28+ Contoh Hewan Omnivora yang Ada di Sekitar Kita

Banyak sekali jenis hewan yang ada di bumi ini, dan tentunya mereka memiliki perbedaan tersendiri antara satu dengan yang lainnya, misalkan saja dalam hal makanan, bentuk fisiknya, serta kebiasannya dan masih banyak lagi perbedaan-perbedaan yang lainnya, hal ini perlu kamu ketahui agar kamu bisa  mengelompokkan hewan-hewan yang ada di bumi.

Ada 3 jenis hewan yang berbeda yang harus kamu ketahui jika dilihat dari makanannya, yaitu jenis hewan Karnivora, Herbivora dan Omnivora. Dan pada artikel kali ini akan di bahas tentang jenis hewan omnivora.

Pasti kamu sudah pada familiar dengan ketiga istilah diatas, namun mungkin ada diantara kamu yang belum tahu, atau bahkan mungkin belum paham apa yang dimaksud dengan ketiga istilah itu, berikut penjelasan tentang omnivora.

Jika dihat dari arti bahasa Omnivora terdiri dari 2 suku kata , yang pertama yaitu Omne yang berarti semua atau semuanya dan yang kedua adalah Vorare yang berarti melahap. Dengan pengertian diatas maka dapat disimpulkan bahwa arti dari omnivora adala hewan yang pemakan segala. Atau hewan omniwora merupakan gabungan dari herbivora ( hewan pemakan tumbuh tumbuhan) serta karnivora (hewan pemakan daging).

pixabay.com
pixabay.com

Setelah mengetahui pengertian hewan omnivora, berikut akan dijelaskan apa saja ciri-ciri dari hewan omnivora atau hewan pemakan segala :

Selain yang telah dijelaskan diatas yaitu memakan segala jenis makanan bagi daging maupun tumbuh tumbuhan yaitu hewan omnivora bisanya memiliki gigi geraham dan gigi seri  yang tajam, karena gigi seri yang tajam ini yang digunakan untuk menggigit daging mangsanya, dan gigi yang datar yang berada dibagian belakang berfungsi untuk menguyah makanannya. Selain itu juga kamu juga harus tahu bahwa pencernaan jenis hewan Omnivora ini sangat kompleks, hal itu dikarenakan hewan ini memakan segala jenis makanan. Nah, jadi sekarang kamu tahukan apa pengertian hewan omnivora dan apa saja ciri cirinya, berikutnya kita akan melihat contoh contoh hewan omnivora : Contoh hewan omnivora yang pertama adalah Babi, Kera, Gorila, Ayam dan Burung gagak.

Selain contoh diatas, manusia juga termasuk jenis Omnivora karena manusia memakan segala jenis makanan (daging dan tumbuh tumbuhan).

 

Tinggalkan komentar