Ini Hadits Tentang Menuntut Ilmu yang Bikin Kamu Semangat Belajar Lagi!

Ilmu merupakan sesuatu yang harus dimiliki semua orang, tanpa ilmu mustahil rasanya orang bisa hidup. Berikut ini hadits tentang menuntut ilmu;

Hadis Kewajiban Mencari Ilmu

hadits tentang menuntut ilmu
parararam.com

Hadis di atas menjelaskan betapa pentingnya menuntut ilmu dan merupakan suatu kewajiban bagi setiap manusia, tidak terbatas hanya pada laki-laki saja akan tetapi perempuan juga wajib, pun sebaliknya.

Oleh karena itu bagi mereka yang beragama islam mencari ilmu itu hukumnya wajib, karena Ilmu cakupannya sangat luas, tidak hanya sekedar di sekolah.

Hadis tentang Menginginkan Kebahagiaan Dunia-Akhirat Harus Wajib dengan Ilmu

hadis tentang menuntut ilmu
parararam.com

Siapapun, bagi mereka yang menginginkan kesejahteraan atau kebahagian di dunia harus lah memiliki ilmu, mereka yang sukses, mempunyai harta dan jabatan yang bagus, semua itu karena mereka memiliki ilmu.

Tapi tidak hanya sebatas itu, jika menginginkan kebaahagian juga di akherat (Surga), maka wajib baginya menuntut ilmu akhirat juga. Karena ilmu dunia dan ilmu akherat itu sesuatu yang berbeda.

Akan tetapi yang paling didahulukan ialah menuntut ilmu akhirat. Karena disana kebahagian yang sesungguhnya. Lebih baik lagi jika kita mencari keduanya, yaitu ilmu dunia dan ilmu akhirat. Pastinya kebahagian pun akan dicapai baik di dunia atau di akherat.

Hadis Keutamaan Mencari Ilmu

hadis menuntut ilmu
parararam.com

Tidak semua orang bisa berada di jalan yang benar (jalan Allah). Jika kita menghendaki berada di jalan Allah, maksudnya di jauhkan dari segala kemaksiatan dan mara bahaya hendaklah kita senantiasa pergi untuk menuntu ilmu, karena berdasarkan hadis di atas, bagi siapa saja yang keluar untuk menuntu ilmu, maka dia akan berada di jalan Allah sampai dia kembali pulang.

hadits menuntut ilmu
parararam.com

Dan salah keistimewaan bagi orang yang menuntut ilmu ialah dimudahkannya jalan menuju surga. Bagi mereka yang berilmu tentu beda dengan orang yang berilmu. Tidak salah jika Allah memberikan keistimewaan ini.

Itulah tadi hadits tentang menuntut ilmu yang semoga dapat kita pahami dan amalkan. Semoga dapat menjadi penyemangat ketika kita udah mulai bermalas-malasan dalam menuntut ilmu. Jangan lupa Shere, Terimakasih.

Tinggalkan komentar