Inilah Gambar Planet Dalam Tata Surya yang Diabadikan Oleh NASA

GAMBAR PLANET – Tata surya merupakan kumpulan benda langit yang terdiri dari bintang, planet serta benda-benda angkasa lainnya yang berporos pada matahari. Planet yang berputar mengelilingi matahari yang teridentifikasi ada 9 planet yaitu Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Yupiter, Saturnus, Uranus, Neptunus dan yang jauh adalah Pluto.

Di planet bumi ini sudah biasa melihat berbagai foto yang menggambarkan keindahan bumi. Tetapi apakah kamu sudah pernah melihat penampakan gambar planet selain bumi? NASA sebagai lembaga antariksa yang paling maju saat ini memiliki beberapa gambar-gambar menarik dari luar angkasa.

Dengan teknologi pesawat luar angkasa yang mereka punyai berhasil mengambil gambar planet dan susunan astronomi Tata Surya. Mau tahu seperti apa gambar-gambar planet yang berhasil diabadikan oleh NASA? Langsung aja lihat gambar-gambar di bawah ini.

 

Gambar Planet Venus

Foto Planet Venus
gsfc.nasa.gov
Foto Planet Venus
gsfc.nasa.gov
Planet Venus
gsfc.nasa.gov

Planet Venus memiliki ukuran yang mirip dengan Bumi yaitu (0,815 massa bumi). Planet ini juga memiliki kemiripan dengan planet Bumi yakni memiliki selimut kecil, silikat yang tebal dan inti besi. Tetapi planet ini memiliki kondisi yang kering daripada selain itu atmosfer di planet Venus 9 kali lebih padat dari Bumi.

Planet Venus merupakan planet terpanas dengan suhu mencapai 400 derajat celcius, hal ini kemungkinan disebabkan oleh jumlah gas rumah kaca yang terkandung di dalam atmosfer.

Gambar Planet Mars

Gambar Planet Mars
gsfc.nasa.gov
Foto Planet Mars
gsfc.nasa.gov

Ada beberapa fakta Planet Mars  yaitu memiliki atmosfer yang tipis dan mengandung banyak karbondioksida. Permukaan Planet Mars dipenuhi oleh gunung berapi raksasa seperti Olympus Mons. Warna merah planet ini berasal dari warna karat tanahnya yang kaya akan besi. Mars memiliki 2 satelit kecil yaitu Deimos dan Phobos.

Gambar Planet Pluto

Foto Planet Pluto
gsfc.nasa.gov
Gambar Planet Pluto Charon
gsfc.nasa.gov

Pluto merupakan sebuah planet kecil dan berada paling jauh dari Matahari dibandingkan dengan planet lainnya. Planet kecil ini ditemukan pada tahun 1930 dan dianggap sebagai planet kesembilan dalam susunan gambar tata surya.

Planet Pluto memiliki kemiringan orbit cukup unik yaitu 17 derajat dari bidang ekliptika dan berjarak 29,7 SA dari Matahari.

Foto Planet Yupiter

Foto Planet Jumpiter
gsfc.nasa.gov
Gambar Planet Jupiter
gsfc.nasa.gov

Yuipiter merupakan planet terbesar dibandingkan dengan planet lain yang ada di Tata Surya. Planet ini memiliki ukuran 318 kali massa Bumi, sungguh ukuran yang fantastis bukan? Sampai sejauh ini planet ini diketahui mempunyai 63 satelit. Empat satelit terbesarnya adalah Ganymede, Callisto, Io, dan Europa. Satelit Planet Yupiter merupakan satelit terbesar di Tata Surya, Karena memiliki ukuran lebih besar dari Merkurius.

Gambar Planet Saturnus

Gambar Planet Saturnus
gsfc.nasa.gov
Foto Planet Saturnus
gsfc.nasa.gov

Sartunus merupakan planet yang unik dimana planet ini memiliki sistem cincin yang sama dengan Planet Yupiter. Meskipun ukuran Saturnus hanya 60% dari ukuran Yupiter, planet ini planet ini hanya seberat kurang dari sepertiga Yupiter atau 95 kali massa bumi.

Hal inilah yang membuat planet ini menjadi planet yang memiliki tingkat kepadatan paling kecil. Saturnus mempunyai 60 stelit yang sampai saat ini diketahui cuma ada 2 yaitu Titan dan Enceladus.

Planet Neptunus

Gambar Planet Neptunus
gsfc.nasa.gov
Planet Neptunus
gsfc.nasa.gov

Meskipun planet ini memiliki ukuran lebih kecil dari Uranus, planet ini memiliki ukuran sekitar 17 kali massa Bumi. Planet Neptunus memancarkan panas dari dalam tetapi tidak sebanyak planet lainnya. Satelit yang dimiliki oleh Planet Neptunus berjumlah 13, yang paling besar adalah Triton.

Planet Uranus

Gambar Planet Uranus
gsfc.nasa.gov

Uranus memiliki ukuran sekitar 14 kali massa bumi, planet ini merupakan planet dengan kepadatan paling ringan dibandingkan dengan planet lainnya. Uranus memiliki inti yang sangat dingin dan hanya memancarkan sedikit energi panas. Uranus mempunyai 27 satelit, saat ini yang diketahui adalah Titania, Oberan, Umbriel, Ariel dan Miranda.

Tinggalkan komentar