Mari Mengenal Ciri-ciri Hewan Amfibi Beserta Contohnya

Amfibi  merupakan hewan yang masuk dalam kelompok kelas Amphibia. Hewan amfibi tergolong dalam  hewan bertulang belakang atau disebut hewan vertebrata, dan hewan amfibi ini merupakan hewan yang berdarah dingin atau boikiloterm, serta  ‘berkaki empat’  atau tetrapoda sehingga hewan ini dapat hidup di dua alam, yakni di air dan juga  di daratan. Kata Amphibia berasal dari bahasa Yunani yang terdiri dari 2 kata yaitu  “amphi”  yang artinya rangkap dan juga “bios” yang artinya kehidupan. Sehingga bisa disimpulkan jika hewan amfibi adalah hewan yang memiliki kehidupan rangkap atau bisa hidup di dua alam.

Hewan Amfibi berkembang biak dengan cara bertelur dan kemudian menempatkan telurnya di dalam air atau di tempat yang lembap. Setelah telur telur ini menetas maka  kemudian  akan menjadi larva  atau berudu, berudu yang lahir di air akan menggunakan insang untuk bernafas.  Setelah itu  baru berudu-berudu itu akan mengalami perubahan bentuk atau metamorfosis, menjadi hewan dewasa yang hidup didaratan  atau di daerah yang lebih kering dan akan menggunakan paru-paru untuk bernafas. pada saat menyelam hewan ini menggunakan katup di hidung dan kulitnya untuk hidup.

Berikut Ini Ciri-ciri Dari Hewan Amfibi Atau Amfibia Antara Lain Ialah :

ilmupedia.net
ilmupedia.net
  • Hewan amfibi memiliki Penutup pada tubuhnya berupa kulit yang berlendir
  • Hewan amfibi merupakan Hewan berdarah dingin  atau disebut  poikiloterm
  • Hewan Amfibi akan mengalami metamorfosis sempurna.
  • Hewan Amfibi memiliki jenis kaki tetrapoda atau  ‘berkaki empat’ .
  • Jantung hewan  amfibi terdiri dari 3(tiga) ruangan yakni 2(dua) serambi dan juga  1(satu) bilik.
  • Hewan amfibi  bernafas dengan Insang ketika masih kecil dan akan menggunakan paru-paru dan juga kulitnya ketika dewasa.
  • Hewan amfibi mempunyai selaput tambahan pada matanya yang disebut dengan membrana niktitans. Selaput itu tersebut berguna disaat hewan itu  menyelam.
  • Hewan amfibi berkembang biak dengan cara bertelur dan juga pembuahan eksternal, yakni dengan cara  betina akan melepaskan telurnya lalu  kemudian akan dibuahi oleh yang jantan di luar tubuh induknya.

Jenis-Jenis hewan amfibi atau amfibia di Indonesia terbagi menjadi 3 ordo antara lain ialah sebagai berikut: anura (kodok dan katak), caudata (salamander), dan gymnophiona (sesilia).

Tinggalkan komentar