in

Gunung Merbabu Penuh Dengan Pemandangan Indah

padang rumput merbabu
astacala.org

Di daerah provinsi Jawa Tengah terdapat sebuah gunung yang biasanya sangat ramai ketika akhir pekan. Gunung Merbabu, apabila tidak sedang ditutup, biasanya ratusan orang siap mendaki gunung ini dengan tujuan yang berbeda-beda. Ada yang ingin mencoba untuk mencari pemandangan yang jauh dari perkotaan, ada yang mencoba untuk menantang diri sampai puncak, dan lain sebagainya.

Gunung Merbabu sangatlah cantik. Apabila cuaca lagi bagus-bagusnya, orang biasanya ketika mendaki akan merasa malas untuk kembali pulang dan biasanya memilih untuk menghabiskan waktu lebih lama lagi di gunung. Gunung Merbabu merupakan satu bukti nyata bahwasannya Tuhan itu memang Maha Hebat. Merupakan sebuah kebahagiaan sendiri bisa merasakan secuil keindahan yang sudah diciptakanNya

Gunung Merbabu sendiri berlokasi di wilayah 3 kabupaten di Jawa Tengah yaitu Semarang, Magelang, dan Boyolali. Gunung ini bisa juga diakses lewat Kota Salatiga. Dari arah kejauhan yaitu arah timur dan barat, Gunung Merbabu seperti selalu berdampingan dengan tetangganya yaitu Gunung Merapi. Pemandangan kedua gunung yang bersebelahan itu menjadi pengingat kita pada gambar-gambar pemandangan yang biasanya kita buat ketika waktu Sekolah Dasar.

Jika akan mendaki dan menikmati keindahan dari Gunung Merbabu, sebaiknya untuk mengetahui fakta-fakta dari Gunung Merbabu berikut ini

Mempunyai 3 Puncak Utama

gunung merbabu
yukpiknik.com

Keindahan alam yang ada di sekitar Gunung Merbabu menjadi bisa kita rasakan secara penuh dan maksimal ketika berada di puncak. Tenang saja, Gunung Merbabu adalah gunung berapi yang sudah tak aktif. Oleh sebab itu, pendakian hingga ke puncak gunung ini pastilah aman. Apabila cuaca sedang bagus-bagusnya, pemandangan yang ada di puncak Gunung Merbabu dijamin akan terlihat indah yang menjadikan mata anda akan dimanjakan oleh keindahannya. Gumpalan awan putih yang membentuk seperti ombak yang ada di pantai sangatlah menawan

Gunung Merbabu sendiri memiliki 3 puncak utama yaitu Puncak Syarif, Puncak Kentengsongo, dan Puncak Trianggulasi. Masing-masing dari puncak mempunyai pemandangan yang tidak jauh berbeda bagusnya.

Terdapat Tiga Jalur Utama Untuk ke Puncak Merbabu

jalur pendakian merbabu
gubukcerito.blogspot.com

Untuk mendaki ke puncak Gunung Merbabu anda bisa lewati melalui 3 jalur pendakian utama yaitu jalur Selo, jalur Cunthel dan jalur Wekas. Anda boleh mememilih dari 3 jalur tersebut sesuai dari mana anda berasal.

Jalur Wekas berlokasi di daerah Magelang, jalur Selo berlokasi di daerah Boyolali sedangkan Jalur Cunthel berlokasi di daerah Kopeng tak jauh dari Kota Salatiga. Dari masing-masing jalur yang ada, memerlukan waktu biasanya 6 sampai 8 jam untuk bisa ke puncak Merbabu.

Memiliki Padang Rumput yang Indah

padang rumput merbabu
astacala.org

Gunung Merbabu memiliki pemandangan daerah padang rumput yang sangat indah. Apabila melakukan pendakian lewat jalur selo, anda akan lewat 2 padang rumput dengan ditumbuhi bunga edelweis. Apabila tidak lagi musim kemarau yang panjang, pemandangan padang rumput itu akan terlihat indah sekali dan juga menyejukkan mata anda.

Tepat sekali dibawah puncak Gunung Merbabu, anda akan lewat padang rumput yang penuh dengan bunga edelweis. Meski tiak seluas Alun-alun Surya Kencana atau Tegal Alun, pemandangan yang indah dengan bunga edelweis di Gunung Merbabu tetap istimewa.

Disuguhi Pemandangan Gunung-gunung Tertinggi Di Jawa Tengah

Pemandangan yang akan anda dapatkan dari puncak Gunung Merbabu bak lautan yang lepas. Awan-awan putih seperti melayang-layang di udara merupakan ombaknya. Serangkaian pegunungan yang bisa anda lihat dari puncak akan kelihatan seperti sebuah pulau.

Di puncak Gunung Merbabu anda bisa menyaksikan beberapa gunung tertinggi yang ada di Jawa Tengah diantaranya adalah Triple S yaitu Sindoro, Sumbing, dan Slamet lalui Gunung Lawu yang kelihatan layaknya negeri cantik di dalam cerita dongeng anak-anak.

Sebelahan Dengan Gunung Merapi

gunung triple s
materi-sekolah.com

Apabila melakukan pendakian melewati jalur Selo, perjalanan anda menuju daerah puncak Merbabu akan sangat menyenangkan sebab akan diperlihatkan oleh pemandangan Gunung Merapi yang akan terlihat begitu sangat gagah dan kokohnya. Pemandangan Gunung Merapi ini akan mulai bisa anda lihat sesudah keluar dari area hutan

Gunung Merbabu ini memang bersebelahan dengan Gunung Merapi. Jalur untuk pendakian yang utama ke Gunung Merapi juga berlokasi di kecamatan yang sama seperti salah satu jalur pendakian menuju puncak Merbabu yaitu jalur Selo.

Memiliki Pemandangan Matahari Terbit yang Cantik

sunrise merbabu
negeriangin-negeriangin.blogspot.com

Salah satu momen yang paling diinginkan oleh pendaki ketika melakukan pendakian ialah pemandangan matahari terbitnya. Kenikmatan menyaksikan pemandangan matahari terbit dengan ketinggian yang lumayan memang adalah peristiwa yang sangat lah menyenangkan dan membuat ketagihan. Di Gunung Merbabu kita juga akan menyaksikan pemandangan matahari terbit yang bisa membuat kita tidak lagi bisa berkata apa-apa, karena kagumnya. Pemandangan matahari terbit di Merbabu tidak cuma bisa kita rasakan di puncaknya saja akan tapi juga bisa di Sabana 1 dan Sabana 2 lewat jalur Selo.

Bikin Capek Itu Pasti!

naik gunung
www.halfwayanywhere.com

Jika ada orang yang bilang bahwa mendaki gunung itu tidaklah capek, dia pasti nipu. Mendaki gunung merupakan perjalanan yang tak biasa. Anda akan membutuhkan energi yang lebih banyak. Tidak seperti hari-hari biasa. Jalur untuk mendaki Gunung Merbabu bisa dibilang tidak terlalu sulit, tapi tak bisa dikatakan mudahjuga. Jelasnya, anda wajib mempersiapkan terutama persiapan fisik sebelum mendaki ke Gunung Merbabu

Meskipun mendaki Gunung Merbabu pastinya melelahkan, tapi percaya, semua itu akan terbayarkan ketika anda sampai di puncak. Sekian pembahasan tentang Gunung Merbabunya. Semoga bermanfaat. Terimakasih sudah berkunjung.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Misteri Gunung Rinjani yang Bikin Bulu Kuduk Merinding

Gunung Bromo

Rute Pendakian Gunung Bromo dengan Pemandangan yang Sangat Indah, Wajib di Coba !