Hewan-hewan yang Ditakuti Oleh Ular

Ular merupakan salah satu jenis hewan yang paling ditakuti manusia, sebab ular memiliki racun bisa yang mematikan. Namun, apa kamu tahu ternyata ada beberapa hewan yang ditakuti ular, bahkan beberapa hewan ada yang kebal terhadap gigitan ular berbisa.

Berikut beberapa jenis hewan yang ditakuti ular :

 

Sigung atau Skunk

skunk
hhltmaine.org

Mamalia hitam dengan garis-garis putih ini telah mendapatkan gelar hewan yang paling bau di dunia. Sigung dapat menyemprotkan cairan seperti minyak yang berbau menyengat ketika terancam bahaya. Pertahanan inilah yang membuat ular takut kepadanya.

Sebelum ular itu menggigit sigung, ia akan menerkamnya terlebih dahulu ke arah kepala dengan menggunakan giginya yang tajam. Terkadang sigung juga berburu ular secara berkelompok. Namun, sigung hanya berani memangsa ular dengan ukuran kecil saja dan tentunya ular yang tidak berbisa.

 

 

Landak

landak
www.awf.org

Landak memang binatang yang lambat, namun landak sendiri memiliki pertahanan yang kuat sehingga ular akan berfikir panjang jika hendak memburunya. Landak memiliki tameng duri yang mengelilingi punggungnya. Duri-duri tersebut sangatlah berbahaya bahkan bagi ular berbisa sekalipun. Landak bisa dengan mudah membunuh seekor ular viper. Namun landak juga memiliki kelemahan, landak akan mati jika tergigit ular berbisa pada bagian moncongnya, karena itu adalah bagian terlemah pada landak.

Mongooses

Mongooses
en.wikipedia.org

Mongooses (sejenis musang) dapat melumpuhkan ular dengan pandangan mereka layaknya hipnotis. Setelah ular mulai pusing dan tidak bisa bergerak, maka dengan secepat kilat mongooses akan menggigit ular tepat pada bagian kepalanya dengan rahangnya yang kuat. Mongooses memiliki lapisan kulit yang cukup tebal, sehingga bisa ular tidak mudah masuk ke tubuhnya. Hewan ini dapat membunuh ular kobra dengan panjang 3 meter.

Tinggalkan komentar