7 Hewan Darat Tercepat di Muka Bumi

Pribahasa manusia, siapa cepat dia dapat, agaknya juga cocok dilekatkan pada para hewan darat ini. Berlari cepat menjadi insting alami mereka. Berlari cepat untuk dapat mangsa, atau berlari cepat untuk terhindar dari mangsa.

Apa saja hewan darat yang paling cepat di muka bumi ini, ini dia daftarnya.

Cheetah – 112 km/jam

euclidlibrary.org

Inilah hewan tercepat di dunia saat ini. Dengan kecepatan sampai 112 km/jam atau 70 mil/jam, hampir tidak ada hewan buruan yang bisa lepas darinya.

Bukan hanya tercepat, cheetah juga punya akselerasi yang luar biasa. Cheetah bisa mencapai kecepatan 110 km/jam hanya dalam waktu 3 detik saja. Cheetah juga mampu berlari lama sampai dengan jarak hampir setengah kilometer.

Antelop – 98 km/jam

dreamlandia.com

Kalau yang berburu diciptakan sangat cepat, yang diburu juga diciptakan tidak kalah cepat. Begitulah kuasa Tuhan yang mengagumkan.

Antelop adalah hewan yang tinggal di habitat yang sama dengan cheetah. Dengan kecepatannya yang mencapai 98 km/jam, memungkinkan hewan ini untuk lolos dari cheetah.

Walaupun sedikit kalah cepat dengan cheetah, namun antelop punya ketahanan berlari yang lebih lama ketimbang cheetah. Sehingga jika tidak lekas tertangkap, pasti antelop akan lolos.

Hewan ini sekilas mirip seperti kijang, atau kambing yang bertanduk panjang. Namun sebenarnya bukan keduanya, antelop malah termasuk dalam keluarga sapi.

Wildebeest – 80 km/jam

en.wikipedia.org

Sama dengan antelop, wildebeest juga termasuk dalam keluarga sapi (bovidae). Namun kalau yang ini adalah buruannya kucing-kucing besar seperti singa.

Walaupun wildebeest lebih cepat dari singa, namun karena wildebeest hidup berkelompok, dan singa juga berkelompok dalam berburu, sehingga wildebeest mudah ditangkap.

Wildebeest hidup di hutan savana dan bisa hidup sampai usia 20 tahun.

Rusa Thompson – 80 km/jam

kukhuheka.blogspot.com1

Kenapa dinamakan rusa thompson? Karena yang menemukan pertama kali secara ilmiah adalah Joseph thompson. Rusa ini dikatakan sebagai rusa terbaik dari fisik, kecepatan, dan juga kecerdikannya.

Kamu yang sering tayangan animal wild pasti sering melihat bagaimana rusa ini dengan lihai bergerak zigzag untuk membuat cheetah berkurang kecepatannya. Selain itu ketahanan lari rusa thompson juga lebih baik ketimbang pemburunya.

Kuda – 76 km/jam

seputarsemarang.com

Kalau hewan yang satu ini pasti semua sudah tahu tentang kecepatannya di darat. Kuda menjadi transportasi utama manusia semenjak berabad-abad yang lalu, sebelum ditemukannya mesin beroda tentunya.

Jenis kuda tercepat adalah qurter horse, yang biasa dipakai dalam pacuan kuda. Kecepatan berlarinya bisa sampai 76 km/jam.

Rusa Besar – 73,6 km/jam

pixabay.com

Sesuai namanya, rusa ini adalah jenis rusa terbesar diantara yang lain. Walau badannya besar, namun itu tidak mengurangi kemampuannya dalam berlari dari kejaran pemburu. Rusa ini juga dibilang terunik dengan tanduknya yang seperti ranting dan palmate.

Rusa besar dapat berlari hingga kecepatan 73,6 km/jam. Para pemburu lebih banyak mengurungkan niatnya untuk berburu hewan ini. Terkecuali sekawanan srigala yang dengan lihai bisa bekerjasama menangkap rusa besar.

Singa – 70 km/jam

hanstherescuer.blogspot.com

Sebagai raja dari hutan savana, tentu saja hewan besar nan buas ini dibekali kecepatan yang tinggi. Kecepatan singa juga didukung dengan kerja tim para betina untuk memburu mangsa.

Walaupun kecepatan rata-rata singa berkisar di angka 60 km/jam, namun bagi pejantan yang sedang marah bisa berlari hingga kecepatan 70-80 km/jam

Tinggalkan komentar