Hal Yang Wajib Kamu Ketahui Saat ke Pulau Komodo

Kamu tentu sudah sering dengar tentang pulau yang terkenal dengan binatang mirip biawak ini kan? Pulau Komodo. Pulau Komodo adalah  salah satu daerah yang harus kamu datangi di Indonesia. Di pulau ini kamu akan melihat banyak sekali komodo berkeliaran. Tujuan utama ke Pulau Komodo memang untuk melihat langsung binatang purbakala ini. Namun sebenarnya banyak hal yang bisa kamu lakuin di sana seperti bersantai di pink beach, melihat mangrove di Loh Sabita atau snorkeling juga diving melihat alam bawah laut yang indah.

Nah, sebelum kamu ke Pulau Komodo, ada beberapa hal yang harus kamu ketahui dulu agar perjalanan kamu menyenangkan. Yuk langsung aja kita cek satu-satu.

1. Sewa Kapal Jauh-jauh Hari

Ini penting sekali untuk kamu lakukan. Jangan sampai kamu kehabisan kapal kalau kamu mesennya mendadak. Sebaiknya memang membuat planning ke Pulau Komodo jauh-jauh hari, katakanlah satu bulan. Jadi kamu bisa mempersiapkan banyak hal, termasuk sewa kapal. Jangan lupa pelajari dulu juga mengenai Pulau Komodo, terutama soal lokasi dan penginapan.

2. Persiapan Fisik

Pulau Komodo ini luas banget lho. Kira-kira luasnya mencapai 1.000 km persegi. Itu Pulau Komodonya aja, belum lagi pulau-pulau yang lebih kecil di sekitarnya. Saat di Pulau Komodo atau di pulau sekitarnya, kamu akan sering melakukan trekking. Trekking itu adalah kegiatan berjalan kaki karena tidak adanya alat transportasi. Cuaca di sana juga cukup panas. Oleh karena itu, kamu perlu mempersiapkan fisik terlebih dahulu. Lakukan jogging misalnya selama 3 hari atau lakukan olahraga kecil seperti push up, sit up dan sebagainya.

3. Jangan Memakai Baju yang Mencolok

Banyak juga yang menyarankan untuk tidak pakai baju berwarna merah. Namun belakangan diketahui itu hanya mitos. Sebenarnya tidak mesti merah. Warna apapun yang mencolok dan mengganggu para komodo itu akan membahayakan. Iya, komodo itu sensitif. Kalau mereka merasa baju yang kamu pakai mengganggu mereka atau berbahaya buat mereka, kamu akan dikejar, hoho.

4. Pakai Topi dan Krim

Ini khusus buat kamu cewek-cewek, pakailah topi dan krim. Seperti yang dijelasin di nomor 1, cuaca di Pulau Komodo sangat terik. Kamu tentu ngga mau kalau pulang dari sana malah belang-belang kan. Jadi, bawa beberapa topi untuk dipakai selama di sana. Jangan lupa juga pakai krim untuk melindungi kulit kamu. Tapi cowok-cowok kalau memang dirasa perlu yang dibawa juga, hehe.

5. Jangan Berisik dan Kurangi Parfum

Komodo memang meiliki indra penglihatan yang buruk. Namun indra penciuman dan pendengarannya sangat tajam. Saat jalan-jalan di sana, sebaiknya jangan terlalu banyak ngobrol atau ketawa keras-keras. Hal itu akan mengganggu para komodo. Kalau bisa kamu juga ngga usah pakai parfum, baik yang menyengat atau yang biasa. Bisa-bisa itu membuat komodo ngedeketin kamu lho. Mau?

6. Saat Haid?

Poin ini juga khusus buat cewek-cewek, jangan datang ke Pulau Komodo saat haid! Darah akan memancing komodo mendekati kamu. Seperti yang udah kita jelasin, komodo itu punya penciuman yang tajam banget. Jadi, atur dulu perjalanan kamu dari awal. Jangan sampai kamu ke sana di tanggal kamu haid. Tapi jika kamu haidnya pas di sana, jangan lupa lapor sama tour guide atau ranger di sana. Nanti mereka akan ngasih perlindungan yang lebih.

7. Jangan Menyalakan Api

Ini juga sangat penting untuk diperhatikan, jangan nyalakan api! Pulau Komodo itu daerah yang tandus dan gersang. Percikan api kecil saja bsia berpotensi menyebabkan kebakaran pulau atau sebagian pulau. Kamu yang perokok sebaiknya tahan dulu agar tidak merokok selama di sana. Jangan lupa untuk meminta wejangan-wejangan dari para ranger.

8. Selalu Bersama Kelompok dan Ranger

Selain sebagai touguied atau pemandu, ranger juga seorang pawang komodo. Makanya sebisa mungkin kamu jangan jauh-jauh dari ranger. Dan selalu pastikan kamu jalan bersama teman-teman kamu berkelompok, jangan sampai jalan-jalan sendiri. Jalan-jalan sendiri memang  kadang menyenangkan tapi jangan lakukan itu di Pulau Komodo. Kamu ngga pernah tau kapan bahaya mengintai, hehe.

9. Teknik Lari Jika Dikejar Komodo

Komodo yang menyerang manusia memang jarang kasusnya, kecuali kita sendiri yang cari gara-gara. Namun kita harus tetap hati-hati dengan mematuhi hal-hal yang telah disebutkan dan selalu dengarkan instruksi dari ranger.

Nah jika kasus jarang itu menimpa kita, jika tiba-tiba komodo menyerang, ada dua hal yang harus kamu lakukan. Pertama, lari dengan pola zig-zag karena komodo agak susah belok. Kedua, lari dan naik ke rumah panggung masyarakat yang paling dekat dari kamu. Stay save!

Itulah beberapa hal yang harus kamu ketahui saat berwisata ke Pulau Komodo. Jangan lupa baca juga 6 wisata Kota Ambon yang mengagumkan ya.

Happy traveling!

Satu pemikiran pada “Hal Yang Wajib Kamu Ketahui Saat ke Pulau Komodo”

Tinggalkan komentar