Pengertian dan Contoh Gambar Norma Agama

GAMBAR NORMA AGAMA – norma agama adalah sekumpulan aturan ataupun petunjuk hidup yang berasal langsung dari Tuhan berdasarkan ajaran dari suatu agama. Norma agama membuat setiap orang untuk lebih taat dalam beragama.

Di dalam Norma agama, menaati semua yang diperintahkan dan dilarang agama merupakan sebuah keharusan yang bersifat mutlak dan tidak bisa ditawar-tawar atau diubah.

Norma agama juga dianggap sebagai norma yang paling tinggi nilainya. Karena tidak hanya mengatur hubungan antar manusia, norma agama juga mengatur hubungan antara manusia dan Tuhan Yang Maha Esa dan juga hubungan manusia dengan makhluk ciptaan Tuhan yang lainnya.

Karena itulah, kenapa norma ini harus dijadikan sebagai dasar berpikir, berbuat, dan berprilaku agar terciptanya kehidupan yang selaras dan serasi.

Pelanggaran terhadap norma agama ini ialah sanksi berupa dosa. Dengan melamggar norma agama berarti juga melanggar perintah serta larangan dari Tuhan. Tentunya sanksi yang diberikan tidak serta merta dapat dirasakan si pelanggar melainkan akan mendapat hukuman dari Tuhan di akhirat nanti.

Contoh Gambar Norma Agama

Berikut ini Contoh gambar norma agama yang bisa kita terpakan dalam kehidupan sehari-hari dapat:

Menunaikan Ibadah Dengan Sebaik-Baiknya

Gambar Norma Agama
kompasiana.com

Bagi mereka yang beragama wajib hukumnya untuk untuk menunaikan ibadahnya sesuai dengan ajaran agama yang dianutnya. Seperti halnya umat muslim dengan ibadah sholatnya.

Rajin Bersedakah / Memberikan Bantuan Kepada Orang Yang Membutuhkan

Gambar Norma Agama
Budhie.com

Saling tolong menolong merupakan salah satu contoh norma agama. Semua agama tentunya mengajarkan untuk saling mengasihani dan saling membantu kepada sesama manusia. Orang yang berbagi kepada sesama tentunya akan mendapat ganjaran berupa pahala dari Tuhan YME.

Tidak Boleh Mencuri, Merampok, Membunuh Sesama Manusia

Gambar Norma Agama
www.tribunnews.com

Semua agama mengajarkan tidak untuk mencuri, merampok, ataupun membunuh sesama manusia. Perbuatan-perbuatan seperti inilah yang dapat menjadi dosa besar dan kelak diakhirat nanti mendapatkan siksa bagi pelakunya.

Menjauhi Miras, Narkoba, Dan Barang Memabukkan Lainnya

Gambar Norma Agama
iglobalnews.co.id

Kenapa miras dan hal yang memabukan lainnya dilarang dalam sebuah agama. Karena Miras dan narkoba merupakan barang yang bisa menghilangkan kesadaran manusia. Tentunya jika kesadaran hilang, maka akan berimbas pada sebuah kejelakan/kejahatan. ini pastinya merupakan sesuatu yang bertentangan dengan cita-cita tentram dan damai yang selalu didambakan manusia. Karena itulah, agama sangat keras melarangnya.

Tinggalkan komentar