Hemat Makan Sehat

Tanggal tua identik dengan dompet tipis. Alhasil, keinginan Anda untuk dapat makan sehat, terpaksa diurungkan karena biasanya makanan sehat itu tidak murah. Kini harga buah dan sayur mayur semakin meningkat. Tetapi sebenarnya Anda tetap dapat makan sehat tanpa harus keluar biaya mahal. Syaratnya satu, yaitu Anda harus konsisten menjalankan gaya hidup sehat tersebut. Berikut adalah cara tepat untuk mendapatkan makanan-makanan sehat dengan harga terjangkau.

1. Beli Buah dan Sayur dari Petani Lokal

Selain lebih hemat, membeli buah dan sayur dari petani lokal juga lebih sehat karena biasanya buah dan sayuran tersebut baru saja di petik dari perkebunan. Kembang kol, kubis, wortel, kangkung, bayam, serta kentang dapat menjadi pilihan sayuran Anda. Semangka, pisang, jeruk, dan mangga dapat menjadi pilihan buah-buahan Anda. Sayur dan buah tersebut biasanya berharga terjangkau.

2. Sediakan Aneka Biji Gandum Utuh Sebagai Pengganti Beras

Oats, barley dan buckwheat merupakan biji-bijian yang lebih rendah karbohidrat dari beras. Biji-bijian tersebut juga kaya akan serat, sehingga lebih mudah dicerna dan membuat Anda lebih cepat kenyang. Jika ingin bervariasi, Anda dapat mengganti konsumsi gandum utuh dengan aneka pasta. Agar lebih hemat, belilah biji-biji gandum tersebut secara grosir dalam karungan sebab membeli dalam bentuk kotak akan membuat harga pangan itu jauh lebih mahal.

3. Penuhi Asupan protein dari Telur dan Ayam

Untuk memenuhi kebutuhan protein, telur dan daging ayam adalah solusinya. Harga daging ayam jauh lebih murah daripada daging sapi apa lagi jika Anda membeli daging ayam utuh, bukan hanya potongan paha atau sayapnya saja. Telur juga merupakan sumber protein yang murah. Tiap butir telur mengandung 7 gram protein dan separuhnya terdapat pada kuningnya.

4. Berhenti Membeli Minuman Kemasan

Minuman bersoda, teh, dan minuman dalam kemasan yang lain mengandung gula yang tinggi sehingga menyebabkan penimbunan lemak di perut. Selain itu, soda juga dikenal memiliki kalori ‘kosong’ yaitu kalori yang tidak bisa dibakar untuk menghasilkan energi. Harga soda atau teh kemasan memang tidak terlalu mahal. Namun, jika Anda bisa berhenti membelinya tiap hari, Anda tentu dapat berhemat banyak. Sebaiknya minum air putih yang jelas lebih sehat.

5. Masak Sendiri Makanan Anda

Jika Anda memasak makanan sendiri, Anda dapat mengontrol penuh asupan gizi yang masuk ke dalam tubuh. Selain itu, Anda juga akan tahu berapa banyak Rupiah yang Anda habiskan untuk makanan tersebut. Supaya semakin hemat, bawa hasil masakan Anda sebagai bekal ke sekolah, kampus, atau tempat kerja. Hindari pula pergi meninggalkan rumah dalam keadaan perut kosong, karena perasaan lapar akan mempengaruhi otakmu untuk belanja secara berlebihan.

6. Makan Secukupnya dan Jangan Tinggalkan Sisa

Tinggalkan komentar