Hidup Sehat dengan Coklat

Manis dan pahit berpadu dengan harmonis dalam rasa cokelat. Beberapa orang mungkin khawatir pada efek cokelat terhadap kenaikan berat badan. Padahal berbagai penelitian membuktikan bahwa cokelat memiliki banyak kandungan yang berguna untuk kesehatan. Cokelat yang dimaksud di sini adalah cokelat hitam. Ini dia beberapa khasiat cokelat hitam yang baik untuk kesehatan tubuh.

1. Cokelat Itu Baik Untuk Jantung

Cokelat hitam tidak memiliki kandungan kolesterol, sehingga tidak akan membuat tekanan darah Anda naik maupun lemak Anda menumpuk. Sebaliknya, jika Anda mengkonsumsi cokelat hitam sebanyak 6,7 gram setiap hari makan hal ini akan membantu mengurangi tekanan darah dan risiko terkena serangan jantung atau stroke sebesar 39%.

2. Cokelat Itu Membantu Mengurangi Berat Badan

Cokelat hitam memiliki kandungan serat yang tinggi, sehingga membuat Anda cepat merasa kenyang. Jika cokelat hitam menjadi bahan camilan Anda, hal ini akan menurunkan hasrat untuk memakan makanan manis, asin, dan berlemak setelahnya. Dengan demikian, Anda dapat mengendalikan berat badan.

3. Cokelat Itu Mengurangi Stres

Jika Anda merasa stres, cobalah makan satu butir cokelat hitam secara perlahan. Cokelat hitam memiliki kandungan anandamin dan serotonin yang merupakan antidepresan alami. Artinya, mengkonsumsi cokelat hitam saat stres dapat membantu menurunkan kadar hormon stres kortisol dan membuat kerja otak menjadi lebih tenang.

4. Cokelat Itu Memperlancar Peredaran Darah

Sistem kerja cokelat mirip dengan aspirin yang bersifat anti-penggumpalan darah. Itulah mengapa jika Anda mengkonsumsi cokelat dapat memperlancar peredaran dan sirkulasi darah dalam tubuh. Jika peredaran dan sirkulasi darah lancar maka tubuh lebih segar, otak lebih rileks, dan syaraf lebih waspada. Selain itu, aliran darah ke retina mata jug akan meningkat dan membuat penglihatan menjadi semakin jelas.

5. Cokelat itu Menutrisi Rambut

Cokelat hitam mengandung protein yang dapat membuat rambut Anda lebih berkilau dan lembab, sehingga tidak mudah patah dan tumbuh dengan subur. Cokelat hitam juga mengandung polifenol yangdapat mencegah pertumbuhan bakteri pemicu ketombe di rambut Anda. Selain mengkonsumsinya, Anda juga dapat menjadikannya sebagai bahan utama krim perawatan rambut dari luar. Kini ada banyak krim perawatan rambut kemasan yang dijual bebas di pasaran.

6. Cokelat Itu Memiliki Kandungan Antioksidan yang Tinggi

Cokelat hitam juga memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi. Antioksidan berfungsi mencegah radikal bebas dan penuaan dini.

7. Cokelat Itu Membantu Meredakan Batuk

Saat batuk, biasanya orang tua melarang Anda untuk makan cokelat karena cokelay dianggap menjadi penyebab batuk. Sebenarnya senyawa kakao yang merupakan bahan dasar cokelat hitam ternyata memiliki kandungan yang dapat mengurangi gejala batuk kronis. Jika tenggorokan Anda mulai gatal dan menunjukkan gejala batuk, konsumsilah cokelat hitam 1 batang kecil setiap harinya.

Agar semakin maksimal, konsumsilah cokelat hitam dengan kadar kakao minimal 70%. Ingat pula untuk tetap berolahraga supaya hidup Anda tetap seimbang. Semoga informasi ini bermanfaat.

Tinggalkan komentar