Jenis Organel Sel Tumbuhan Lengkap dengan Fungsinya

Gambar Sel Tumbuhan – Sel tumbuhan umumnya terbagi menjadi 4 macam organel sel. Ada organel sel tumbuhan nukleus atau inti sel, plastida (kloroplas), ribosom, dan organel sel tumbuhan mitokondria.

Jenis-jenis organel sel tumbuhan tersebut mempunyai fungsi yang berbeda-beda. Berikut ini beberapa penjelasan tentang jenis organel sel tumbuhan, fungsi, dan dilengkapi dengan gambar sel tumbuhan.

Organel Sel Tumbuhan dan Fungsinya

biology-forums.com

Organel sel tumbuhan pertama bernama mitokondria. Organel ini mempunyai membran rangkap yaitu membran luar dan membran dalam. Jenis mitokondria bermanfaat memecah karbohidrat kompleks dan juga gula. Mitokondria juga berfungsi sebagai tempat radiasi aerop saat pembentukan ATP untuk sumber energi.

Selanjutnya ada ribosom dengan struktur padan dan ukuran yang kecil yang terletak di dalam sel mempunyai fungsi untuk tempat sintesis protein. Mempunyai kandungan protein sebanyak 40% dan RNA atau asam ribonukleat sebanyak 60%. Ribosom mempunyai 2 jenis yaitu ribosom bebas dan ribosom terikat.

Organel sel tumbuhan ke-3 ada kloroplas atau plastida. Ini merupakan bagian sel dai tumbuhan yang bertugas membawa pigmen klorofil. Plastida sangat membantu tumbuhan dalam menjalankan proses fotosintesis agar dapat berjalan dengan baik.

Organel selanjutnya adalah inti sel atau nukleus. Organel sel ini merupakan pusat dari penyimpanan materi genetik tumbuhan atau kromosom. Fungsi utama inti sel atau nukleus adalah menjadi pengkoordinir proses metabolisme seperti proses pertumbuhan sel.

Gambar Sel Tumbuhan

id.wikipedia.org

Peroksisom adalah salah satu jenis organel sel tumbuhan. Fungsi utama dari peroksisom adalah memecahkan asam lemak sehingga menjadi gula dan dapat membantu kloroplas ketika proses fotorespirasi.

Selanjutnya ada vakuola yang merupakan organel sel tumbuhan yang berfungsi membantu proses pengaturan tekanan turgor pada sel tumbuhan. Selain itu, vakuola juga dapat membantu proses intraseluler molekul kompleks dan juga eksresi limbah.

Retikulum endolasma merupakan organel sel tumbuhan yang menjadi penghubung sitoplasma dan nukleus. Retikulum indoplasma ini mempunyai 2 jenis yaitu retikulum indoplasma halus dan kasar.

Kompleks golgi atau badan golgi merupakan kantung pipih yang karakteristiknya tersusun, bertumpuk, dan juga terikat oleh membran yang ukurannya besar dan kecil. Fungsi utama dari badan golgi adalah mengangkut berbagai zat kimia ke dalam dan ke luar sel setelah setelah proses protein lemak dan protein di sintesis oleh retikulum indoplasma.

Tinggalkan komentar