Hidup Sehat (Part 2)

Untuk dapat hidup dengan sehat, Anda tidak cukup memperhatikan asupan makanan saja. Anda juga perlu memperhatikan kebiasaan hidup sehari-hari. Kebiasaan Anda akan membentuk pola hidup Anda. Melengkapi artikel sebelumnya, ini dia pola hidup yang seharusnya diterapkan untuk meningkatkan kualitas kesehatan Anda.

Cara Hidup Sehat

Lakukan kebiasaan-kebiasaan baik ini agar kesehatan tidak tercabut dari raga Anda.

11. Cukup tidur.

Apabila tidak beristirahat dengan baik, biasanya Anda akan menghabiskan waktu dengan makan seperti makanan cepat saji/junk food. Adapun ketiak istirahat dengan cukup Anda tidak memerlukan camilan untuk tetap terjaga. Ingat, kurang tidur dapat menyebabkan banyak hal yang tidak baik bagi tubuh seperti penuaan dini, mata panda, dan tubuh cepat lelah.

12. Meditasi.

Cara ini akan menenangkan pikiran dan jiwa Anda sehingga metabolisme tubuh dapat berjalan dengan baik. Oleh karena itu, Anda dapat sesekali melakukan meditasi, sebulan sekali misalnya.

13. Olahraga.

Cobalah melakukan olahraga setiap hari, bukan hanya beberapa kali seminggu. Berolahraga setiap hari memberikan manfaat yang luar biasa bagi kesehatan. Selain panjang umur, olahraga dapat menurunkan risiko semua penyakit, kepadatan tulang yang lebih tinggi dan juga menurunkan berat badan. Lakukan saja olahraga ringan seperti lari keliling lapangan.

14. Berjalan/berlari tanpa alas kaki.

Apabila anda berjalan/berlari tanpa alas kaki, maka postur tubuh jadi lebih baik, stres pada kaki juga sedikit, dan mengurangi stres pada sendi Anda

15. Bernapas dalam-dalam.

Sebagian besar dari Anda mungkin tidak bernapas dengan baik. Biasanya orang hanya bernapas sebanyak 1/3 dari kapasitas paru-paru. Cobalah bernapas dalam dalam hingga paru-paru Anda terisi penuh, perut mengembang, dan ada gerakan minimal di bahu Anda. Hal ini untuk memberikan banyak oksigen yang bermanfaat bagi tubuh.

16. Belajarlah untuk mengatakan tidak.

Tidak baik jika selalu menjadi “yes man”. Misalnya, jika suatu hari teman Anda mengajak keluar untuk makan padahal perut sudah kenyang. Katakan saja bahwa Anda tidak lapar, mereka akan mengerti jika anda mengatakannya secara serius.

17. Jalani hidup dengan tujuan.

Kesehatan yang positif dimulai dari dalam. Tanyakan pada diri Anda, Apa tujuan hidup Anda? Apakah Anda sudah hidup sesuai dengan tujuan itu? Cobalah membuat tujuan hidup Anda sehingga Anda dapay menargetkan hal hal yang ingin Anda lakukan. Kebahagiaan akan mendatangi Anda ketika target itu telah diselesaikan dengan baik. Saat bahagia, Anda tidak mudah terserang penyakit.

18. Buang hal hal negatif dari diri Anda.

Anda tidak perlu memiliki sifat negatif. Banyak orang yang merasa tidak bahagia karena mereka tidak berpikir positif pada diri sendiri, sehingga penyakit pun bisa datang karena pikiran terlalu panas memikirkannya.

19. Jauhkan orang-orang “negatif” dari kehidupan Anda.

Siapa yang dekat dengan Anda, dialah yang akan mempengaruhi hidup Anda. Orang yang suka bergunjing, suka mabuk-mabukan, suka narkoba, sebaiknya dijauhi. Anda boleh berteman dengan mereka tetapi sebaiknya tidak menjadikannya sebagai teman dekat. Dengan demikian, pikiran positif akan selalu menyelimuti Anda dan baik bagi kesehatan.

20. Cintai diri Anda.

Cara ini akan menyadarkan Anda untuk melakukan hidup sehat, memilih makanan yang kaya vitamin, dan selalu berolahraga. Syukuri segala apa yang ada pada diri Anda agar tumbuh rasa untuk menjaga apa yang telah Anda miliki tersebut, termasuk kesehatan.

Semoga informasi ini bermanfaat.

Tinggalkan komentar