Pengeluaran Kamu Membengkak? Lakukan 10 Tips Menghemat Listrik Ini

Listrik merupakan salah satu kebutuhan pokok umat manusia. Kamu pasti bakal bingung kalau listrik mati. Mau ngapain aja jadi bingung, paling cuma tidur aja nanti kerjaannya.

Kalau listrik nggak ada tentu kita akan kebingungan, lalu bagaimana jika tarif listrik mahal? Karena, tarif dasar listrik terus meningkat. Terutama untuk golongan 1300 dan 22oo volt ampere.

Nah, tentu kamu juga bingung kan kalau tagihan listrik bulanan tiba-tiba jadi naik drastis. Padahal pemakaian yang kamu lakukan juga biasa saja. Salah satu solusinya adalah dengan melakukan penghematan. Pakai listrik untuk barang-barang yang perlu saja, sehingga penggunaan listrik bisa dihemat.

Berikut ini beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk menghemat listrik. Terapkan saat ini juga dan lihat perbedaanya bulan depan.

 

Tidur dalam Gelap

tidur dalam gelap mengurangi resiko terkena leukimia
familyfocusblog.com

Salah satu cara untuk menghemat listrik adalah dengan mematikan lampu saat tidur. Kamu tentu tahu kan kalau tidur itu kita sama sekali tidak melakukan aktivitas produktif. Jadi, lebih baik matikan lampu dan tidurlah dalam gelap.

Selain menghemat biaya, tidur dengan mematikan lampu juga akan membuat kamu mejadi lebih sehat. Karena, ada sebuah penilitan bahwa manusia itu memang harusnya tidur tanpa penerangan.

Jangan Sampai Ditonton Televisi

sendnpay.com
sendnpay.com

Kamu tentu sering menonton televisi saat malam hari kan? Apalagi ada acara yang bagus dan ditunggu-tunggu. Tapi, kadang kita lupa untuk mematikan televisi, sehingga bukan kita yang nonton tapi malah kita yang ditonton.

Salah satu cara agar kamu tidak ditonton televisi adalah dengan memasang timer sebelum kamu menonton. Atur agar televisi mati sendiri dalam beberapa menit.

Gunakan Timer Digital

tokopedia.com
tokopedia.com

Timer digital ini akan sangat membantu kamu untuk mematikan peralatan elektronik yang tidak kamu gunakan. Kamu bisa memasangnya pada dispenser misalnya. Sehingga, ketika kamu tidak menggunakan peralatan tersebut, maka dispenser akan secara otomatis mati.

Lampu Redup untuk Ruangan

pixabay.com
pixabay.com

Gunakan lampu yang dayanya rendah untuk ruangan yang sebenarnya tidak memerlukan penerangan yang tinggi. Contohnya seperti dapur, gudang, atau kamar tidur. Dengan menggunakan lampu yang redup pada ruangan-ruangan tersebut, kamu secara tidak sadar akan menghemat listrik.

Matikan Lampu Saat Siang

Kursi lipat dengan lampu kecil
iroonie.com

Siang hari itu ada banyak cahaya di luar rumah. Kamu seharusnya mematikan lampu pada saat siang hari. Jika terasa kurang terang, mungkin kamu bisa membuka jendela atau pintu rumah agar sinar matahari dapat masuk ke dalam.

Gunakan Kipas Angin

Kipas angin
volarefm.blogspot.com

Kalau kamu berduit, tentu akan lebih memilih AC dari pada kipas angin. Padahal, kalau ingin hemat, kipas anginlah solusinya. Kamu lebih baik menggunakan kipas angin daripada AC. Karena, daya yang dibutuhkan oleh AC itu jauh lebih besar.

Menyetrika Baju Langsung Banyak

ideaonline.co.id
ideaonline.co.id

Menyetrika baju itu sebaiknya langsung banyak dalam sekali setrika. Hal ini karena ketika kamu menyalakan setrika maka butuh daya yang besar untuk memanaskannya.

Matikan Komputer Saat Tidak Digunakan

furniturenesia.com
furniturenesia.com

Penggunaan komputer tentu saja sangat penting untuk pekerjaan sehari-hari. Tetapi, ketika tidak digunakan, matikanlah komputer milikmu agar lebih menghemat listrik.

Gunakan Penampungan Air

kandanghaur-indramayu.blogspot.com
kandanghaur-indramayu.blogspot.com

Hampir semua barang olektronik membutuhkan daya yang tinggi saat pertama kali dinyalakan, tidak terkelcuali pompa air. Jika kamu menggunakan penampung air, maka akan lebih jarang untuk menyalakan pompa air.

Merawat Barang Elektronik

wikihow.com
wikihow.com

Barang elektronik itu akan lebih efisien pemakaian listriknya ketika dirawat dengan baik, contohnya kipas angin. Ketika kipas angin kotor dan banyak debu yang menempel, maka putarannya juga akan membutuhkan tenaga yang ekstra.

Tinggalkan komentar