in ,

Penyebab Utama Global Warming adalah Emisi CO2

newscientist.com

GLOBAL WARMING ADALAH sebuah masalah yang muncul belakangan ini karena terlalu banyaknya  gas rumah kaca pada atmosfer bumi kita. Hal ini menyebabkan gas yang menyelimuti bumi memantulkan kembali radiasi panas ke permukaan bumi.

Adanya fenomena global warming ini diakibatkan oleh pembakaran fosil seperti batu bara, minyak bumi dan gas serta pembakaran hutan untuk pembukaan lahan yang dilakukan sejak bertahun-tahun yang lalu sehingga emisinya CO2 yang dihasilkan terakumulasi sangat banyak, dan ini tentu sesuatu yang berbahaya jika dibiarkan terus menerus tanpa ada tindakan solusi.

Sebenarnya ada banyak komponen lain yang berkontribusi dalam global warming, seperti gas metana dan uap air, tetapi CO2 mempunyai akibat yang paling buruk dan berefek paling signifikan pada perubahan iklim karena gas tersebut terus terakumulasi dalam jumlah yang besar pada atmosfer bumi.

Penyebab Utama Global Warming adalah Gas CO2

Penyebab utama global warming adalah emisi gas CO2 yang dihasilakan manusia
itb.ac.id

Ada dua alasan mengapa gas CO2 menjadi penyebab utama terjadinya global warming atau perubahan iklim.

Yang pertama, gas CO2 adalah gas yang paling berkontribusi pada terjadinya kenaikan suhu permukaan bumi, dan ini efeknya terus berlanjut. Pada sebuah penelitian menunjukkan bahwa dari semua gas yang dihasilkan oleh aktivitas manusia, nilai RF positif, -yang menunjukkan kenaikan suhu permukaan- ditunjukkan oleh gas O2.

Pemakaian listrik yang berlebihan dan tak terkendali, serta pembakaran fosil yang masih terus berlanjut menambah jumlah emisi gas CO2 di atmosfer bumi dari hari ke hari.

Yang kedua, gas CO2 dapat bertahan di atmosfer bumi lebih lama dibandingkan dengan gas rumah kaca yang hasil aktivitas manusia lainnya. Butuh waktu sekitar satu dekade untuk emisi CH4 (Methana) untuk bisa meninggalkan atmosfer (yang terurai menjadi CO2), serta butuh sekitar satu abad lamanya bagi gas N2O.

Untuk gas CO2, dengan jumlah emisi gas CO2 saat ini, maka dibutuhkan waktu sekitar satu abad, tetapi 20% dari jumlah itu masih akan tetap berada di atmosfer dalam jangka waktu 800 tahun kemudian. Siklus periode CO2 pada atmosfer yang begitu panjang inilah mengapa kita harus mengurangi emisi Co2 dalam berbagai aktivitas.

Global warming adalah isu yang sangat penting untuk menjadi pembahasan utama saat ini demi keberlangsungan kehidupan di muka bumi. Jika dibiarkan begitu saja dan tidak ada tindakan kepedulian bukan tidak mungkin usia bumi tidak lama lagi.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

karbohidrat makanan lengkap

Fungsi Karbohidrat untuk Pertumbuhan Tubuh dan Sumber Tenaga

bentuk-bentuk nasionalisme

6 Bentuk Nasionalisme yang Harus Kamu Ketahui