7 Gedung Pencakar Langit Tertinggi di Dunia

Gedung pencakar langit kini bukanlah menjadi sesuatu yang spektakuler bagi seluruh manusia modern. Kemajuan teknologi yang diiringi dengan ketatnya persaingan seolah melahirkan manusia-manusia berpotensi cerdas dan terampil.

Dan, tentu saja hal tersebut juga akan mendorong mereka dalam menghasilkan kreasi yang awalnya hanya berada dalam imajinasi kemudian menjadi realita. Seperti membuat gedung-gedung tertinggi misalnya.

Dewasa ini, beberapa negara maju di seluruh dunia mulai berlomba-lomba membangun gedung tertinggi mereka.

Terlepas dari tujuan mereka untuk menjadi potensi daya tarik wisata, gedung-gedung ini nantinya bisa menjadi sebuah ikon dari negara tersebut.

Berikut ini beberapa bangunan tertinggi di dunia yang sudah dirangkum dibawah ini.

 

Guangzhou International Finance Center

Guangzhou International Finance Center
kaskus.co.id

Dikenal pula dengan sebutan lain Guangzhou West Tower, bagunan ini memiliki ketinggian hingga mencapai 440 meter. Pembangunannya baru selesai pada tahun 2008 yang mana termasuk dalam bagian Guangzhou Twin Towers.

Wilkinson Eyre, merupakan seorang arsitek dari pembuatan gedung tertinggi di Guangzhou, Tiongkok ini. Saat ini, Guangzhou International Finance Center digunakan sebagai pusat konferensi, gedung perkantoran dan lingkungan perhotelan.

Willis Tower

Willis Tower
youtube.com

Berlokasi di Chicago, Amerika Serikat, Willis masuk dalam jajaran gedung tertinggi karena bagunannya yang mencapai ketinggian 442 meter. Lebih tinggi sedikit dari Guangzhou International Finance Center.

Di Amerika sendiri, gedung ini menjadi bangunan tertinggi kedua. Oleh karena itu. tak jarang setiap tahunnya para wisatawan berkunjung ke tempat ini karena merupakan salah satu destinasi wisata paling terkenal di Chicago.

Sebelum dikenal dengan sebutan Willis Tower, gedung ini dulunya dinamakan Sears Tower. Kemudian nama itu berubah tatkala Willis Group menjadi bagian sewa pada sebagian ruang menara di tahun 2009.

Zifeng Tower

Zifeng Tower
justgoodvibe.com

Pembangunan proyek besar dari gedung ini bermula di tahun 2005. Lalu selesai dan dibuka secara resmi di 5 tahun kemudian yakni 2010. Gedung yang dikenal dengan nama Greenland Center ini memiliki ketinggian 450 meter.

Adrian Smith merupakan seorang perancang dalam Gedung Zifeng Tower. Ia bekerja dibawah naungan perusahaan arsitektur Owings, Merril dan Skidmore.

Zifeng Tower terbagi menjadi beberapa unit tempat, yakni restoran, hotel dan observatori publik.

Petronas Tower

Petronas Tower
manversusworld.com

Tak jauh dari negara kita, Petronas Tower merupakan salah satu gedung pancakar langit kembar yang dibangun pada tahun 1998 sampai 2005. Hingga saat ini, gedung tersebut menjadi ikon bagi negara Malaysia.

Petronas Tower dirancang oleh Cesar Prelli, seorang arsitektur asal Argentina, Amerika Utara. Tepat pada 1 Januari 1992 mereka mulai merencanakan pembangunan gedung Petronas Tower ini dengan melalukan berbagai uji dan simulasi ketahanan angin.

Taipei 101

Taipei 101
taipei-101.com.tw

Taipei World Financial Center merupakan nama sebutan awal dari gedung Taipei 101. Bangunan ini resmi terklarifikasi sejak tahun 2004 sebagai salah satu gedung tertinggi di dunia.

Tak hanya itu, bangunan yang terletak di Xinyi District, Taipei, Tiongkok ini juga memperoleh penghargan LEED (Leadership in Energy and Enviromental Design) Platinum Certification.

Taipei 101 dirancang oleh C.Y. Lee beserta kru-nya yang dibangun oleh KTRT Joint Venture. Bisa dibilang jika pembangunan gedung 509 meter ini memakan waktu yang cukup lama, yakni bermula di tahun 1999 dan selesai pada 2004.

One World Trade Center

One World Trade Center
time.com

Pada hakikatnya, gedung One WTC mengacu pada bangunan utamanya, yakni kompleks World Trade Center terbaru yang berlokasi di Lower Manhattan, New York.

David Childs merupakan salah seorang perancang dalam gedung One WTC. Ia juga merupakan pemilik perusahaan Merril, Skidmore dan Owings.

Bangunan ini memiliki ketinggian hingga mencapai 541 meter dengan lantai gedung puncak setinggi 417 meter diatas permukaan tanah.

Burj Khalifa

Burj Khalifa
som.com

Dulunya, Burj Khalifa dijuluki dengan sebutan Burj Dubai. Burj Khalifa menjadi gedung pencakar langit tertinggi nomor satu di dunia. Gedung ini resmi dibuka secara umum pada tanggal 4 Januari 2010.

Burj Khalifa di bangung oleh satu perusahaan yang sama dengan One WTC yakni Skidmore, Merril dan Owings. Tinggi dari Burj Khalifa hingga mencapai 828 meter dengan total ada 160 lantai di dalamnya.

Syaikh Mohammed bin Rashid Al-Maktourn merupakan pencetus dari pembangunan Burj Khalifa. Di pertengahan tahun pembangunan, sang pencetus sempat mengalami kendala dana. Akan tetapi, kejadian tersebut tidak berlangsung lama.

Khalifa bin Zayed Al Nahayan, seorang pemimpin Uni Emirat Arab bersedia menginvestasikan dananya untuk Burj Dubai. Sehingga setelah proyek tersebut selesai, barulah nama gedung ini diganti dengan Burj Khalifa sebagai tanda rasa terima kasih dan hormat kepada Presiden Khalifa.

Tinggalkan komentar