8 Ide Kreatif Menggunakan Kembali Alat Dapur yang Sudah Tidak Terpakai

Tentu saja seiring berjalannya waktu, kamu akan memiliki banyak barang tak terpakai di rumah kamu. Salah satu yang akan segera menumpuk mungkin alat dapur yang berbahan logam atau kaca.

Nah, berikut ini adalah ide – ide sederhana yang kreatif untuk menyelesaikan masalah kamu tersebut. Mulai dari poci, sendok, garpu, tempat nasi dan barang dapur yang tidak terpakai lainnya bisa kamu pakai ‘daur ulang’ menjadi lebih berguna.

Poci Teh

boredpanda.com

Kalau kamu orang Jawa, kamu mungkin akan banyak memiliki poci teh yang tidak terpakai. Hal ini karena orang Jawa terutama Jawa Tengah memang memiliki kegemaran tersendiri dalam menikmati teh.

Nah, entah poci teh kamu berbahan logam atau kaca, kamu bisa menggunakan keduanya menjadi pot bunga kecil yang indah. Ingat, hanya pas untuk bunga dan tanaman kecil. Lebih cantik juga jika kamu gantung sebagai hiasan bunga gantung.

Wadah Nasi Logam

boredpanda.com

Inilah tempat nasi yang sangat identik orang Jawa. Wadah berbahan logam dengan lubang – lubang kecil di sekeliling wadah. Lubang ini bertujuan sebagai tempat keluar uap air saat nasi masih dalam keadaan panas.

Cara yang unik untuk memanfaatkan wadah nasi seperti ini adalah menjadikannya sebagai hiasan dinding sekaligus tutup lampu. Persis seperti gambar diatas, dari lubang – lubang kecil pada wadah ini akan keluar cahaya lampu yang indah.

Sendok Gantung

boredpanda.com

Sendok logam yang sudah tidak kamu pakai bisa kamu ubah menjadi penuh guna seperti gambar di atas. Pipihkan bagian cekungan sendok dan lubangi sebagai jalan paku.

Kemudian bagian gagang sendok harus kamu lengkungkan dengan tingkat kelengkungan yang sesuai. Sekarang kamu tinggal menempelkannya pada kayu yang sesuai. Bagaimana? Keren bukan?

Garpu

boredpanda.com

Kalau sendok bisa kamu jadikan alat gantungan sederhana, garpu akan menjadi tempat gantungan yang jauh lebih dari sekedar berguna. Seperti gambar di atas, garpu bisa menjadi tempat gantungan yang sangat artistik.

Namun kamu tetap harus ingat bahwa tempat gantungan garpu dan sendok ini tidak akan dapat menahan beban yang berat. Mungkin kamu hanya dapat menggantungkan kain atau benda ringan lainnya pada gantungan seperti ini.

Centong

boredpanda.com

Orang Jawa menyebut alat dapur yang satu ini dengan nama centong. Umumnya digunakan sebagai pengaduk dan menuangkan masakan berkuah dari panci berukuran besar.

Nah, kalau kamu punya centong yang tidak terpakai, kamu bisa menjadikannya tatakan lilin yang tergantung anggun dan cantik di dinding rumah. Jika kamu susun memanjang berjajar seperti gambar diatas, hasilnya sangat mengagumkan bukan?

Sendok Lampu

boredpanda.com

Di luar negeri, segala barang yang digunakan sebagai penghalang cahaya lampu disebut lampshade. Seperti gambar di atas, kamu bisa menyusun sendok – sendok yang sudah tak terpakai menjadi lampshade yang cantik.

Parutan Lampu

boredpanda.com

Barang  yang satu ini juga berupa lampshade. Bahannya berasal dari parutan lawas yang tidak lagi kamu pakai. Setidaknya kamu perlu menyusun 3 atau 4 parutan menjadi satu.

Sambungkan pinggiran logam parutan yang satu dengan lainnya dengan cara las pada tukang las. Lalu mintalah tukang las menambahkan semacam gagang tempat menggenggam di atasnya seperti gambar di atas.

Talenan

boredpanda.com

Nah, mungkin inilah cara paling unik menggunakan kembali talenan tak terpakai. Mintalah tukang kayu untuk menambahkan semacam kayu penahan di bagian bawah dan kayu penyangga di bagian belakang.

Kini talenan kamu yang tak terpakai bisa menjadi tatakan smartphone yang berdiri. Cara ini sangat cocok digunakan saat kamu sedang memasak di meja masak.

Tinggalkan komentar