Gambar Kerangka Manusia, Tengkorak, Tubuh, dan Anggota Gerak

GAMBAR KERANGKA MANUSIA – Tulang memiliki sejumlah fungsi pening dalam kehidupan manusia. Selain untuk menegakkan tubuh, dan melindungi organ-organ vital tulang juga memiliki fungsi penting sebagai tempat untuk memproduksi sel-sel darah.

Tulang-tulang juga berfungsi sebagai penyusun kerangka manusia. Berdasarkan tempatnya kerangka manusia dapat dibagi menjadi tiga kelompok yaitu kerangka tengkorak, kerangka tubuh, dan kerangka anggota gerak. Agar lebih jelas perhatikan gambar kerangka manusia dibawah ini.

Gambar Kerangka Manusia Bagian Tengkorak

gambar kerangka manusia
Software Human 3D

Kerangka tengkorak manusia tersusun atas rangka bagian depan dan bagian belakang. Pada rangka bagian depan tersusun atas 1 tulang hidung, 2 tulang air mata, 1 tulang rahang atas dan bawah, 2 tulang pipi, 1 tulang langit-langit, dan 1 tulang lidah.

Sedangkan bagian belakang tengkorak tersusun dari tulang yang berfungsi melindungi otak. Tulang tengkorak sendiri terbagi menjadi tulang dahi, tulang pelipis, tulang ubun-ubun, tulang tapis, dan tulang baji. Tulang dahi, ubun-ubun, dan tengkorak belakang menjadi penutup tulang tengkorak bagian depan, tengah, dan belakang.

Gambar Kerangka Manusia Bagian Tubuh

gambar kerangka manusia
Software Human 3D

Kerangka tubuh atau kerangka badan tersusun dari tulang belakang, tulang rusuk, tulang dada, tulang panggul, dan tulang selangka.

Tulang belakang merupakan tulang yang tersusun atas 33 ruas, meliputi 7 ruas tulang leher (vertebra cervicalis), 12 ruas tulang punggung (vertebra dorsalis), 5 ruas tulang pinggang (vertebralumbalis), 5 ruas tulang kelangkang (os sacrum), dan 4 tulang ekor (ecogius).

Tulang rusuk merupakan tulang yang menyatu dengan tulang dada pada bagian depan dan menyatu dengan tulang belakang pada bagian belakang. Tulang-tulang tersebut membentuk rongga yang berfungsi melindungi organ vital seperti jantung dan paru-paru.

Selain itu juga ada tulang gelang bahu yang tersusun atas sepasang tulang selangka dan sepasang tulang belikat. Terdapat juga tulang panggul yang merupakan kerangka tubuh bagian bawah yang berhubungan dengan kerangka anggota gerak bagian bawah.

Gambar Kerangka Manusia Bagian Anggota Gerak

gambar kerangka manusia
Software Human 3D
gambar kerangka manusia
Software Human 3D

Bagian kerangka manusia yang termasuk anggota gerak adalah sepasang tulang tangan (anggota gerak atas) dan sepasang tulang kaki (anggota gerak bawah).

Itulah tadi gambar kerangka manusia yang akan mempermudah Anda dalam memahami struktur kerangka manusia secara utuh dan menyeluruh. Salam.

Tinggalkan komentar