Contoh Gambar Alat Musik Ritmis beserta Keterangannya

GAMBAR ALAT MUSIK RITMIS – Alat musik merupakan salah satu sumber utama dari suara musik yang sering kita dengar. Pada zaman sekarang musik merupakan hiburan yang cukup populer. Musik sendiri ada beberapa jenis, jenis musik biasanya tergantung pada instrumen musiknya atau alat musik. Ada 3 jenis alat musik yaitu harmonis, melodis, dan ritmis yang masing-masing memiliki bermacam-macam alat musiknya.

Pada artikel ini, kita akan membahas tentang alat musik ritmis, lebih tepatnya yaitu gambar alat musik ritmis beserta keterangannya. Alat musik ritmis merupakan suatu alat musik yang cara memainkannya cukup bervarian, seperti dipukul dan digesek. Untuk lebih jelasnya, mari kita lanjut baca dan lihat beberapa contoh gambar alat musik ritmis.

Contoh Gambar Alat Musik Ritmis beserta Keterangannya

Gambar alat musik ritmis
Sumber: slideshare.net

Banyak orang yang tidak tahu jenis alat musik ritmis, namun sebenarnya alat musik ritmis merupakan alat musik yang sangat sering kita jumpai. Dengan adanya artikel ini semoga banyak orang yang mengetahui jenis-jenis alat musik ritmis. Di bawah ini adalah contoh-contoh gambar alat musik ritmis dan keteranganya.

Drum

Drum..
Sumber: pinterest.com

Contoh alat musik ritmis yang pertama adalah drum, alat musik ritmis yang satu ini cara memainkannya dengan dipukul dengan alat pemukulnya yang bernama stick drum. Pada era modern seperti ini drum sangat sering kita jumpai di setiap ada pertunjukan musik seperti konser band, dangdut, dan drumband.

Alat musik ritmis yang satu ini terbuat dari bahan plastik yang direntangkan pada suatu benda yang berbentuk tabung. Untuk alat yang satu ini tentu sudah banyak yang mengenalnya.

Kendang

Kendang
Sumber: sakuilmu.com

Kendang adalah salah satu dari alat musik ritmis yang banyak kita jumpai di Pulau Jawa. Karena alat musik yang satu ini merupakan bagian dari musik gamelan jawa yang cukup populer terutama di Pulau Jawa.

Alat musik ritmis ini cara memainkannya dengan dipukul, bisa dipukul dengan stick maupun dengan tangan. Kebanyakan para pemain alat musik ini lebih suka memainkannya dengan tangan kosongan tanpa menggunakan stick atau alat pemukul.

Rebana

Rebana
Sumber: cara.pro

Rebana hampir mirip dengan kendang, jika dilihat dari segi bahan pembuat alat musik ini. Bahan untuk membuat alat musik ini yaitu menggunakan kulit dengan benda yang terbuat dari kayu dan berbentuk tabung bulat pipih.

Cara memainkannya yaitu dengan dipukul dengan telapak tangan, alat musik ini sering kita jumpai di acara musik religi seperti hadrohan/kasidah dan shalawatan. Selain itu, bisa kita jumpai juga alat musik ini di acara-acara adat, seperti tari adat dan sejenisnya.

Demikian beberapa contoh gambar alat musik ritmis yang sudah cukup populer namun banyak yang belum tahu bahwa alat musik tersebut termasuk ke dalam alat musik ritmis. Semoga artikel ini bisa menjadi sumber informasi yang bermanfaat.

Tinggalkan komentar