Gambar Rantai Makanan, Tingkat Trofik dan Piramida Ekologi

GAMBAR RANTAI MAKANAN – Rantai makanan merupakan serangkaian peristiwa makan dan dimakan antara makhluk hidup dengan urutan tertentu. Di dalam rantai makanan terdapat makhluk hidup yang berperan sebagai konsumen dan produsen.

  • Produsen
    Produsen merupakan makhluk hidup yang mampu membuat/memproduksi makanannya sendiri. Misalnya tumbuhan hijau.
  • Konsumen
    Konsumen merupakan makhluk hidup yang tidak mampu membuat/memproduksi makanannya sendiri, membutuhkan makhluk hidup lain sebagai sumber makanannya. Makhluk hidup yang tergolong konsumen adalah hewan dan manusia.

Pihak yang berada di posisi konsumen akan mendapatkan asupan makanan langsung dari produsen dinamakan konsumen I (konsumen tingkat satu). Konsumen yang mendapatkan asupan makanannya dari konsumen tingkat satu disebut konsumen II (konsumen tingkat dua), dan begitu juga seterusnya.

Gambar Rantai Makanan dan Pembagiannya

Gambar rantai makanan
nasriaika1125.wordpress.com

1. Rantai Pemangsa

Tingkatan rantai pemangsa diawali oleh hewan pemakan tumbuhan (herbivora) yang berperan sebagai konsumen I, kemudian berlanjut pada hewan pemakan daging (karnivora) yang memakan herbivora sebagai konsumen dua, dan akan berakhir di hewan yang memangsa karnivora ataupun herbivora yang berada di posisi konsumen III.

2. Rantai Parasit

Rantai parasit dimulai dari organisme besar hingga organisme yang hidup sebagai parasit. Contoh organisme yang hidup sebagai parasit antara lain cacing, bakteri, dan benalu.

3. Rantai Saprofit

Rantai saprofit dimulai dari organisme mati ke jasad pengurai, misalnya jamur dan bakteri.

Gambar Rantai Makanan dan Tingkat Trofik

Gambar piramida makanan
softilmu.com

Organisme yang terdapat dan terlibat pada kelompok ekologis pada rantai makanan digolongkan dalam tingkat-tingkat trofik. Tingkat trofik tersusun  dari seluruh organisme pada rantai makanan yang bernomor sama dalam tingkat memakan.

Sumber asal energi adalah matahari. Tumbuhan yang menghasilkan zat makanan melalui proses fotosintesis hanya memakai energi matahari dan CO2 dari udara. Oleh karena itu, tumbuhan tersebut digolongkan dalam tingkat trofik pertama.

Hewan herbivora atau organisme yang memakan tumbuhan termasuk anggota tingkat trofik II. Karnivora yang secara langsung memakan herbivora termasuk tingkat trofik ketiga, sedangkan karnivora yang memakan karnivora di tingkat trofik tiga termasuk dalam anggota tingkat trofik keempat.

Piramida Ekologi

Piramida ekologi
hutanrawagambut6abiologiuir.blogspot.co.id

Struktur trofik di ekosistem bisa digambarkan pada bentuk piramida ekologi. Berikut penjelasan ringkasnya.

1. Piramida jumlah

Piramida jumlah adalah piramida ekologi yang disusun berdasarkan jumlah organisme pada setiap tingkat trofik.

2. Piramida Biomassa

Piramida biomassa bertujuan untuk memberikan gambaran perpaduan massa semua organisme pada suatu habitat dan bisa diukur dalam ukuran gram.

3. Piramida Energi

Piramida energi adalah piramida ekologi yang dibuat atas dasar hasil observasi yang telah dilakukan pada rentang waktu yang cukup lama. Piramida energi bisa memberikan penjelasan paling akurat mengenai aliran energi pada suatu ekosistem.

Dalam piramida energi terdapat penurunan beberapa energi berturut-turut dan tersedia di semua tingkat trofik. Menurunnya kuantits energi di setiap trofik terjadi diakibatkan oleh beberapa hal berikut di bawah ini.

  • Hanya sejumlah tertentu makanan yang berhasil ditangkap serta dimakan oleh tingkat trofik setelahnya.
  • Makanan yang dimakan di antaranya tidak mampu dicernakan maupun dikeluarkan berupa sampah.
  • Makanan yang dicerna hanya sebagian yang menjadi bagian dari tubuh makhluk hidup, sementara sisanya dipakai sebagai sumber energi.

Nah, itulah gambar rantai makanan, tingkat tropik dan piramida ekologi. Semoga menambah wawasan kita.

Tinggalkan komentar