Beberapa Gejala Kanker Otak yang Harus Kamu Perhatikan

Kanker otak merupakan salah satu tumor ganas yang menyerang bagian otak, parahnya gejala kanker otak banyak tidak diketahui pada awal pertumbuhannya. Terlepas dari bahayanya, tentu pengetahuan dini mengenai gejala dan ciri-ciri yang menjadi tanda bahwa kamu mengidap kanker otak, tentunya cukup pentingĀ untuk diketahui.

 

Sakit Kepala

Sakit Kepala senut-senut
huffingtonpost.com

Sakit kepala adalah salah satu ciri-ciri kanker otak yang paling umum, dari 50 orang responden 38 orang mengalami gejala ini atau sekitar 76%. Namun tentu saja sakit kepala kebanyakan bukan disebabkan oleh kanker otak, malainkan sakit kepala umum yang bisa terjadi kepada siapa pun.

Bagaimana ciri-ciri sakit kepala kanker otak? Dikutip dari CNN, Dr. Santiago Medina, co-director Department Radiology Divisi Neuroradiologu di rumah sakit anak miami mengatakan bahwa dari 4000 anak-anak yang menderita sakit kepala satu diantaranya menderita kanker otak.

Sakit kepala ini baru bagi kamu. Kamu belum atau sangat jarang terkena sakit kepala namun tiba-tia belakangan ini sangat sering menderita penyakit ini. Selain itu sakit kepala yang kamu rasakan berbeda dengan biasanya terjadi, tetap berwaspada mungkin ini salah satu tandanya.

Perubahan Mental

nydailynews.com/
nydailynews.com/

Dari 50 peserta 32 diantaranya menderita kanker atau tumor otak yang diteliti mengalami perubahan mental secara drastis setelah mengidap kanker ini. Tumor menyebabkan fungsi otak dan tidak berjalan normal yang berdampak pada kesehatan mental.

Muntah-muntah

realeyezlife.wordpress.com
realeyezlife.wordpress.com

Penelitian yang dilakukan oleh Bangabandhu Sheikh Mujib Medical University (BSMMU) mendapati 26 dari 50 penderita tumor otak mengalami gejala muntah-muntah sekitar 52%. Karakteristik muntah yang menurus pada kanker otak adalah terjadinya di pagi hari tanpa adanya rasa mual terlebih dahulu, namun jika diikuti tanda lainnya seperti sakit kepala.

Hampir sama seperti gejala dan tanda sakit kepala, baik mutah dan sakit kepala adalah dua penyakit yang sangat umum sehingga samar-samar dan sulit dibedakan. Kejelian kamu dalam mencermati berbagai jenis muntah yang kamu alami sangat penting untuk diketahui secara mendalam.

Gangguan Penglihatan

wisegeek.com
wisegeek.com

Dari 50 peserta 23 diantaranya telah diteliti yang mengidap tumor otak mengalami gangguan penglihatan, artinya sekitar 46% dari penderita kanker otak mengalami hal ini. Beberapa gangguan penglihatan yang dapat dikatakan sebagai ciri-ciri kanker otak. Melihat lampu seperti berkedip, penglihatan kabur, hanya mampu melihat lurus kedepan, gangguan mata lainnya yang tidak lazim kamu alami, gangguan ini disebabkan karena adanya saraf mata yang terganggu karena tumor otak. Hal ini juga tergantung lokasi dari kanker otak tersebut.

Kesulitan Saat Bergerak

http://www.flashknow.com/
http://www.flashknow.com/

Dari 50 penderita kanker ternyata 21 orang diteliti mengalami kesulitan saat bergerak, artinya sekitar 42% terjadi kesulitan bergerak pada penderita kanker otak. Tumor pada otak tentu akan membatasi fungsi otak normal manusia, salah satunya adalah sebagai motor penggerak tubuh.

Contohnya adalah seorang dengan tumor di otaknya akan mengalami kesulitan dalam bergerak pada salah satu sisi tubuhnya. Berjalan tidak seimbang, sering tersandung atau bersandar di dinding.

Kejang-kejang

http://viralportal.net/
http://viralportal.net/

Kebanyakan orang yang mengalami kejang-kejang saat terkena kanker otak, setidaknya 21 orang dari 50 peserta mengalami hal ini atau sekitar 36%. Kejang-kejang terjadi karena aktivitas motorik pada otak tidak normal.

Kejang-kejang disebabkan oleh aktivitas listrik abnormal di otak. Biasanya, sel-sel saraf ditubuh berkomunikasi satu sama lain melalui sinyal listrik yang dikendalikan dengan hati-hati. Jika ada sesuatu menganggu sinyal-sinyal ini dan mereka menjadi lebih intens, kamu akan cenderung menjadi kejang.

Kejang-kejang terjadi secara acak, setiap saat, dan tanpa adanya penyebab tertentu. Namun, itu semua mungkin gejala awal yang terjadi terlebih dahulu, terkadang orang yang sering mengali kejang akan melihat hal-hal atau sinyal kejang mendekat. Peringatan ini biasa disebut aura. Aura kadang mengambil bentuk dari sakit kepala perubahan suasana hati, kedutan otot dan bau tertentu.

Tinggalkan komentar