Pengertian GDP Beserta Cara Menghitungnya

GDP ADALAH – Produk Domestik Bruto (PDB) atau Gross Domestic Product (GDP). Selama ini sudah diyakini sebagai suatu indikator penting untuk mengukur kondisi perekonomian suatu negara.

Menurut forex trading, GDP adalah suatu data ekonomi yang penting (big figure) untuk selalu diperhatikan oleh para trader untuk menganalisa potensi arah dari pergerakan pasar selanjutnya.

Berikut ini adalah pengertian GDP dan cara menghitung GDP secara singkat dan jelas:

Pengertian GDP

Gdp Adalah
ngaturduit.com

GDP adalah representasi dari nilai total suatu penjualan barang atau jasa yang akan diproduksi dalam jangka waktu tertentu. Singkatnya, GDP merupakan semua hal yang akan dihasilkan oleh suatu masyarakat dan bisnis, hal ini juga termasuk gaji buruh.

Data GDP juga termasuk cara untuk mengenal sektor dari perekonomian mana saja yang sedang mengalami penurunan atau pertumbuhan.

Di Negara Amerika Serikat, angka dari GDP ini akan dihitung dan diumumkan setiap 3 bulan sekali oleh Bureau of Economic Analysis.

Umumnya, data GDP yang disebarkan dibandingkan dengan 3 bulan atau setahun sebelumnya. Contohnya jika GDP pada bulan ke 4 – 6 naik tiga persen. Maka, perekonomian dari negara tersebut sudah mengalami kenaikan sebesar tiga persen.

Bagaimana GDP Dihitung

Gdp Adalah

Menghitung GDP sebenarnya cukup rumit, tapi secara gampang perhitungannya dapat dilakukan dengan satu di sampai dua cara. Dapat dengan mengkalkulasikan semua pendapatan masyarakat selama setahun. Atau juga dengan mengkalkulasikan semua pengeluaran masyarakat.

Metode perhitungan yang memakai parameter pendapatan diperoleh dengan cara mengkalkulasikan pendapatan semua buruh, untung perusahaan, pemasukan hak cipta, pemasukan sewa dan pemasukan bunga bersih.

Sedangkan untuk metode dengan cara pendekatan pengeluaran bisa dihitung dengan mengkalkulasikan konsumsi total, belanja negara, investasi dan ekspor bersih.

GDP nominal yang tidak mengkalkulasikan inflasi sebaliknya,  GDP riil mengkalkulasikan inflasi. Inilah perbedaan penting penyebab beberapa dari laporan GDP terkena revisi.

Itulah penjelasan singkat dari pengertian GDP dan cara menghitungnya. Semoga Anda bisa memahami GDP sebagai salah satu dari data ekonomi yang bisa berpengaruh pada pergerakan pasar suatu negara. Terima kasih.

Tinggalkan komentar