9 Gambar Sapi dari Berbagai Negara

Sapi adalah salah satu jenis hewan memamah biak yang kerap dijadikan hewan peliharaan baik untuk bisnis peternakan skala besar maupun kebutuhan biasa. Selama ini  mungkin kamu mengenal sapi, ya sapi, hanya ada satu jenisnya. Padahal ternyata ada banyak sekali jenis sapi yang ada di dunia.

Nah, kali ini kita ingin share ke kamu gambar berbagai jenis sapi dari berbagai negara. Bentuk, warna dan ukuran sapi-sapi ini macam-macam dan unik-unik. Selain menampilkan gambar, kita juga memberikan sedikit penjelasan mengenai sapi tersebut.

Jika ada gambar atau jenis sapi yang menurut kamu unik, jangan lupa tinggalkan komentar ya. Jangan lupa juga share konten ini ke teman-teman kamu, mugkin akan bermanfaat buat mereka.

Sekarang yuk kita lihat gambar-gambarnya dan kita pelajari jenis sapinya.

🙂

 

Sapi Afrikaner

afrikanerbees.com
afrikanerbees.com

Nama sapi di atas adalah sapi afrikaner atau lebih dikenal dengan afrikaner cattle. Sapi afrikaner berasal dari Afrika Selatan dan cukup populer di sana. Di Afrika Selatan, sapi ini dikenal juga dengan nama afrikanerbees.

Sapi afrikaner umumnya berwarna cokelat kemerahan dengan tanduk yang memanjang ke arah samping, bukan menjulang ke atas. Sapi ini biasa dijadikan hewan ternak penghasil daging dan susu. Beberapa orang juga menjadikan hewan ini sebagai alat tranportasi lokal.

Sapi Amrith Mahal

worldcowgirl.wordpress.com
worldcowgirl.wordpress.com

Ada yang menyebut Amrith Mahal, ada juga yang menyebut Amrit Mahal tanpa huruf “h”. Beda-beda tipis lah. Nama lain dari amrith mahal adalah benne chavadi. Sapi ini berasal dari Karnataka, India. Ciri khas dari Amrith Mahal adalah tanduknya yang sangat panjang dan meruncing simetris. Karena orang India “mengharamkan” makan sapi, maka sapi ini biasanya hanya dijadikan sebagai moda transportasi.

Sapi Ankole-Watusi

fineartamerica.com
fineartamerica.com

Sapi Ankole-Watusi adalah jenis sapi yang berasal dari daerah Afrika . Ciri yang paling menonjol dari Ankole-Watusi adalah tanduknya yang besar, panjang menjulang dan membentuk huruf U. Panjang tanduknya bahkan bisa mencapai 2,4 meter lho. Dari gambar di atas kamu tentu bisa membedakan jenis tanduk sapi Ankole-Watusi dengan tanduk jenis sapi yang lain.

Sapi Blue Grey

wikipedia.org
wikipedia.org

Blue Grey adalah salah satu jenis sapi yang cukup poluler di daerah Skotlandia dan Inggris Utara. Seperti namanya, warna sapi ini memang abu-abu kebiruan. namun warna bulunya tidak merata, kadang juga ada bagian bulu yang berwarna putih acak. Yang menarik dari jenis sapi ini adalah tanduknya yang pendek bahkan hampir tidak ada sehingga kerap disebut jenis shorthorn atau bertanduk pendek.

Sapi Carinthian Blondvieh

geolocation.ws

Sapi carinthian blondvieh berasal dari Autria. Ciri utama dari sapi ini adalah warnanya yang putih atau kuning pucat. Bulu, mulut, kuku hingga tanduk semuanya berwarna putih atau kucing pucat. Sapi carinthian blondvieh berukuran besar, bahkan ada yang mempunyai berat hingga 850 kg. Sapi ini biasanya dijadikan sebagai sapi penghasil susu, daging atau alat transportasi.

Sapi Dexter

dextercattleforsale.co.uk

Ini termasuk jenis sapi yang cukup unik menurut kita. Sapi yanng berasal dari Irlandia ini memiliki ukruan tubuh yang mini. Sebenarnya tidak kecil juga, cuma karena kakinya yang pendek, sapi dexter terlihat kecil. Biasanya tinggi sapi ini hanya sepinggang orang dewasa atau lebih rendah. Namanya sangar tapi bentuknya imut begitu ya, hehe.

Sapi Dutch Belted

wikihow.com
wikihow.com

Namanya memang Dutch Belted, tapi sapi ini bukan dari Belanda melainkan dari Swiss dan Austria. Dutch belted secara sederhana bisa diartikan sebagai tali pinggang Belanda. Kemungkinan penamaan ini karena ciri khas sapi ini yang berbulu putih melingkar di bagian tengah badannya. Selain berwarna utama cokelat seperti gambar di atas, sapi jenis ini juga ada yang memiliki warna utama hitam.

Sapi Norwegian Red

dairyxbred.wordpress.com
dairyxbred.wordpress.com

Seperti namanya, sapi ini berasal dari Norwegia. Bulu sapi ini umumnya cokelat kemerahan dengan warna putih belang-belang. Namun ada juga yang berwan hitam dengam belang putih. Ciri menarik lain dari sapi ini adalah di ujung ekor tumbuh bulu yang lebih panjang dan lebat.

Gaur

toehold.in

Gaur adalah hewan berukuran besar yang hidup di Asia Tenggara dan Asia Selatan. Bentuknya meyerupai bison. Gaur sendiri masuk dalam keluarga sapi. Nama lain dari gaur adalah Indian bison. Di Malaysia, gaur dikenal dengan nama seladang sementara di Burma dikenal dengan nama Pyoung.

Tinggalkan komentar