalah yang mereka hadapi. Pada akhirnya muncul software software dengan kegunaan yang bermacam macam. Saat manusia butuh aplikasi untuk membuat dokumen maka manusia membuat Ms Word, Saat manusia ingin mendengarkan musik di komputer, mereka membuat winamp dan lain sebagainya. Berikut ini adalah macam macam fungsi software yang secara umum dipakai orang.

Software Pembuat Dokumen

portableapps.com

Microsoft Word atau Microsoft Office Word atau Word adalah perangkat lunak pengolah kata (word processor) andalan Microsoft. Pertama diterbitkan pada 1983 dengan nama Multi-Tool Word untuk Xenix, versi-versi lain kemudian dikembangkan untuk berbagai sistem operasi, misalnya DOS (1983), Apple Macintosh (1984), SCO UNIX, OS/2, dan Microsoft Windows (1989). Setelah menjadi bagian dari Microsoft Office System 2003 dan 2007 diberi nama Microsoft Office Word. Di Office 2013, Namanya cukup dinamakan Word.

Aplikasi pengolah kata (Word Processing) mungkin yang sudah sangat familiar bagi pengguna komputer adalah Microsoft Office Word. Namun, tahukah kamu aplikasi pengolah kata selain Microsoft Word. Kali ini saya akan sedikit membahas tentang apa-apa saja program pengolah kata itu.

Star Office Writer

Program ini memiliki kesamaan dengan Microsoft Word, namun ada perbedaannya yakni terletak pada file ekstensinya. Jika, Ms. Word menggunakan file ekstensi *doc, StarOffice Writer menggunakan file ekstensi *odt. Hanya saja file ekstenisi *odt masih bisa dirubah ke *doc. Program StarOffice dapat berjalan di OS Windows dan MC.Os (Apple).

Open Office

Hampir sama dengan Ms.Word. Bedanya Open Office dikembangkan dengan lisensi GPL (General Public Licensi) , sehingga dapat didistribusikan secara bebas. Open Office dilengkapi fitur bawaan “export as PDF”, sehingga file yang telah kita ketik bisa diubah langsung ke PDF tanpa repot-repot menginstall Adobe Acrobat.

Abi Word

Abi Word juga dikembangkan dengan lisensi GPL, sehingga software ini adalah software Open Source/freeware. Abi Word bisa di download langsung secara gratis di situs resmi http://www.abiword.com.

KWord

KWord memiliki kesamaan dengan Open Office dan Abi Word, yakni sama-sama berlisensi GPL. Aplikasi ini dikembangkan oleh KDE (K Desktop Environment) yang merupakan lingkup desktop yang sering digunakan dalam sistem operasi berbasis Linux. Program KWord dapat berjalan di OS Windows, Linux dan MC.OS

 

Pemutar Music

usbportablesoft.com

Ada banyak pemutar musik yang tersedia di internet yang bisa anda download secara gratis dan legal. Tapi sedikit sekali dan sangat sulit menemukkan pemutar musik pc ringan & pemutar musik pc paling bagus. Berikut ini berbagai macam pemutar musik yang populer saat ini.

MusicBee

Saya sih belum lama mengetahui pemutar musik yang bernama MusicBee. MusicBee adalah salah pemutar music yang ringan yang sudah saya coba dan memiliki organisasi file yang sangat bagus sebagai pemutar musik terbaik. Anda juga bisa menambahkan music dari CD dan MusicBee juga bisa terintegrasi dengan perangkat mobile .

MediaMonkey

Sama seperti MusicBee ini saya juga baru tau dan saya sendiri tidak kecewa telah mendownload MediaMonkey. Asal anda tau saja MediaMonkey sebagai salah satu pemutar musik laptop terbaik mampu mengatur 100.000 file musik dan video secara sistematis.

Format yang di dukung oleh MediaMonkey adalah MP3, MP4, M4A, FLAC, OGG, WMA, WMV, dan AVI. Bahkan MediaMonkey juga bisa menconvert format audio ke format lainnya.

Yang lebih asiknya MediaMonkey sudah sinkronisasi dengan perangkat mobile seperti iPod, iPhone, dan pemutar MP3 lainnya.

AIMP

Ini adalah salah saatu pemutar musik terbaik yang saya gunakan hingga saat ini. Dan saya lihat temen-temen saya sekampus juga menggunakan pemutar musik ini. Bahkan Aimp mendukung 20 format musik yang memang banyak di gunakan saat ini, selain itu mendukung juga format musik 32 bit.

Aimp juga bisa di gunakan untuk merekam radio online dan meyimpan di komputer dengan cepat. Tampilan dari Aimp juga sangat ringan dan menawan menurut saya .

VLC

Sebelum saya berpindah hati ke AIMP saya adalah pengguna dari pemutar musi VLC alasanya saya sih sederhana karna suka aja dengan dengan AIMP. Sebenarnya secara fitur dan keunggulan tidak jauh berbeda. VLC adalah pemutar musik gratis dan keren yang ringan. Yang mampu memutar format audio dan vidio seperti format DivX, MPEG-1, MPEG-2, MPEG-4, MP3, dan OGG.

