8 Fungsi Tombol Keyboard yang Harus Kamu Tahu

Keyboard pada komputer merupakan perangkat khusus yang digunakan untuk memberikan inputan berupa text. Keyboard membantu manusia dalam segala bentuk pekerjaan yang menggunakan text. Peranan keyboard sangat penting, sehingga komputer paling modernpun tetap memiliki keyboard.

Walaupun kini ada teknologi terbaru yaitu touchpad, keyboard tetap menjadi pilihan utama ketika menggunakan komputer untuk bekerja. Keyboard lebih mudah digunakan dan resiko salah ketiknya kecil.

Selain untuk menginput text, Keyboard juga digunakan untuk menjalankan shortcut. Shortcut membantu kita untuk memanggil suatu perintah dengan kombinasi keyboard. Berikut ini adalah fungsi tombol keyboard yang perlu kamu ketahui.

Windows Key+E

winaero.com
winaero.com

Kombinasi tombol ini merupakan salah satu shortcut yang paling membantu. Sebagian pekerjaan kamu berada di folder yang terdapat di file explorer. Kamu tidak butuh menggerakkan mouse mu untuk mengklik ikon folder, cukup dengan tekan ikon windows dan huruf E pada keyboard maka file explorer akan terbuka

Windows Key+M

blogspot.com
blogspot.com

Tombol shortcut ini berguna saat kamu sedang bekerja secara multitasking. Multitasking berarti kamu bekerja dengan beberapa aplikasi yang dijalankan. Dengan menekan windows dan huruf M, semua aplikasi yang kamu jalankan akan terminimize sehingga hanya tersisa halaman depan windows. Untuk kembali membuka aplikasi cukup tekan Windows,Shift dan huruf M

Alt+Tab

wordpress.com
wordpress.com

Shortcut ini memudahkan kamu ketika ingin berpindah dari satu aplikasi ke aplikasi lain. Saat kamu sedang bekerja dengan beberapa aplikasi sekaligus, kamu harus berpindah ke aplikasi lainya kamu hanya butuh menekan tombol alt dan tab.

Alt+F4

sakeela.info
sakeela.info

Shortcut ini akan membantumu ketika kamu ingin menutup aplikasi yang sedang berjalan. Kamu tidak perlu susah susah mencari ikon close pada aplikasi yang sedang berjalan. Cukup dengan alt+F4, kamu sudah bisa menutup aplikasi yang sedang berjalan. Shortcut ini juga bisa digunakan untuk mematikan komputer atau restart komputer. Jika tidak ada aplikasi yang sedang berjalan maka secara otomatis shortcut ini akan memanggil tombol power off.

Shift + Delete

wikihow.com
wikihow.com

Jika kamu ingin menghapus file kamu tanpa perlu untuk memasukkanya ke tempat sampah(Recycle Bin) kamu cukup menekan tombol Shift + Delete. Kamu bisa menghemat kapasitas hardisk karena file akan terhapus tanpa ditampung dulu. Tapi kamu harus yakin apakah di masa mendatang masih membutuhkan file ini atau tidak, karena file yang telah terhapus tidak dapat dikembalikan lagi.

Ctrl + Drag

petri.com
petri.com

Banyak sekali cara untuk menggandakan file atau folder. Biasanya kita menggunakan Ctrl + C atau menggunakan tombol klik kanan kemudian pilih menu copy. Tapi kedua cara tesebut harus diakhiri dengan paste untuk meletakkan hasil penggandaan di folder tertentu. Dengan Ctrl + Drag (Menahan klik kiri sambil menggerakkan mouse) kamu bisa menggandakan file dengan mudah.

Ctrl + Z dan Ctrl + Y

bike198.com
bike198.com

Saat melakukan kesalahan dalam suatu pekerjaan kamu pasti ingin mengembalikan pekerjaan itu ke hasil sebelumnya. Istilah dari keadaan adalah undo, dengan shortcut ctrl + Z kamu dapat mengembalikan pekerjaan kamu ke keaddan sebelumnya (Undo). Untuk Redo (Memajukkan kembali ke pekerjaan saat ini) kamu bisa menggunakan shortcut ctrl + Y.

Ctrl+U, Ctrl+B, Ctrl+I

ytimg.com
ytimg.com

Saat melakukan pekerjaan dengan dokumen, kamu akan membutuhkan modifikasi text seperti garis bawah, text miring atau menebalkan text. Untuk memberikan garis bawah pada text (Underline) kamu cukup menekan shorcut Ctrl+U, untuk menebalkan text (Bold) gunakan shortcut ctrl + B . Untuk membuat teks menjadi miring (Italic) kamu cukup menggunakan tombol ctrl+i.

Tinggalkan komentar