10 Tips untuk Orang-Orang yang Mengalami Gangguan Pendengaran Ringan

Gangguan pendengaran bukan hanya terjadi pada orang yang benar-benar tuli. Masalah pada telinga ini bisa sangat beragam. Di Amerika Serikat, ada 37,5 juta orang dewasa yang mengalami masalah pendengaran.

Untungnya bagi orang-orang yang mengalami masalah gangguan pendengaran yang kecil, ada beberapa tips untuk memperbaiki masalah.

Gunakan telinga kananmu untuk mendengarkan pidato/ceramah

littlethings.com
littlethings.com

Dalam kondisi ideal, kamu akan menggunakan kedua telingamu untuk bisa mendengarkan secara maksimal. Namun kalau lingkungan sekitarmu terlalu berisik, atau kamu perlu mendekat untuk mendengar lebih baik, ternyata telinga mana yang kamu gunakan itu penting.

Kalau kamu mencoba mendengar orang yang sedang berbicara, mendekatlah dengan telinga kananmu. Telinga kanan bisa membantumu mendengar orang yang sedang berbicara dengan lebih baik.

Gunakan telinga kirimu untuk mendengarkan musik

littlethings.com
littlethings.com

Gunakan telinga kirimu untuk mendengarkan musik. Ini sangat membantu untuk menghilangkan kebisingan dan membuatmu fokus pada melodi yang ingin kamu dengar.

Latih pendengaranmu

littlethings.com
littlethings.com

Ada beberapa latihan yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan kualitas  pendengaranmu.

Latihan 1: tutup matamu dan latihan fokus pada suara yang paling jauh. Lalu alihkan perhatianmu, satu per satu, pada tiap suara lain yang kamu dengar.

Latihan 2: latihan bercakap-cakap dengan sesedikit mungkin suara bising. Nyalakan radio dan lakukan percakapan dengan seseorang. Fokuskan dirimu pada percakapan dan matikan musiknya.

Latihan 3: tutup matamu dan minta temanmu berpindah di dalam ruangan. Setiap 10 detik  sekali ia tepuk tangan. Cobalah tentukan dia sedanga berada di mana dan berada seberapa jauh darimu.

Berbicara tatap muka

littlethings.com
littlethings.com

UCSF Medical Center menuturkan bahwa berbicara saling berhadapan akan meningkatkan percakapan yang bisa kamu dengar.

Berhenti dan berpikir

littlethings.com
littlethings.com

Kalau kamu mengalami gangguan pendengaran, kamu akan terbiasa bilang, “Apa?” tiap kali suara tidak begitu jelas. Namun, para pakar sebenarnya menyarankan untuk berhenti sejenak dan berpikir sebelum merespon.

Kalau kamu berhenti sejenak, otakmu  akan mampu mengisi kekosongan dan menangkap petunjuk yang ada.

Bersihkan telingamu

littlethings.com
littlethings.com

Kamu bisa mengalami gangguan pendengaran sampai 40 desibel jika kotoran telinga menghalangi lubang telingamu. Di Amerika, 1 dari 20 orang mengalami gangguan pendengaran karena masalah kotoran telinga.

Kalau kamu punya masalah kesulitan membersihkan telinga, tidak ada salahnya berkonsultasi dengan dokter THT.

Unduh aplikasi

littlethings.com
littlethings.com

Ada beberapa aplikasi yang bisa membantumu mengecek gangguan pendengaranmu. Begitu kamu mengeceknya dengan aplikasi ini, kamu bisa tahu apakah pendengaranmu itu baik atau sedang memburuk. Kamu juga bisa menentukan perlu tidaknya ke dokter.

Ada beberapa aplikasi yang bagus seperti Sound √ dan uHear. Ada juga aplikasi yang bisa meningkatkan speaker, membuatmu lebih mudah mendengar suara telepon.

Bersender di dinding

pendengaran 8
Kalau memungkinkan dalam setiap pembicaraan, duduk bersender ke dinding. Ini akan sangat membantu kalau kamu berada di restoran yang penuh dan berisik.

Dinding di belakangmu akan mencegah kebisingan mengganggu langsung dari belakangmu. Dinding itu akan membantumu fokus ke orang yang berbicara di depanmu.

Rutin bersosialisasi

littlethings.com
littlethings.com

Salah satu efek samping tidak menyenangkan dari gangguan pendengaran adalah terkadang membuatmu ingin antisosial. Namun hal ini bisa memperparah situasi.

Kamu perlu tetap bersosialisasi, walau hanya berbicara empat mata saja. Latihan mendengar lewat berada di sekitar orang lain akan membuat pikiranmu tetap tajam dan otot pendengaranmu tetap terlatih.

Gunakan speakerphone

littlethings.com
littlethings.com

Menjawab telepon dengan speakerphone atau headphone akan membuatmu mendengar lebih baik. Dengan cara ini, kamu akan bisa mendengar dengan kedua telingamu, bukan hanya sebelah saja.

Tinggalkan komentar