Yuk Kenali Tanda Bahwa Kamu Sedang Hamil Anak Kembar

Mengandung 2 janin dalam satu waktu, pasti sangat menyenangkan sekali. Memang untuk kamu pasangan suami istri yang mempunyai garis keturunan kembar, peluang untuk mempunyai bayi kembar juga sangat besar. Mengandung anak kembar dapat dibedakan ciri-cirinya dari kehamilan normal lainnya. Dibawah ini beberapa tanda bahwa kamu sedang hamil anak kembar.

Lebih Sensitif

diskonrabbani.com
diskonrabbani.com

Kamu yang sedang hamil anak kembar biasanya dapat merasakan terlebih dahulu bahwa didalam rahimmu saat ini ada 2 buah hati. Memang untuk kehamilan pertama agak susah merasakannya, namun untuk kehamilan selanjutnya akan terasa sangat berbeda dan bahkan kamu dapat menentukan bahwa kamu sedang hamil 2 orang anak tanpa melalui cek USG.

Morning Sickness Lebih Parah

kabarfemale.com
kabarfemale.com

Karena terisi oleh 2 buah hati, tentu hormone yang diproduksi oleh tubuh kamu juga meningkat 2 kali lipat. Hormone HCG adalah salah satu hormone yang diproduksi tubuh ketika sedang hamil, hormone tersebut mempunyai fungsi untuk membuat plasenta terus berkembang. Tubuh yang belum terbiasa dengan hormone yang hanya diproduksi ketika hamil tersebut memberikan reaksi rasa mual, biasanya disebut dengan morning sickness.

Morning sicknes yang dialami oleh seseorang dengan anak kembar didalam rahimnya akan lebih parah daripada hanya 1 anak. Hal ini dikarenakan hormone HCG meningkat tajam sesuai dengan jumlah plasenta yang harus terus diberi makan. Jika mual dan muntah semakin parah sampai membuat ibu kesulitan untuk makan, sebaiknya segera konsultasikan ke dokter kandungan atau bidan setempat.

Peningkatan Berat Badan

contohbajumuslim.blogspot.com
contohbajumuslim.blogspot.com

Dalam 3 bulan usia kehamilan berat badan meningkat drastic, padahal usia 3 bulan belum ada tanda-tanda perut membesar sama sekali. Berat badan ibu mengandung pada awal usia kandungan sangatlah penting, hal ini dikarenakan janin membutuhkan asam folat yang tinggi untuk perkembangan janin secara maksimal.

Rahim Mengembang Dengan Pesat

Rahim Mengembang
Ukuran kandungan hamil anak kembar memang berbeda cukup banyak daripada hanya hamil anak tunggal. Untuk ukuran rahim normal biasanya hanya 38 x 40 cm, sedangkan kehamilan anak kembar bisa lebih dari 48 cm.

Ukuran janin dan juga sensitifitas menjadi tolok ukur yang paling dapat dilihat dari kamu yang mungkin saat ini sedang mengandung anak kembar. Meskipun morning sickness memburuk, jangan menyerah untuk terus memberikan buah hati nutrisi yang berkualitas.

Tinggalkan komentar