5 Gambar Pemandangan Gurun Terindah di Dunia

Gurun merupakan hamparan tanah yang jarang ditumbuhi dengan pepohonan. Keadaannya begitu gersang serta sunyi ditambah terik mentari yang menyengat. Mungkin itulah sekilas gambaran terhadap gurun.

Akan tetapi, perlu kamu ketahui juga, ternyata ada loh sisi lain dari gurun ini. Yakni, gurun yang memiliki pemandangan indah yang begitu menakjubkan. Banyak sekali hamparan gurun yang ada di bumi ini. Misalnya seperti Gurun Sahara, Gurun Namibia, Gurun Gobi, dan masih banyak yang lainnya.

Nah, pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang gurun-gurun yang memiliki pemandangan indah yang begitu menakjubkan. Yuk, simak ulasannya dengan seksama.

Gurun Sahara, Afrika

flickr.com

Gurun Sahara ini terdapat di benua Afrika. Gurun ini merupakan sebuah landscape tanah yang paling terkenal sepanjang. Sudah banyak sekali aktivitas-aktivitas yang dilakukan di tempat ini. Mulai dari pembuatan film, video klip lagu, dan masih banyak yang lainnya.

Gurun Sahara ini menempati gurun terluas kedua di dunia yang terbentang sepanjang Afrika Utara. Selain itu, gurun ini adalah gurun yang memiliki suhu terpanas dibandingkan dengan gurun yang lainnya.

Gurun Gobi

uniknya.com

Gurun Gobi terletak di benua Asia yang melintasi dua negara, yakni Cina dan Mongolia. Gurun Gobi juga merupakan gurun terbesar yang berada di Asia. Berbeda dengan Gurun Sahara yang memiliki suhu yang panas, Gurun Gobi ini memiiki suhu yang sangat dingin. Adapun keindahan gurun ini tercipta oleh bayangan dari Gunung Himalaya.

Selain itu, disepanjang jalan kamu akan melihat bangunan-bangunan serta kota penting. Konon katanya berbagai benda pra sejarah sering ditemukan di gurun ini, salah satunya seperti fosil tulang dinosaurus hingga telur dinosaurus. Hal inilah yang membuat gurun ini masuk ke dalam daftar gurun terindah di dunia.

Gurun Namibia

poshariini.blogspot.com

Gurun Namibia berada di Afrika Selatan. Gurun ini mungkin bisa dikatakan gurun yang sangat unik yang memiliki kehidupan unik pula. Banyak yang mengatakan gurun ini adalah gurun tertua di dunia yang sudah tercipta sejak 80 juta tahun yang lalu.

Di gurun ini kamu bisa menemukan berbagai satwa liar bahkan bangkai ikan paus juga bisa kamu temukan di sini. Selain itu, ada sekelompok orang yang mempercayai bahwa gurun ini menampung kehidupan sekelompok gajah yang sedang berkembang biak di wilayah gurun ini.

Gurun Salar de Uyuni, Bolivia

brothersoft.com

Gurun Salar terletak di Bolivia. Gurun ini merupakan gurun garam terbesar di dunia. Banyak hal mistis yang beredar terkait gurun ini.

Ada yang mengatakan bahwa gurun ini terbentuk ribuan tahun yang lalu yang awal mulanya berasal dari danau garam yang besar sekali. Akan tetapi danau ini kemudian berangsur kering sehingga sekarang yang tersisa tinggl dua danau kecil baru yang mengasilkan garam.

Ada suatu momen yang cukup menakutkan ketika berada di gurun ini, yakni saat terjadi efek cermin akibat dari pantulan matahari, sebab kamu tidak akan mengetahui arah yang harus kamu lalui selain kamu harus melihat bagian gurun yang bagaian cermin besar di sekitar kamu.

Gurun Atacama, Chili

yukpegi.com

Gurun Atacama terletak di Chili. Gurun ini memiliki karakterstik gurun yang sangat kering. Bayangkan saja, curah hujan di gurun ini hanya berkisar antara 0,0004 ini setiap tahunnya. Adapun luas gurun ini sekitar 41.000 mil dan terletak di ketinggian sekitar 8.000 kaki dpl.

Gurun ini merupakan salah satu tempat yang cocok untuk melakukan pemotretan angkasa atau memperhatikan rasi bintang di langit pada malam hari. Alasannya sendiri adalah di tempat ini sangat jarang sekali terjadi polusi udara serta langitnya pun sangat cerah.

Demikian sedikit infrormasi tentang gurun-gurun terindah di dunia. Semoga bermanfaat ya, sekian dan terima kasih.

Tinggalkan komentar