Foobar 2000

Foobar2000 hanya memakan memori sangat sedikit untuk bisa menggunakan software pemutar musik Foobar2000 ini. Bahkan Foobar2000 bisa di gunakan untuk merubah format file multimedia.

Winamp

merupakan salah satu pemutar musik yang legendaris. Hampir semua komputer baru atau laptop baru pasti sudah terinstal pemutar musik winamp. Apalagi pemutar musik ini bisa di download secara gratis dan legal.

Membuat Gambar

ytimg.com

Menggambar atau membuat suatu sketsa biasanya memerlukan secarik kertas dan sebuah pensil. Namun saat ini sudah ada aplikasi secara online ataupun offline yang digunakan untuk membuat atau menciptakan suatu gambar yang indah. Jika offline kita sudah mengenal yang namanya Adobe Photoshop. Berikut ini aplikasi online gratis yang berfungsi untuk membuat gambar terbaik :

Sketchpad

Sketchpad adalah aplikasi gambar berbasis web dan dibangun dengan HTML5. Sketchpad menggabungkan efek WebGL dengan editing vektor. Sketchpad bisa dikatakan sangat lengkap, karena aplikasi ini dapat membuat hampir semua gambar yang anda inginkan. Untuk mengaplikasikannya juga sangat sederhana, anda tinggal memilih icon – icon nya dibagian kanan atas, dan program akan menampilkan gambar anda dalam bentuk .PNG yang kemudian dapat disimpan.

Alat gambar termasuk teks, kuas, shape, pensil, warna, spirograph, penghapus, dan lain sebagainya sudah tersedia di sini. Sketchpad juga mendukung pembentukan gradien dan palet history memungkinkan anda untuk meninjau revisi sebelumnya. Anda bisa mengunjungi mudcu.be/sketchpad untuk mencoba aplikasi ini.

PencilApp

PencilApp adalah aplikasi menggambar yang baru saja dirillis. Aplikasi ini sangatlah sederhana, aplikasi pensil ini berbasis web yang memiliki kemampuan untuk membuat sketsa dengan mudah dan cepat. Fitur yang disediakan sangatlah minimalis, hanya ada pensil, penghapus dan teks. Anda bisa mengubah ukuran teks dan memilih salah satu dari lima warna yang telah ditentukan.

Meskipun tidak ada perintah untuk pembatalan atau undo, namun anda dapat memilih alat penghapus dan mengedit sesuatu yang telah anda buat. Fungsi penyimpanan memungkinkan anda untuk menyimpan gambar yang telah anda buat. PencilApp dibangun dengan menggunakan HTML5, CSS3 dan Jquery (Plugin jqScribble).

AWW

AWW (A Whiteboard Web) adalah aplikasi browser yang digunakan untuk menggambar. Tampilannya sama seperti sebuah papan tulis, namun yang ini secara online. Aplikais ini memungkinkan untuk berkolaborasi dengan sekelompok orang yang menggunakan berbagai perangkat. Aplikasi ini sangat sederhana dari interface dan kontrolnya.

Ada fitur yang menyediakan 7 pilihan warna, 3 ukuran pensil, penghapus dan teks. Untuk mengundang orang lain berkolaborasi, aplikasi ini hanya tinggal mengirim mereka link yang menuju papan gambar anda dan mereka dapat bergabung dalam gambar anda. Anda dapat menyimpan hasil gambar anda dalam bentuk .PNG dan menguploadnya. Anda dapat menanamkan aplikasi AWW ini dalam website atau situs anda sendiri dengan menggunakan plugin atau API.

Mengedit Video

filehorse.com

Editing video kadang-kadang menjadi sangat memakan uang karena membutuhkan software editing video yang mahal, ruang disk yang besar dan komputer dengan kinerja grafis tinggi.

Software ini sebagian besar kompatibel dengan versi Windows dan memungkinkan Kamu untuk mengedit, pengkodean, menggabungkan atau split video, menambahkan efek khusus seperti efek 2D dan 3D, menambah audio dan banyak lagi.

Windows Movie Maker 2.6

Microsoft telah membuat versi 2.6 dari Movie Maker yang tersedia untuk di-download, dan berjalan pada kedua Windows Vista dan Windows 7. Sementara pengguna tingkat lanjut mungkin menggunakan program editing video yang lebih canggih, tidak ada menyangkal bahwa Movie Maker adalah sangat baik, fitur lengkap pilihan untuk pengguna rumah rata-rata.

VirtualDub

VirtualDub adalah video capture / pengolahan utilitas untuk platform Windows 32-bit dan 64-bit (98/ME/NT4/2000/XP/Vista/7), dilisensikan di bawah GNU General Public License (GPL). Ini tidak memiliki kekuatan pengeditan editor umum-tujuan seperti Adobe Premiere, tapi efisien untuk operasi linier cepat melalui video. Ini memiliki batch-processing kemampuan untuk memproses sejumlah besar file dan dapat diperpanjang dengan pihak ketiga video filter. VirtualDub terutama diarahkan untuk pengolahan file AVI, meskipun dapat membaca (tidak menulis) MPEG-1 dan juga menangani set BMP gambar.

