Yuk, Kenali Gejala Awal Kanker Payudara Sejak Dini

Kanker payudara adalah salah satu penyakit yang bisa dikatakan paling banyak dialami oleh wanita saat ini. Pada tahun 2014 di Amerika Serikat kematian yang diakibatkan oleh kanker payudara diperkirakan mencapai lebih dari 200.000 penderita (Cancer.GOV, Breast Cancer).

Kanker payudara tidak hanya dialami oleh orang dewasa saja. Namun, beberapa waktu yang lalu, seorang gadis kecil juga telah didiagnosa kanker payudara di tubuhnya. Kanker payudara ini adalah penyakit yang sangat berbahaya dan gejala kanker ini pun tidak mudah untuk dikenali keberadaannya.

Namun, sebenarnya kamu tidak perlu khawatir. Selama kamu peka dan jeli terhadap perubahan yang ada di tubuh kamu, maka pencegahan dini bisa dilakukan. Setidaknya ada beberapa gejala kanker payudara yang perlu kamu ketahui keberadaannya. Mau tahu gejala apa saja? Mari disimak ya.

 

Warna Payudara Berbeda

newshub.id
newshub.id

Gejala yang paling umum terjadi pada saat seseorang berisiko terkena kanker payudara adalah warna kulit payudara orang tersebut berbeda. Bagi orang yang sehat dan normal, kulit payudara akan seperti warna kulit lainnya.

Namun, jika ada tampak gejala kanker payudara, tidak jarang pula warna kulit akan menjadi kemerah-merahan atau bisa berubah menjadi kecokelatan seperti memar.

Selain itu juga, kulit di tubuh tidak semulus sebelumnya. Gejala kanker payudara, juga dapat membuat kulit payudara menjadi lebih kasar. Seperti kulit jeruk dan terlihat seperi ada ruam atau memar.

Gatal Pada Payudara

penabiru.com

Setiap orang mungkin pernah merasakan gatal pada payudara. Gatal ini dapat terjadi mungkin karena bra atau pakaian yang digunakan tidak bersih sehingga memnyebabkan gatal. Namun, tidak menutup kemungkinan bahwa gatal yang dialami ini adalah salah satu gejala dari kanker payudara.

Gatal yang terjadi secara terus menurus tanpa sebab yang jelas, memungkinan adalah salah satu gejala kanker payudara. Jika kamu mengalami hal itu, maka segeralah memeriksakannya ke dokter. Karena penangganan dini lebih baik daripada tidak sama sekali dan bisa-bisa membuat penyakit ini menjadi lebih berbahaya.

Nyeri Hebat di Punggung dan Payudara

www.awaykeren.com
www.awaykeren.com

Gejala satu ini juga harus kamu ketahui yaitu nyeri yang sangat hebat di punggung dan payudara. Bahkan, nyeri yang dialami ini bisa berkelanjutan antara satu dengan lainnya.

Beberapa orang yang mengalami gejala payudara ini mengatakan bahwa, jika nyeri yang dialami akan membuat menjadi lemah, nafsu makan berkurang, dan nyeri ini akan muncul ketika kondisi tubuh lelah. Terkadang, rasa nyeri ini dapat membuat punggung ataupun payudara berasa seperti terbakar.

Benjolan di Payudara

bahanalam.com

Gejala yang paling umum dari kanker payudara adalah adanya benjolan di sekitar payudara. Oh iya, hampir semua kanker yang menyerang ditandai dengan adanya benjolan di tubuh. Apabila kamu merasakan adanya benjolan di tubuh, terutama di payudara dan rasanya sakit.

Usahakan untuk segera memeriksakan di ke dokter. Beberapa benjolan itu mungkin tidak berbahaya, namun beberapa lagi memungkinkan adalah kanker atau tumor ganas.

Keluar Cairan dari Payudara

sehatfresh.com

Jika kamu mengalami keluarnya cairan dari payudara sementara kamu sedang tidak mengandung. Maka segera periksakan ke dokter. Karena para ahli kanker menyebutkan bahwa gejala awal kanker payudara adalah keluarnya cairan dari dalam payudara. Cairan itu bisa berupa seperti cairan air, cairan lendir ataupun seperti nanah.

Itulah beberapa gejala kanker payudara yang perlu kamu tahu sejak dini. Hal ini untuk menghindari dari risiko kanker payudara. Pastikan juga untuk memiliki pola hidup yang sehat, olahraga yang cukup dan minum air yang cukup. Hindari juga menggunakan bra yang ketat atau berkawat. Demikianlah semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar