11 Gambar Bunga Anggrek yang Indah nan Cantik

Kita sudah tak asing lagi dengan bunga anggrek. Setidaknya kamu pernah melihat gambar bunga anggrek, bukan? Tapi tahukah kamu? Di dunia ini ada ribuan spesies bunga anggrek dan seperenamnya ada di Indonesia. Sehingga Indonesia dikenal sebagai megadiversity anggrek dunia. Jumlah tersebut sama dengan 5000-6000 spesies anggrek dapat ditemukan di negeri tercinta kita ini. Artinya negeri kita ini merupakan negara terbesar kedua yang memiliki tingkat keanekaragaman anggrek setelah Brasil. Dari ribuan spesies anggrek tersebut masing-masing memiliki keindahan dan keunikan yang begitu menawan. Namun saat ini sudah banyak spesies anggrek yang mulai langka. Untuk melindunginya pemerintah menetapkan beberapa anggrek masuk dalam daftar jenis bunga anggrek yang dilindungi.

 

Bunga Anggrek Bibir Berbulu

www.darkstarorchids.com.au
www.darkstarorchids.com.au

Anggrek bibir berbulu mempunya pesona kecantikan yang dapat memikat siapa saja yang melihatnya. Dalam bahasa Inggris bunga anggrek ini disebut Beautiful Coelogyne sedangkan dalam bahasa ilmiah Coelogyne speciosa.

Bunga Anggrek Bulan

wikipedia.org
wikipedia.org

Bunga Anggrek Bulan merupakan spesies anggrek khas Indonesia. Masyarakat dunia mengenalnya dengan nama Moon Orchid. Sedangkan nama ilmiah dari anggrek bulan ini yaitu Phalaenopsis amabilis.

Bunga Anggrek Hartinah atau Hartinah Cymbidium

wikipedia.org
wikipedia.org

Bunga Anggrek Hartinah atau dikenal juga Bunga Anggrek Tien Soeharto merupakan tanaman endemik yang hanya tumbuh di Indonesia dan ditemukan di Sumatera Utara tepatnya di Desa Baniara Tele Kecamatan Harian Kabupaten Samosir. Nama ilmiah dari Anggrek Hartinah yaitu Cymbidium hartinahianum.

Bunga Anggrek Hitam atau Black Orchid

www.mostbeautifulorchid.com
www.mostbeautifulorchid.com

Bunga Anggrek Hitam merupakan spesies anggrek yang hanya dapat tumbuh di Borneo atau Pulau Kalimantan. Namun saat ini habitat asli anggrek hitam semakin sedikit namun masih dapat ditemukan di cagar alam Kersik Luway. Nama ilmiah bunga anggrek hitam yaitu Coelogyne pandurata.

Bunga Anggrek Kantung Kolopaking

orchidenc.fc2web.com
orchidenc.fc2web.com

Anggrek Kantung Kolopaking termasuk spesies anggrek yang sangat langka. Anggrek jenis ini merupakan tanaman endemik Kalimantan Tengah yang hidup di bebatuan yang berlumut. Bunga Anggrek Kantung Kolopaking memiliki nama ilmiah Paphiopedilum kolopakingii.

Bunga Anggrek Kelip atau Violet Phalaenopsis

en.wikipedia.org
en.wikipedia.org

Bunga Anggrek terkenal dengan keindahannya tetapi tidak semuanya memiliki aroma yang harum. Namun Anggrek Kelip tidak hanya indah namun juga memiliki aroma yang harum. Nama ilmiah dari bunga anggrek kelip yaitu Phalaenopsis violacea.

Bunga Anggrek Larat atau Cooktown Orchid

www.orchidspecies.com
www.orchidspecies.com

Satu lagi bunga anggrek yang menjadi identitas Indonesia khususnya Maluku yaitu Anggrek Larat. Jenis anggrek ini berwarna ungu muda, putih dan kombinasi dari ungu muda dan putih. Anggrek Larat memiliki nama ilmiah Dendrobium bigibbum.

Bunga Anggrek Selop

en.wikipedia.org
en.wikipedia.org

Bunga Anggrek Selop atau biasa disebut juga Anggrek Kasut Berbulu memiliki nama ilmiah Paphiopedilum glaucophyllum.

Bunga Anggrek Serat

en.wikipedia.org
en.wikipedia.org

Anggrek serat juga merupakan tumbuhan endemik Indonesia. Jenis anggrek ini menjadi flora identitas Sulawesi Tenggara. Dalam bahasa lokal Sulawesi, anggrek serat disebut anemi, anomi atau alemi. Sedangkan nama ilmiahnya yaitu Diplocaulobium utile.

Bunga Anggrek Tebu atau Tiger Orchid

thenaturaltraveller.net
thenaturaltraveller.net

Anggrek tebu merupakan anggrek terbesar di dunia. Anggrek ini memiliki banyak nama diantaranya yaitu anggrek harimau, anggrek raksasa dan ratu anggrek. Anggrek tebu memiliki nama ilmiah Grammatophyllum speciosum.

Bunga Anggrek Callus Vanda

id.up-wallpaper.com
id.up-wallpaper.com

Anggrek Vanda bisa dibilang sebagai anggrek terindah dan tercantik. Selain itu anggrek vanda juga memiliki variasi warna yang sangat banyak. Dengan banyaknya variasi bentuk dan warnanya, anggrek vanda diklasifikasikan menjadi 40 spesies yang tersebar di beberapa negara termasuk Indonesia. Nama ilmiah dari anggrek vanda yaitu Vanda limbata.

Tinggalkan komentar