ZS4 Video Editor

ZS4 Video Editor adalah gratis untuk men-download dan digunakan. Ini adalah video editing dan compositing software yang bertujuan untuk menyediakan para ahli media dengan fasilitas untuk menggabungkan berbagai jenis media (saat ini foto, video dan file audio) ke dalam satu atau lebih output file s.

Pemutar Video

softpedia.com

Kira-kira software pemutar Video apa yang terbaik buat memutar video ya.. ? saya yakin di dalam PC kamu sudah mempunyai pemutar video default namanya adalah windows media player yang terinstall otomatis / built in ketika selesai menginstall ulang windows. Namun windows media player milik microsoft ini jarang digunakan / dipakai karena mempunyai kekurangan karena tidak bisa memutar format video secara keseluruhan jadi untuk menggunakan windows media player agar bisa memutar semua format video harus di install codec k-lite terlebih dahulu .

Seperti yang kamu ketahui bahwa windows media player Meskipun video player juga mampu dijadikan sebagai pemutar audio tapi biasanya user lebih memilih software yang populer untuk memutar video, memutar video dengan software yang satu dengan yang lain itu berbeda. Ada program pemutar video spesialis untuk MP4, 3GP, WMA, MPEG, dan lain sebagainya. Di sisi lain user biasanya menggunakan pemutar video dengan program yang sudah akrap dan sudah biasa mereka gunakan. dalam artikel kali ini mungkin ada yang bisa sobat lirik beberapa pemutar video yang bisa sobat gunakan dari biasanya.

Membuat Presentasi

ytimg.com

Tidak salah jika Anda juga mengatakan bahwa Microsoft Power Point adalah software presentasi terbaik. Namun sebenarnya ada beberapa software presentasi lain yang juga tidak kalah bagusnya dibanding PowerPoint. Apa sajakah software presentasi terbaik selain Microsoft PowerPoint tersebut? Mari simak, kami telah menuliskan selengkapnya dibawah ini:

Beamer (LaTeX)

Perangkat lunak presentasi pengganti Microsoft Power Point yang pertama adalah Beamer (LaTeX). Merupakan program komputer yang digunakan untuk membuat slide presentasi. Keunggulan perangkat lunak ini, pada slides yang dibuat dapat rancang pada layar secara bertahap seolah-olah teks mengungkapkan slides yang sebelumnya disembunyikan atau ditutupi. Anda juga bisa menggunakan output PDF untuk membuat halaman berturut-turut dengan membuat tata letak dan menambahkan elemen baru, sehingga maju ke halaman berikutnya dalam file PDF.

Program ini dikembangkan oleh Till tantau, Joseph Wright dan Verdan Miletic sejak lebih dari 10 tahun yang lalu. Anda bisa menjalankan Beamer LaTex ini pada OS Microsoft Windows maupun Unix. Unduh pada situs resmi Bitvucket, bisa Anda download di sini.

Keynote

Perangkat lunak presentasi kedua adalah Keynote, sebuah program yang termasuk dalam proyek iWork productivity dari Apple.Inc. Keynote 5.1.1 dirilis pada tanggal 1 Desember 2011 untuk versi terbaru bagi Macintosh. Pihak pengembangnya menambahkan fitur-fitur baru termasuk tema, transisi dan animasi, dan kemampuan untuk mengontrol slideshow dengan iPhone maupun iPod touch dengan bantuan aplikasi remote Keynote. Ada banyak fitur lain yang dimiliki Keynote yang harus Anda ketahui, diantaranya adalah

  • Fitur tema yang memungkinkan pengguna untuk menjaga konsistensi dalam warna dan font seluruh presentasi, termasuk grafik, grafik dan tabel.
  • Dual monitor support dimana pengguna dapat menunjukkan presentasi di layar, namun ia masih melihat desktop atau catatan lain dari layar perangkatnya sendiri.
  • Mendukung semua format video QuickTime (termasuk MPEG-2 dan DV) dalam slideshow.
  • Kompatibilitas dengan Apple Remote dan aplikasi Keynote remote untuk iPhone dan iPod touch.
  • Transisi slide 3D OpenGL untuk membangun gulir kubus guna membalik halaman sehingga terkesan unik.

 

LibreOffice

Perangkat lunak presentasi berikutnya adalah LibreOffice, sebuah program komputer perkantoran yang kompatibel dengan aplikasi perkantoran lain seperti Microsoft Office maupun OpenOffice.org. LibreOffice dirancang untuk menghasilkan aplikasi perkantoran yang mendukung format ODF tanpa harus bergantung pada sebuah pemasok serta keharusan mencantumkan hak cipta. Fitur yang ada, LibreOffice bisa kompatibel dengan aplikasi Remote Control untuk Presentasi, impor dokumen dengan berbagai format serta program ini tersedia lintas platform. Selain itu ada juga fitur terbaru yang memungkinkan penggunanya untuk berkolaborasi dengan pengguna lain dalam mengerjakan sebuah dokumen secara online.

Tinggalkan komentar