in

5 Tips untuk Para Ibu Rumah Tangga yang Ingin Pula Sukses dalam Berbisnis

bisnisukm.com

Menjadi seorang pengusaha tidak semudah membalikkan telapak tangan. Butuh tekat yang kuat, perjuangan yang besar, dan tidak pantang menyerah. Beberapa sifat tersebut harus dimiliki oleh orang yang ingin menjadi pengusaha sukses.

Permasalahannya adalah hanya sedikit yang memiliki sifat demikian. Sehingga mereka mudah menyerah ketika dihadapkan dengan permasalahan bisnisnya dan akhirnya gagal.

Oleh karena itu, hanya sedikit orang yang berhasil menjadi pengusaha. Sisanya bekerja untuk pengusaha yang sukses tersebut. Bisa dikatakan menjadi pengusaha cukup susah. Apalagi bagi ibu-ibu yang memiliki tanggung jawab besar dalam mengurus rumah tangga.

Namun, hal tersebut bukanlah suatu kendala bagi ibu-ibu untuk menjadi pengusaha. Ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk bisa menjadi pengusaha bagi ibu rumah tangga.

1

Cerdas dalam Membagi Waktu

www.qerja.com

Sebagian orang beranggapan sangat enak memiliki usaha yang bisa dikerjakan di rumah, seperti usaha online. Namun, bagi mereka yang menjalaninya tidak demikian. Memang usahanya bisa dilakukan di rumah tanpa harus keluar rumah.

Namun, seorang mompreneur juga harus mengurus rumah tangganya, seperti mengurus anak, mengurus rumah saat di tinggal suaminya, dan masih banyak pekerjaan lainnya.

Oleh karena itu, bagi seorang mompreneur, cerdas dalam mengatur waktu merupakan suatu kewajiban. Jika mereka tidak bisa mengatur waktunya dengan baik, maka bisa berantakan semuanya. Bisnis berantakan, keluarga juga berantakan.

Nah, bagi kamu yang baru menjalankan bisnisnya, kamu perlu mengatur waktunya. Pintar-pintarlah dalam membagi waktu, waktu untuk berbisnis dan waktu untuk mengurus keluarga. Pembagian waktu ini juga perlu kamu bicarakan kepada anggota keluarga kamu agar mereka juga memahami pekerjaan kamu.

2

Mampu Mengatur Keuangan dengan Baik

firmankurniawan.com

Nah, permasalahan keuangan adalah permasalahan yang sangat pokok bagi seorang mompreneur. Kebanyakan bisnis menjadi gagal karena seorang ibu tidak mampu mengatur keuangannya dengan baik.

Terkadang, anak meminta uang diambilkan uang yang digunakan untuk bisnisnya. Terkadang, uang belanja telat, diambilkan uang yang tadinya untuk bisnis. Terkadang juga semua uang dicampur, baik uang untuk belanja, uang untuk jajan, dan uang untuk bisnis.

Sehingga, lama kelamaan modal yang seharusnya diputar untuk bisnis habis untuk biaya hidup. Akhirnya, bisnisnya gulung tikar. Oleh karena itu, kemampuan mengatur keuangan juga harus dimiliki oleh seorang mompreneur.

3

Membangun Komunikasi yang Baik dengan Anggota Keluarga

abiummi.com

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya. Dalam membagi waktu perlu dilakukan komunikasi dengan anggota keluarga sebelumnya. Hal ini bertujuan agar anggota keluarga kamu dapat menyadari juga bisnis yang sedang kamu jalani.

Permasalahannya adalah tidak semua orang mampu menjelaskan dengan baik. Sehingga dapat menyebabkan permasalahan di keluarganya.

Oleh karena itu, hal yang dibutuhkan untuk menjadi mompreneur adalah mampu menjelaskan dan mampu berkomunikasi dengan baik dengan anggota keluarganya.

4

Menyukai Bisnis yang Sedang Dijalani

https://syafatain.wordpress.com

Sebagian orang menyarankan bahwa mulai bisnis sebaiknya atas dasar hobi atau passion. Saran ini bisa dikatakan benar dan bisa dikatakan salah. Dikatakan benar karena sesuatu yang sudah menjadi kesukaannya, biasanya akan dilakukan dengan sungguh-sungguh.

Namun, saran tersebut juga bisa dikatakan salah karena bisnis yang tidak berawal dari hobi atau passion bisa saja menjadi sukses asalkan orang tersebut menjadi suka dalam menjalaninya.

So, intinya adalah senang dalam menjalani bisnis yang sedang dirintis. Jika kamu tidak menyukai bisnis yang sedang dirintis, bagaimana kamu menjalani dan mengembangkan bisnis tersebut.

5

Selalu Semangat dalam Kondisi Apapun

www.youtube.com

Sangat manusiawi dalam menjalankan sesuatu ada perasaan bosan. Apalagi jika bisnis yang sedang dijalani tidak kunjung sukses. Perasaan tersebut akan menghinggapi setiap orang, tak terkecuali mompreneur.

Oleh karena itu, salah satu sifat yang harus dimiliki oleh semua pengusaha, khususnya mompreneur adalah selalu semangat dalam menjalani bisnis yang sedang dirintis, apapun permasalahannya.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Skripsi Kamu Mangkrak? Lakukan 7 Komitmen Ini Biar Kamu Jauh Lebih Serius Lagi

7 Cara Jitu Menjadi Miliarder di Usia Muda