Gejala Asam Urat yang Harus Kamu Waspadai

Gejala asam urat sering tidak disadari oleh para penderitanya. Hal itu dikarenakan saat terjadinya gejala tersebut orang tersebut tidak menyadari bahwa kadar asam uratnya telah meninggi.

Memang penyakit asam urat ini tidak dapat dideteksi secara kasat mata. Karena untuk melihat kadar asam urat di dalam tubuh harus dilakukan cek darah. Pemeriksaan asam urat ini akan diiringi dengan pemeriksaan kolesterol di dalam tubuh. Kenapa bisa begitu? Karena kolesterol dengan asam urat memiliki keterikatan sehingga pengecekannya haruslah bersamaan.

Penyakit asam urat ini tidak boleh disepelekan. Walaupun gejala-gejala yang timbul terlihat sepele. Namun, siapa yang mengira jika asam urat dapat menimbulkan komplikasi terhadap kesehatan.

Komplikasi kesehatan tersebut terjadi pada saat seseorang menderita asam urat. Kadar asam urat di dalam tubuh akan sangat berbahaya. Nah, pada saat terjadinya komplikasi tubuh akan merasa tidak nyaman. Di bawah ini adalah beberapa ciri-ciri gejala asam urat yang timbul.

 

Ngilu Sendi

obatasamurat.toko-gumilar.com

Penderita asam urat biasanya akan merasakan ngilu didaerah persendian. Hal ini disebabkan oleh zat purin yang menumpuk di persendian. Zat putin adalah zat yang dapat menyebabkan asam urat jika jumlahnya terlalu banyak.

Kesemutan

suaranews.com

Asam urat yang tinggi juga dapat membuat para penderitanya sering kesemutan. Kesemutan yang biasa dialami pada sendi tangan dan sendi kaki. Kesemutan yang dialami penderit asam urat dapat berhari-hari. Jika kesemutan di jari tangan, maka kesemutan tersebut dapat menyebabkan seseorang tidak dapat memegang barang dengan menggunakan tangannya.

Bengkak

obatrematik.co

Salah satu tanda seseorang itu memiliki gejala asam urat yang tinggi adalah terjadinya pembengkakan pada sendi kaki dan tangan. Kamu juga dapat melihat pada sendi kaki. Jika sendi kaki terutama sendi jempol bengkak maka itu tandanya kadar asam urat kamu tinggi.

Kaki dan Tangan Terasa Panas

abenhamd.blogspot.com

Salah satu tanda kadar asam urat seseorang itu tinggi di dalam tubuh adalah kaki dan tangannya terasa panas. Panas tersebut dapat menghilang dan muncul berkali-kali dalam sehari.

Badan Terasa Pegal-pegal

cepatparamex.com
cepatparamex.com

Biasanya asam urat tinggi ditandai dengan badan terasa pegal-pegal. Walaupun tidak melakukan aktivitas fisik yang sangat berat. Pegal-pegal yang dialami oleh penderita dapat membuat tidak nyaman dengan tubuhnya sendiri.

Adanya Ruam Merah di Kulit

mencegahpenyakit.com

Ruam merah yang ada di kulit bisa jadi salah satu tanda seseorang terjena asam urat. Ruam merah biasanya muncul diberbagai tempat pada tubuh, contohnya dibagian lutut, punggung, pundak, dan juga bahu.

Sering Buang Air Kecil di Malam Hari

jendelasarjana.com
jendelasarjana.com

Orang yang menderita asam urat biasanya akan sering kencing di malam hari. Hal ini disebabkan oleh zat purin yang mengkristal. Hal ini tentu menyebabkan gangguan pada saluran kemih penderita asam urat.

Terasa Nyeri Pagi Hari dan Malam Hari

slideshare.net

Penderita asam urat akan merasakan nyeri di malam hari sehingga menyebabkan susah tidur. Hal ini dikarenakan reaksi dari zat purin akan lebih terasa di malam hari. Begitu juga di pagi harinya, nyeri yang dirasakan karena udara dingin pada saat pagi hari dan malam hari.

Sulit Berjalan

finebodyart.blogspot.com

Bahaya asam urat ini dapat menyebabkan penderitanya susah berjalan karena lokasi sendi yang terkena asam urat dapat menyerang lutut. Penumpukan zat purin di lutut itulah yang bisa mengakibatkan penderita asam urat tidak dapat berjalan.

Sendi Kaku

kutuskutus.com

Penumpukan zat purin di sendi dapat mengakibatkan seseorang terkena sendi kaku. Sendi kaku itulah yang bisa menjadi penyebab sendi sulit digerakkan. Sendi tangan yang terasa kaku akan sulit sekali untuk ditekuk, terutama pada bagian jari tangan. Sendi kaku juga akan menyerang sendi kaki, sehingga jari-jari kaki akan terasa kaku sehingga sulit untuk berjalan.

Tinggalkan komentar