Tutorial Gerakan Yoga Untuk Pemula

Yoga adalah olahraga yang sudah terkenal dan sangat berguna untuk menenangkan jiwa serta mengurangi stres. Tidak hanya dapat mengurangi stres yoga juga dapat meningkatkan stamina, memperkuat tubuh, mengencangkan otot, memberikan efek perasaan tenang, meningkatkan daya ingat, serta dapat membuang racun yang ada di dalam tubuh. Nah, di bawah ini kamu akan mengetahui gerakan yoga untuk para pemula dan sangat mudah untuk dipraktekkan.

 

Mountain Pose

manflowyoga.com

Mountain Pose kamu dapat melakukannya dengan cara berdiri dengan kedua tangan mengatup di depan dada. Kamu dapat melebarka kedua kaki sejajar dengan pinggul lalu tarik nafas dalam-dalam dan keluarkan secara perlahan. Kamu juga bisa mengangkat salah satu kaki secara bergantian untuk melatih keseimbangan tubuh. Gerakan ini juga dapat membantu kamu lebih tenang dan stabil.

Upward Hand Pose

ytimg.com

Upward Hand Pose kamu dapat melakukannya dengan cara berdiri tegak, dengan menarik nafas dalam-dalam lalu ayunkan kedua tangan ke atas. Kamu juga dapat menarik punggung ke arah dalam hingga membusung saat kedua tangan mengatup di atas kepala. Gerakan ini juga dapat membantu peregangan di tubuh pada bagian depan seperti bahu, perut, dada, dan pinggul.

Standing Forward Fold

www.wikihow.com

Kamu dapat melakukan gerakan ini dengan cara, berdiri tegak, tarik nafas lalu keluarkan secara perlahan sambil membungkuk. Setelah itu luruskan tangan ke arah bawah hingga menyentuh lantai. Jika kamu tidak kuat, kamu juga dapat menekukkan lutut kamu sedikit. Nah, gerakan ini juga dapat meregangkan bagian belakang seperti tulang belikat, punggung, betis dan bokong.

Plank Pose

www.yogatuneup.com

Kamu dapat melakukan  gerakan ini dengan cara menekuk lutut hingga kedua tangan menyentuh matras. Kamu dapat menarik nafas dan keluarkan lalu luruskan kaki ke belakang seperti halnya posisi push-up. Dan pastikan tangan kamu sejajar dengan bahu dan tubuh kamu dalam posisi yang lurus. Gerakan ini berfungsi untuk menguatkan bahu dan perut.

Child Pose

gaiam.com

Child pose gerakan ini dapat kamu lakukan dengan cara berlutut di lantai dengan posisi kai saling bersentuhan dan lutut dibuka selebar pinggul. Duduklah di tumit kamu, baringkan tubuh kamu diantara paha dan bawa dahi kamu ke matras. Luruskan lengan ke depan hingga telapak tangan kamu menyentuh lantai. Tutup mata kamu dan tarik nafas dalam-dalam, tahan selama kurang lebih dua menit. Lakukan secara berulang-ulang. Gerakan ini berfungsi sebagai peregangan pinggul, paha depan dan punggung.

Marjasana

yogajellies.com

Gerakan ini sangat cocok bagi kamu yang baru memulai gerakan yoga, dan juga sangat aman bagi wanita yang sedang hamil. Gerakan ini sangat sesuai dalam membentuk otot perut dan meningkatkan kelenturan tulang belakang. Menurut para pakar, gerakan ini dapat membantu dalam melegakan atau meminimalkan emosi kamu.

Kamu dapat melakukan gerakan ini dengan cara:

  • Mulai dari posisi awal, yaitu dengan meletakkan lutut tegak lurus dengan pinggul dan pergelangan tangan tegak lurus dengan bahu.
  • Posisikan tulang belakang kamu lurus dan leher di posisi yang benar searah dengan tulang belakang.
  • Lalu tarik nafas dan lengkungkan ibu jari ke arah lantai, lalu turunkan perut dan angkat leher kamu dan memandang ke arah atas.
  • Gerakan harus dimulai dari ujung tulang ekor, jadi leher kamu adalah bagian terakhir yang bergerak.
  • Hembuskan nafas, lalu istirahatkan bagian atas kaki kamu di atas matras, lengkungkan tulang belakang dan turunkan kepala kamu sehingga pandangan kamu mengarah ke pusar kamu.
  • Ulangi proses tadi sebanyak 5 kali pagi dan sore.

 

Tinggalkan komentar