7 Ciri Unik yang Dimiliki Hewan Reptil

Jenis hewan Reptil merupakan salah satu jenis vertebrata atau hewan yang memiliki tulang belakang, berdarah dingin dan juga memiliki sisik di sekujur tubuhnya. Selain termasuk hewan berdarah dingin Reptil juga termasuk hewan tetrapoda, yaitu hewan yang memilikli kaki berjumlah 4. Secara umum Hewan reptil berkembang biak dengan cara bertelur. Hampir semua benua memiliki hewan reptil kecuali di benua atlantik sehingga dipastikan sangat banyak jumlanya.

Berikut beberapa contoh ciri-ciri dari hewan reptil :

  • Kulit hewan reptil cenderung kering dan memiliki
  • Memiliki mata yang mengandung air.
  • Hewan reptil merupakan hewan vertebrata
  • Hewan reptil bernafas dengan paru paru
  • Hewan reptil memiliki Ruang jantung terbagi menjadi 4 bagian yaitu 2 ventrikel dan 2 serambi.
  • Proses perkembangbiakan hewan reptil terjadi secara ovipar dan ovovivipar.

Jenis hewan Reptile dapat di kelompokan menjadi 4 kelompok, yaitu : Ordo Crocodilia, Ordo Squamata, Ordo Sphenodontia, Ordo Testudinata. Berikut penjelasan tentang ke 3 jenis reptil ini.

 

Ordo Chelonia

memobee.com
memobee.com

Ciri-ciri Ordo Chelonia adalah habitatnya, di darat, air tawar dan laut, pada bagian rahang tidak ada giginya tetapi dilapisi dengan zat tanduk, berkembang biar dengan cara  ovipar dan ovovivipar. Contoh: penyu, kura-kura air tawar.

Ordo Squamata

tips-ukm.com
tips-ukm.com

Ordo Squamata dibagi  lagi menjadi  2 yaitu sub ordo Lacertilia dan Subordo ophidia
(a) Subordo Lacertilia , ciri dari hewan Subordo Lacertilia memiliki lidah yang bercabang dan tubuhnya panjang. Contohnya tokek.
(b) SubOrdo Ophidia/Serpentes,ciri ciri dari hewan SubOrdo Ophidia tidak memiliki kaki, tidak memiliki kelopak mata, berbisa dan bertaring lidahnya bercabang. Contohnya adalah : ular piton, dan ular anakonda.

Ordo Crocodilia

alligator-948660_960_720
Ciri ciri  dari hewan ordo Crocodilia adalah  tubuhnya memanjang, kulitnya yang tebal dan memiliki rusuk abdominal dan juga memiliki rahang serta gigi yang kuat, hewan ini hidup di air tawar dan laut, berkembang biak secara ovipar. Contohnya adalah hewan aligator.

Dari uraian diatas kita dapat mengetahui betapa banyak hewan reptil di dunia ini. Semoga artikel ini bisa bermanfaat buat kamu.

 

Tinggalkan komentar