Waspada Sinusitis! Kenali Gejala dan Ciri-cirinya

Pernahkah kamu mengalami sakit pilek yang lama dan tidak kunjung sembuh dengan ingus berwarna kuning atau hijau? Bila hal tersebut terjadi pada kamu, bisa jadi itu merupakan gejala sinusitis yang harus kamu waspadai. Sinusitis merupakan jenis penyakit yang menyebabkan peradangan pada sinus. Penyakit ini cukup berbahaya, bila dibiarkan dalam jangka waktu yang lama akan menyebabkan kematian.

Ada banyak hal yang menjadi penyebab penyakit sinusitis seperti debu, alergi, asap rokok dan lain sebagainya. Biasanya orang yang terkena penyakit ini akan kesulitan dalam bernafas karena terhambatnya saluran udara pada jalur sinus.

Gejala pada penyakit ini biasanya sama seperti penyakit pilek biasa, tapi kalau sudah naik pada level akut akan terlihat berbeda. Sinusitis akut jika berlangsung dalam jangka waktu yang singkat yang biasanya merupakan bagian dari pilek atau alergi. Sedangkan sinusitis kronis jika berlangsung lebih dari delapan minggu, atau terus terulang kembali. Berikut adalah tanda-tanda penyakit sinusitas yang perlu kamu waspadai.

 

Sakit Pada Wajah dan Dahi

Sakit Kepala senut-senut
huffingtonpost.com

Gejala awal yang paling sering dialami oleh penderita sinusitis adalah rasa nyeri dan sakit di sekitar wajah. Area itulah yang menjadi tempat terjadinya peradangan pada sinus. Area lain yang biasa timbul rasa sakit ketika terkena sinusitis adalah di antara dua mata, dahi, kedua sisi hidung, gigi rahang atas, rahang atas depan, di puncak kepala dan di sepanjang tengkuk.

Batuk

Flu
tamug.edu

Gejala yang satu ini timbul karena adanya ingus yang masuk ke bagian belakang tenggorokan sehingga menyebabkan iritasi dalam jangka waktu yang lama. Hal inilah yang menjadi penyebab batuk terus-menerus yang menyiksa.

Batuk pada penyakit sinusitis lebih beruk dari batuk biasa. Hal ini disebakan batuk pada penyakit ini akan membuat penderitanya susah untuk tidur. Tidur dalam posisi setengah duduk dengan kepala tegak dapat membantu kamu dalam mengurangi frekuensi dan intensitas batuk seperti ini.

Hidung Tersumbat

Hidung Tersumbat Polip
hilangkanresdung.com

Penyakit ini biasanya mempunyai efek keluarnya ingus dari lubang pernafasan sehingga menyebabkan hidung tersumbat. Kondisi tersebut akan menimbulkan pembengkakan pada sinus dan hidung bagian dalam. Tersumbatnya saluran pada hidung akan membuat kamu kesulitan dalam bernafas dan berkurangnya kekurangan penciuman dan perasa. Sebaiknya bila kamu mengalami gejala ini segera pencegahan dengan cara mengobati batuk yang kamu derita.

Sakit Kepala

pixabay.com
pixabay.com

Terjadinya pembengkakan pada saluran sinus secara terus menerus akan menyebabkan rasa sakit pada kepala. Selain itu terkadang rasa sakit juga muncul di tempat tak terduga seperti sakit gigi, sakit telinga dan nyeri pada rahang dan pipi. Sekit kepala akibat sinusitis akan terasa sangat berat ketika pagi hari. Hal ini disebabkan menumpuknya cairan sepanjang malam di saluran sinus sehingga menyebabkan rasa sakit pada kepala. Lebih lanjut silahkan baca artikel  Penyebab sakit kepala.

Sakit Tenggorokan

www.carasumber.com
carasumber.com

Penyakit sinusitis terkadang menyebabkan Postnasal drip. Gejala ini menyebabkan terjadinya radang dan sakit pada tenggorokan. Walaupun awalnya hanya berupa rasa gatal tetapi bila dibiarkan dalam waktu yang lama akan menyebabkan iritasi pada tenggorokan.

Ingus

Keluar Ingus
huffpost.com

Salah satu tanda bahwa kamu terkena penyakit sinus adalah keluarnya cairan kental dari hidung berwarna hijau atau kuning dengan bau tajam. Terkdang ingus juga mengalir ke bagian belakang ke arah tenggorokan sehingga meyebabkan gatal dan rasa tidak nyaman pada bagian tenggorokan. Inilah yang disebut dengan gejala postnasal drip.

Kapan Harus Ke Dokter?

Berobat ke Dokter
salon.com

Bila kamu merasakan kesehatan kamu semakin memburuk sebaiknya segeralah berkonsultasi dengan dokter. Ceritakan apa yang kamu alami seperti batuk, pilek, demam dan sakit kepala dalam waktu yang lama. Biasanya dokter akan mengetahui bahwa kamu terkena penyakit sinus dari gejala-gejala yang kamu derita.

Tinggalkan komentar