Hadist Menuntut Ilmu Beserta Penjelasannnya

HADIST MENUNTUT ILMU – Kewajiban untuk menuntut ilmu tidak ditentukan waktunya seperti dalam shalat. Tapi, setiap ada waktu atau kesempatan untuk menuntutnya, maka kaum muslimin wajib menuntut ilmu. Menuntut ilmu ini tidak harus dilaksanakan di suatu lembaga formal. Tetapi bisa juga dilakukan dalam lembaga non formal.

Bahkan, dari pengalaman kehidupan juga termasuk guru bagi kaum muslimin. Dimana seseorang mengambil suatu pelajaran dari setiap momen yang pernah terjadi di sekelilingnya, itulah ilmu.

Begitu juga ketika mendapat masalah. Kaum muslimin dianjurkan agar menuntut ilmu kapan saja dan dimana saja. Mau itu di tempat dekat ataupun di tempat jauh, yang terpenting ilmu tersebut bermanfaat bagi kita dan orang lain.

Berikut beberapa hadist menuntut ilmu yang bisa Anda jadikan motivasi:

1. Hadist Menuntut Ilmu Bagi Laki-laki dan Perempuan

Hadist Menuntut Ilmu

Secara tegas dan jelas hadits menuntut ilmu di atas telah menyebutkan bahwa menuntut ilmu adalah wajib. Dan bukan hanya kepada kaum laki-laki, tapi juga kepada perempuan.

Tidak ada perbedaan untuk kaum laki-laki ataupun kaum perempuan dalam hal mencari ilmu, semuanya telah wajib. Tapi, dalam mencari suatu ilmu harus tetap sesuai dengan aturan Islam.

2. Hadist Tentang Berapa Lama Menuntut Ilmu

Hadist Menuntut Ilmu

Dalam menuntut ilmu tidak ada yang namanya mengenal batas usia. Telah disebutkan dari hadist menuntut ilmu di atas. Sejak manusia terlahir sampai masuk kedalam kubur, kita semua selalu mendapat pelajaran dalam kehidupan. Islam selalu mengajarkan agar menuntut ilmu itu sepanjang hayat sampai menutup mata.

3. Hadist Tentang Ilmu Untuk Dunia dan Akhirat

Hadist Menuntut Ilmu

Kebahagian di alam dunia dan alam akhirat bisa diraih dengan mempunyai ilmu yang bermanfaat. Manfaat dari ilmu pengetahun bisa membantu kehidupan manusia, karena:

1. Ilmu adalah cahaya dalam kehidupan yang gelap, cahaya ini akan membimbing umat manusia ke jalan yang benar

2. Ilmu bisa membantu manusia dalam meningkatkan hidup yang menuju kesejahteraan, baik jasmani maupun rohani.

Itulah tiga hadist menuntut ilmu beserta penjelasannya. Semoga Anda bisa lebih termotivasi lagi untuk terus menuntut ilmu.

 

Tinggalkan komentar